Harga Lebih Murah, Honda Odyssey 2021 Jadi Alternatif Menarik Daripada Toyota Alphard

Yongki Sanjaya · 19 Feb, 2021 20:00

Harga Lebih Murah, Honda Odyssey 2021 Jadi Alternatif Menarik Daripada Toyota Alphard 01

Honda baru saja meluncurkan New Odyssey beberapa waktu lalu. Sosok MPV premium ini hadir dengan fitur canggih dan beberapa upgrade yang membuatnya kian mewah. Walaupun mewah dan fitur melimpah, namun Harga Honda Odyssey ternyata lebih murah daripada Toyota Alphard.

New Honda Odyssey ditawarkan dalam satu varian saja dengan harga Rp 888.000.000 OTR Jakarta. Namun demikian, harganya ini ternyata masih lebih murah daripada Toyota Alphard.

Pasalnya, MPV premium Toyota itu dijual dengan harga Rp 1.058.250.000. Bedanya sekitar Rp 170 juta, atau setara dengan sebuah Toyota Calya baru.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Mengusung konsep “Amplified Confidence”, Honda Odyssey menawarkan tingkat kenyamanan dan keamanan yang lebih tinggi. Hal ini membuat pengendaranya tampil lebih percaya diri dengan tampilan barunya yang semakin mewah dan elegan.

Memang sih, desain baru New Honda Odyssey ini juga mendapat nyinyiran karena sepintas mirip seperti Toyota Avanza 2015 di bagian grill. Walaupun demikian, Odyssey tetaplah sebuah MPV premium dengan ukuran yang besar tapi tetap proporsional. Adanya ornamen khas sehingga membuatnya kian mewah.

Harga Lebih Murah, Honda Odyssey 2021 Jadi Alternatif Menarik Daripada Toyota Alphard 01

Desain dari New Honda Odyssey ini ukurannya pas sehingga membuatnya dapat bermanuver dengan gesit dan tetap memberikan kenyamanan maksimal. Tak kalah penting, Power Sliding Door with Outer Courtesy Light yang memberikan kenyamanan saat kita keluar di kegelapan malam hari.

Fitur Honda Sensing di Honda Odyssey, Bikin Sepadan dengan Alphard

Harga Lebih Murah, Honda Odyssey 2021 Jadi Alternatif Menarik Daripada Toyota Alphard 02

Dari sisi keselamatan, teknologi Honda SENSING akhirnya disematkan pada  Honda Odyssey di Indonesia. Sebelumnya, teknologi ini disematkan pada model sedan premium All New Honda Accord dan disusul oleh Honda CR-V.

Honda SENSING merupakan rangkaian teknologi keselamatan yang memberikan perlindungan komprehensif bagi pengemudi dan penumpang.

Teknologi Honda SENSING pada New Honda Odyssey meliputi:

  • Collision Mitigation Brake System (CMBS). Sistem yang didesain untuk memberi tanda ketika potensi tabrakan dapat terjadi. Komputer secara otomatis membantu mengurangi kecepatan kendaraan untuk mengurangi dampak benturan yang tidak terhindarkan.
  • Lane Keeping Assist System (LKAS) untuk membantu kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada jalur. Akan muncul getaran dan visual jika kendaraan terdeteksi keluar dari jalur.
  • Road Departure Mitigation System (RDM): berfungsi untuk memberikan peringatan dan jika diperlukan melakukan koreksi secara otomatis pada roda kemudi apabila pengendara keluar dari jalur.
  • Adaptive Cruise Control (ACC): membantu menjaga kestabilan kecepatan dan secara otomatis bisa mengurangi kecepatan hingga menghentikan kendaraan tanpa harus menginjak rem jika ada kendaraan yang terdeteksi berhenti.

Interior Mewah Nan Nyaman Honda Odyssey, Serasa Naik Pesawat Mahal

Harga Lebih Murah, Honda Odyssey 2021 Jadi Alternatif Menarik Daripada Toyota Alphard 03

Kenyamanan kelas atas ditawarkan oleh New Honda Odyssey yang memiliki ruang kabin yang lapang. Kenikmatan berkendara ditunjang dengan Premium Cradle Seat + Ottoman yang pertama di dunia dan 2nd Row Slide terpanjang dikelasnya.

Semakin istimewa, baris kedua telah dilengkapi dengan New 2nd Row LED Ambient Lamp untuk memberikan tambahan penerangan pada malam hari. Tidak hanya itu, Power Sunroof, Side Sunshade, serta Rear Auto A/C with Smart Touch pada bagian kabin juga memperkuat kenyamanan penumpang New Honda Odyssey.

Harga Lebih Murah, Honda Odyssey 2021 Jadi Alternatif Menarik Daripada Toyota Alphard 04

Untuk fitur hiburan mengandalkan New 8” Advanced Touchscreen Display dengan NAVI Built-in System, Hands-Free Telephone Vehicle Setting, Bluetooth & Wi-Fi Connection, Smartphone Connection untuk Audio dan Video

Mesin Lawas, Masih Jadi Andalan di New Honda Odyssey

Harga Lebih Murah, Honda Odyssey 2021 Jadi Alternatif Menarik Daripada Toyota Alphard 05

New Honda Odyssey dibekali dengan mesin 2.4 liter i-VTEC dan transmisi CVT yang menghasilkan tenaga maksimal sebesar 173 PS/6.200 rpm dan torsi maksimum 225 Nm/4.000 rpm, serta emisi bersih yang sesuai standar EURO 4.

Toyota Alphard, MPV Premium yang Tersohor Soal Kenyamanan

Harga Lebih Murah, Honda Odyssey 2021 Jadi Alternatif Menarik Daripada Toyota Alphard 06

Alphard jadi solusi dari kalangan elit yang butuh kendaraan mewah berkapasitas besar yang tidak dicukupi oleh sedan saloon.

Masuk ke kabin Alphard memang memiliki daya tarik dengan kenyamanan dan kemewahan ala jet pribadi. Pada bagian depan terpampang dashboard yang mengedepankan konsep Delightful Journey yang beronamen kayu (Brown Wood) pada tipe 2.5 X, 2.5 G.

Makin mewah lagi pada tipe 3.5 Q, karena didominasi warna hitam dilengkapi aksen brown olive ash brull wood grain.

Harga Lebih Murah, Honda Odyssey 2021 Jadi Alternatif Menarik Daripada Toyota Alphard 07

Toyota Alphard mengusung head unit yang dilengkapi beberapa menu pilihan berupa entertainment system, DVD Player, dan navigasi. Penumpang makin dimanjaklan dengan Dual Climate A/C Control with Captive Touch untuk memudahkan penumpang dalam mengendalikan suhu dalam ruang kabin.

Penumpang kian dimanjakan dengan kursi tengah bergaya captain seat yang bahkan sudah memiliki legrest sehingga membuat kaki tidak lekas lelah saat perjalanan jauh.

Fitur entertainment pada baris kedua kini dilengkapi layar gantung yang lebih lebar. Duduk santai menatap layar atau langit luas dari panoramic sunroof jelas sangat nikmat!

Toyota Safety Sense di Alphard, MPV Mewah dengan Fitur Keselamatan Terintegrasi

Harga Lebih Murah, Honda Odyssey 2021 Jadi Alternatif Menarik Daripada Toyota Alphard 08

MPV premium ini didukung Toyota Safety Sense yang menghadirkan fitur-fitur keselamatan berkendara dengan standar tertinggi yang makin lengkap seperti PCS, LDA, DRCC dan AHB.

  • New Alphard telah mendapat perlindungan dari sistem radar yang terintegrasi. Radar akan memberikan peringatan melalui audio dan visual terhadap potensi terjadinya benturan.
  • Pre-Collision System (PCS) ini secara otomatis mengurangi kecepatan, sehingga risiko benturan bisa dihindari atau dikurangi.
  • Dynamic Radar Cruise Control (DRCC): Radar akan membantu pengendara memantau keberadaan kendaraan lain yang ada di depan dan menjaga jarak aman. Kendaraan secara otomatis akan mengurangi kecepatan dan melakukan pengereman secara otomatis jika radar menunjukkan jarak dengan kendaraan lain sudah tidak aman.
  • Fitur Lane Departure Alert (LDA) akan sangat membantu pengemudi menghindari kecelakaan akibat keluar jalur. Secara otomatis fitur ini akan memberi peringatan ketika kendaraan keluar dari jalur pada saat berkendara.
  • Automatic High Beam (AHB): Fitur yang mendeteksi kendaraan dari depan dan secara otomatis akan mengurangi pencahayaan pada lampu jauh. Lampu akan kembali menyala normal jika kendaraan dari depan sudah lewat.
  • Tire Pressure Monitoring System (TPMS) akan memberi peringatan bila tekanan ban rendah.
  • Intelligent Clearance Sonar (ICS) alias sensor parkir canggih. Semula ICS hanya menggunakan 6 titik yaitu 2 di depan dan 4 di belakang menjadi delapan titik yaitu 4 di depan dan 4 di belakang.

Mesin Toyota Alphard Ada Varian Hybrid

Harga Lebih Murah, Honda Odyssey 2021 Jadi Alternatif Menarik Daripada Toyota Alphard 09

Toyota Alphard punya banyak varian mesin, mulai dari mesin bensin konvensional, mesin bensin hybrid, hingga mesin bensin dengan kapasitas besar.

Pertama ialah mesin bensin berkode 2AR-FE yang memiliki 4 silinder 16 katup DOHC Dual VVT-I dengan kapasitas kubikasi 2.494 cc. Mesin tadi sanggup memberikan semburan tenaga hingga 180 Ps/6000 rpm dan mampu mencapai titik puncak torsi pada 234 Nm/4100 rpm.

Alphard di Indonesia juga dilengkapi opsi mesin hybrid selain mesin bensin biasa. Mesin HEV berkode 2AR-FXE berkapasitas 2.494 cc 4 silinder Dual VVT-i ditunjang dua pasang motor listrik di roda depan dan belakang berlabel Electric – 4WD (E-Four).

Prinsip kerjanya seperti gerak 4 roda dan sangat bermanfaat ketika mobil baru melaju atau butuh tambahan daya. Distribusi daya diatur sedemikian rupa agar dapat mendorong MPV bongsor ini dengan daya paling efisien.

Mesin lain dipakai di model termewah 3.5 Q yakni unit berkode 2GR-FKS mengandalkan mesin 3.456 cc V6 Dual VVT-i yang sanggup menghasilkan tenaga hingga 300 PS pada 6.200 rpm dam torsi 361 Nm pada 4.700 rpm. Tenaga disalurkan sepenuhnya ke roda depan via transmisi otomatis 8-speed.

Kesimpulan

Toyota Alphard memang jadi pelopor MPV mewah dengan fitur safety terintegrasi. Namun demikian, Honda Odyssey bisa jadi alternatif yang tak kalah menarik dengan kelengkapan yang serupa.

Bahkan dengan fitur yang mirip, Honda Odyssey menawarkan harga lebih terjangkau. Memang, Odyssey cuma ada satu pilihan mesin dan versi hybrid belum masuk sini.

Kalau untuk perjalanan keluarga yang tidak butuh mesin perkasa maka Odyssey layak jadi pilihan menarik karena harganya yang bersahabat.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Odyssey 2.4L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru