window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Lebih Murah, Hyundai Stargazer Active Lebih Oke Dari Mitsubishi Xpander GLS?

Yongki Sanjaya · 25 Mei, 2023 14:30

Harga Lebih Murah, Hyundai Stargazer Active Lebih Oke Dari Mitsubishi Xpander GLS? 01

Low MPV hingga kini masih menjadi salah satu segmen terpopuler di Indonesia. Hampir setiap merek merilis model di segmen mobil keluarga murah tersebut, termasuk Hyundai dan Mitsubishi. Untuk tipe terbawah, Hyundai menyediakan Stargazer Active dan Mitsubishi merilis Xpander GLS. 

Sebagai perbandingan, Hyundai Stargazer Active 2023 di Tanah Air dibandrol Rp247,2 juta dengan transmisi manual dan Rp260 juta untuk varian matic IVT. Kemudian, Mitsubishi Indonesia menjual Xpander tipe GLS seharga Rp267,4 juta untuk yang varian CVT dan Rp258,2 juta untuk yang GLS MT. 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Terlihat bila Xpander tipe terbawah harganya lebih mahal, namun apakah fiturnya lebih baik? Nah supaya tidak galau memilih mobil keluarga yang harganya terjangkau, mari kita bandingkan kedua produk tersebut.

Mitsubishi Xpander GLS, Tampang Baru Fitur Lawas?

Harga Lebih Murah, Hyundai Stargazer Active Lebih Oke Dari Mitsubishi Xpander GLS? 01

Mitsubishi Xpander GLS menjadi varian paling rendah dari New Mitsubishi Xpander. Namun dengan adanya facelift, penampilannya jadi tak ada perbedaan yang signifikan dengan Xpander tipe menengah seperti tipe Sport atau Exceed. 

Harga Lebih Murah, Hyundai Stargazer Active Lebih Oke Dari Mitsubishi Xpander GLS? 02

Desain fascia termasuk lampu utama berbentuk T-shape berikut LED Daytime Running Light (DRL) di bawah kap mesin serupa tipe Sport dan Exceed. Hal yang membedakan varian GLS ialah teknologi lampu utama masih halogen sementara tipe lain sudah LED Projector. Pada sisi belakang tetap diberi tambahan spoiler lengkap dengan rear mount stop lamp LED, sampai lampu belakang model T-shape LED. 

Interior Tak Banyak Perubahan Fitur

Harga Lebih Murah, Hyundai Stargazer Active Lebih Oke Dari Mitsubishi Xpander GLS? 03

Masuk ke dalam kabin, desain maupun corak interior tipe GLS serupa tipe Exceed, dengan pelapis jok berpola jahitan diamond cut dan diberi warna hitam. Hanya saja fitur di tipe terbawah Xpander ini tidak berubah, masih pakai monitor 7 inci dengan desain setir yang masih pakai model lama. 

Pengaturan AC masih model knob putar, belum digital.  Kemudian di tipe ini juga belum ada Electric Parking Brake. Gear shift masih menggunakan material karet campuran plastik seperti model sebelum facelift.

Lebih lanjut, Xpander GLS pada versi facelift sudah dilengkapi audio steering switch. Kemudian lingkar kemudi ini juga sudah disertakan fitur Tilt and Telescopic. Untuk fitur keamanan, Xpander GLS masih memakai anak kunci biasa dengan immobilizer.

Fitur Keselamatan Semakin Baik

Harga Lebih Murah, Hyundai Stargazer Active Lebih Oke Dari Mitsubishi Xpander GLS? 04

Walau jadi varian paling murah, ternyata Mitsubishi Xpander GLS MT tidak miskin fitur keselamatan. Hanya sedikit fitur yang absen, seperti cruise control, speed sensing door lock, serta ketiadaan parking sensor.

Mitsubishi Xpander GLS tetap menggunakan Dual SRS Airbags. Selanjutnya sistem pengereman juga sudah ABS dengan EBD ditambah Brake Assist. Kemudian ada juga fitur Active Stability Control (ASC), dan Hill Start Assist (HSA). 

Hyundai Stargazer Active, Upgrade Fitur Tidak Bikin Makin Oke

Harga Lebih Murah, Hyundai Stargazer Active Lebih Oke Dari Mitsubishi Xpander GLS? 05

Sebagai tipe terbawah, Stargazer Active ditujukan bagi masyarakat yang akan pindah ke segmen LMPV dari city car. Tak hanya itu, Stargazer Active juga dimanfaatkan oleh konsumen fleet untuk kemndaraan operasional. 

Pada upgrade kali ini, Hyundai Stargazer Active 2023 dilengkapi AC double blower dan velg 16 inci yang dibalut ban berprofil 205/55 serupa tipe Trend. Lantas, bagaimana dengan kelengkapan lainnya?

Hyundai Stargazer Active dibekali head unit layar sentuh 8 inci yang mendukung konektifitas bluetooth dan smartphone connectivity. Sistem multimedia di mobil ini dapat terkoneksi dengan bluetooth hand-free phone system with voice recognition, dan steering wheel audio and bluetooth remote control. 

Setirnyapun hanya dilengkapi pengaturan tilt steering yang memudahkan pengemudi ketika ingin mengatur tinggi rendahnya posisi lingkar kemudi. 

Harga Lebih Murah, Fitur Stargazer Active Kalah Komplit

Harga Lebih Murah, Hyundai Stargazer Active Lebih Oke Dari Mitsubishi Xpander GLS? 06

Sebagai tipe terendah, Stargazer Active memiliki fitur keselamatan yang kalah lengkap dibanfing Xpander GLS. Mobil produksi Cikarang ini telah dibekali ABS, EBD ISOFIX, dan dua buah airbags di bagian depan. Sedangkan untuk sistem keamanannya mendapatkan immobilzer dan alarm.

Ada beberapa fitur yang terpaksa dilucuti dari Stargazer Active agar harganya terjangkau, antara lain fitur sensor parkir serta wiper belakang. Memang, Xpander GLS jugat tak memiliki sensor parkir tapi mobil ini masih memiliki wiper belakang.

Kesimpulan

Dengan harga yang sedikit lebih mahal, Mitsubishi Xpander GLS bisa menyajikan fitur pabrikan yang tentu lebih oke daripada Hyundai Stargazer Active. Sebab, beberapa fitur yang ada di Xpander ini merupakan fitur teknis seperti misalnya tilt and telescopic yang tidak bisa upgrade sendiri memakai komponen OEM. Sekarang pilihan ada di tangan kalian, mau Xpander GLS yang lebih mahal atau Stargazer Active yang harganya bersahabat tapi fiturnya banyak disunat. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Hyundai Stargazer Trend IVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil