window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Isuzu Panther Touring Bekas Lebih Mahal Rp3,6 Jutaan Dari Toyota Avanza CVT TSS, Teknologi Lama Lebih Mempesona

Yongki Sanjaya · 30 Nov, 2021 08:30

Harga Isuzu Panther Touring Bekas Lebih Mahal Rp3,6 Jutaan Dari Toyota Avanza CVT TSS, Teknologi Lama Lebih Mempesona 01

Sosok Isuzu Panther resmi discontinued di awal tahun ini, dan tak ada lagi penerus model legendaris ini dalam waktu dekat. Meskipun sudah tidak lagi diproduksi, namun Isuzu Panther masih sangat banyak peminat sehingga harganya tetap tinggi. Bahkan kami menemukan di marketplace kalau harga Isuzu Panther Touring bekas bisa lebih mahal daripada Toyota Avanza CVT TSS baru.

Sebagai perbandingan, Toyota Avanza CVT TSS dijual seharga Rp264.400.000 sedangkan Isuzu Panther Grand Touring bekas ada yang buka harga Rp268.000.000. 

Serbuan mobil-mobil baru dengan teknologi mutakhir ternyata tak otomatis membuat pasar mobil bekas tergerus. Bahkan, beberapa mobil bekas seperti Isuzu Panther harganya masih saja tinggi. Kalau boleh disebut, teknologi yang diusung oleh Isuzu Panther ini konvensional dan bisa dibilang sudah ketinggalan zaman.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Rupanya, teknologi yang sederhana ini sangat diminati oleh sebagian besar masyarakat. Jelas saja, orang ogah ribet soal perawatan mobil sehari-hari sehingga mobil seperti Isuzu Panther ini kian digemari. Sebaliknya, Avanza baru pun perlu waktu membuktikan diri supaya pelanggan setianya tidak lari.

Lantas, apa saja kelebihan Isuzu Panther yang membuat harganya bisa meroket? Apakah Toyota Avanza baru jadi kalah kelas?

Isuzu Panther Low Kilometer, Harganya Relatif Mahal

Harga Isuzu Panther Touring Bekas Lebih Mahal Rp3,6 Jutaan Dari Toyota Avanza CVT TSS, Teknologi Lama Lebih Mempesona 01

Berdasarkan pantauan kami pada berbagai marketplace jual beli kendaraan, Isuzu Panther yang harganya bs cukup tinggi biasanya dijual dalam kondisi istimewa. Unitnya masih tahun muda, jarak tempuhnya masih sangat sedikit, serta record perawatannya di bengkel resmi tetap terjaga. Artinya, garansi kendaraan masih berlaku dan tidak hangus.

Adapun unit Isuzu Panther yang harganya melampaui tipe termahal Avanza baru ialah Isuzu Panther Touring Sporty. Tipe ini menjadi tipe termahal dari Isuzu Panther. Kelasnya setara dengan Toyota Kijang Innova diesel tipe V karena Panther hanya punya transmisi manual.

Untuk iklan Isuzu Panther Touring yang kami temukan ini, jarak tempuhnya baru 19.798 km atau belum genap 20 ribu kilometer. Mobilnya keluaran 2017 artinya masih cukup baru dan jarang digunakan.

Isuzu Panther Grand Touring, Fiturnya Tak Cukup Mewah

Harga Isuzu Panther Touring Bekas Lebih Mahal Rp3,6 Jutaan Dari Toyota Avanza CVT TSS, Teknologi Lama Lebih Mempesona 02

Dengan harga yang lebih mahal, Panther yang satu ini fiturnya cukup oke dan mewah walau tidak lengkap. Sebut saja AC triple blower yang menyejukkan kabin hingga baris ketiga. Kemudian, kursinya pakai leather, dengan fitur hiburan memakai head unit Kenwood single din.

Untuk fitur hiburannya tak cuma itu saja, karena ada roof monitor untuk penumpang baris kedua dan ketiga. Selebihnya, minus fitur keselamatan seperti Panther pada umumnya.

Harga Isuzu Panther Touring Bekas Lebih Mahal Rp3,6 Jutaan Dari Toyota Avanza CVT TSS, Teknologi Lama Lebih Mempesona 03

Jadi, jangan bayangkan sebuah Isuzu Panther memiliki fitur keselamatan aktif dan pasif yang lengkap, seperti keberadaan airbag untuk pengemudi dan seluruh penumpang, immobilizer, ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake Distribution), dan BA (Brake Assist) yang lengkap. Atau bahkan Hill Start Assist untuk membantu pengemudian di jalan menanjak. Itu semua hanya mitos karena Panther mempertahankan kesederhanaan fiturnya. Mobil ini memang didesain lebih mementingkan fungsionalnya daripada keunggulan fitur canggih.

Kelebihan Mutlak Isuzu Panther Touring Bekas Daripada Toyota Avanza Baru

Harga Isuzu Panther Touring Bekas Lebih Mahal Rp3,6 Jutaan Dari Toyota Avanza CVT TSS, Teknologi Lama Lebih Mempesona 04

Hal lain yang menjadi kelebihan Isuzu Panther adalah perawatan yang mudah dan murah, terutama pada bagian mekanikal. Hal ini mengingat teknologi pada mesin dan suspensi mobil tersebut belum serumit mobil-mobil modern. Sistem turbo yang dipakai juga bukan seperti turbo pada mobil-mobil masa kini.

Selain itu ketersediaan suku cadang untuk semua tipe Isuzu Panther amatlah berlimpah dan selalu diproduksi oleh Isuzu Astra Motor Indonesia. Kalian yang mencari part original atau yang kw buatan produsen aftermarket juga ada. Tinggal Anda pilih yang mana dengan melihat kekuatan daya pakai dari part tersebut.

Toyota Avanza CVT TSS, Harga Mahal dengan Fitur Canggih

Harga Isuzu Panther Touring Bekas Lebih Mahal Rp3,6 Jutaan Dari Toyota Avanza CVT TSS, Teknologi Lama Lebih Mempesona 05

Toyota Avanza 2022 dibangun menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Teknologi DNGA ini dikembangkan dengan konsep: kualitas tinggi dengan harga terjangkau, teknologi terkini, serta memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien.

Tidak seperti dua generasi sebelumnya, Avanza kini makin spesial dari sisi fitur karena dibekali teknologi keselamatan aktif Toyota Safety Sense. Avanza telah didukung dual airbag, Vehicle Stability Control (VSA) dan Hill Start Assist (HSA) yang merupakan fitur keselamatan standar baru di semua model modelnya.

Harga Isuzu Panther Touring Bekas Lebih Mahal Rp3,6 Jutaan Dari Toyota Avanza CVT TSS, Teknologi Lama Lebih Mempesona 06

Tidak hanya itu, faktor keselamatan keduanya juga semakin lengkap dengan adanya Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD) Emergency Stop Signal (ESS), ISOFIX dan Brake Assist (BA).

Berbeda untuk varian teratasnya, 1.5 G CVT TSS mendapat tambahan fitur keselamatan berupa 6 airbag (Pengemudi/ Penumpang/ Samping/ Tirai), serta Toyota Safety Sense (TSS) yang mencakup Rear Crossing Traffic Alert, Blind Spot Monitoring, Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Missoperation Control, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention dan terakhir Front Departure Alert.

Fitur Entertainment di Toyota Avanza Makin Istimewa

Harga Isuzu Panther Touring Bekas Lebih Mahal Rp3,6 Jutaan Dari Toyota Avanza CVT TSS, Teknologi Lama Lebih Mempesona 07

Soal fitur, Avanza kini banyak pembenahan sehingga tak lagi jadi mobil basic. Avanza kini menghadirkan New 9 Inch Dynamic Audio Head Unit yang juga dapat dihubungkan dengan radio, USB, dan Bluetooth. Selain itu, All New Avanza juga hadir dengan fitur New Tilt Telescopic Steering with Audio & MID Switch.

Berkendara makin asyik karena terdapat fitur sofa supaya pengaturan kursi bisa full selonjoran. Hal ini baru dimiliki pada Avanza di kelas MPV. Bicara soal value for money, Avanza yang sekarang bukan seperti Avanza yang dulu kan?!

Kesimpulan

Isuzu Panther Grand Touring harganya tetap tinggi karena memang peminatnya cukup banyak. Bicara soal value for money, mobil ini hanya menawarkan sisi kemudahan perawatan dari teknologi yang sederhana. Selebihnya, Panther ini adalah MPV lawas yang minim fitur kekinian yang canggih.

Artinya, harga yang cukup mahal ini karena memang demand yang sangat tinggi ditunjang kondisi mobil yang masih cukup fresh like new. Bicara soal value for money, Avanza kini lebih bisa bicara banyak dengan fitur barunya.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Isuzu Panther SMART

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil