Harga Mazda CX-30 EV Cuma Dipatok Rp350 Jutaan, Siap Menantang Kona Electric
Evan · 28 Sep, 2021 20:08
0
0
Pabrikan asal Jepang, Mazda terkenal dengan inovasi di sektor mesin pembakaran dalam menggunakan teknologi canggih SkyActiv. Menghasilkan tenaga setara mesin turbo dan kehematan layaknya mesin ber-cc kecil.
Tapi karena terlalu berfokus pada mesin piston, Mazda justru tergolong lambat dalam mengadaptasi teknologi BEV dibandingkan kompetitor mereka. Memang beberapa bulan lalu Mazda baru saja meluncurkan MX-30 EV sebagai produk listrik pertama mereka, tetapi soal jarak tempuh, mobil crossover satu ini hanya mencatatkan 200 km. Jauh tertinggal dari Hyundai Kona EV (305 Km) dan MG ZS EV (285 km).
Menjawab tantangan ini, Changan Mazda sebagai ATPM Mazda di Cina meluncurkan mobil listrik kedua mereka dari basis CX-30 di acara Shanghai Auto Show 2021 pada April lalu. Pada tanggal 26 September lalu, Changan Mazda akhirnya secara resmi mulai menjual varian Mazda CX-30 EV mulai dari harga 159,800 Yuan (Rp350 juta) hingga tipe paling mahal 201.800 Yuan (Rp446 juta).
Tampilan Luar Mazda CX-30 EV Bukan Seperti Mobil Listrik
Desain eksterior CX-30 EV seperti dugaan banyak orang tidak jauh berbeda dengan versi mesin bakarnya. Jika pabrikan lain sibuk menghilangkan gril depan untuk membedakan produk BEV dan pembakaran dalam, Changan Mazda justru memberikan CX-30 EV gril kodo sebagai ciri khas pabrikan itu.
Walaupun bila dilihat lebih dekat, kisi-kisi udara pada bagian gril tertutup total karena BEV memang tidak butuh banyak aliran angin. Satu hal yang berbeda di fascia depan Mazda CX-30 EV adalah hadirnya front skirt pada bagian bawah bemper, terlihat seperti bodykit tambahan untuk mobil listrik. Bisa jadi hanya khusus untuk pasar Cina.
Berlanjut ke sisi samping masih ada body cladding yang tebal, bedanya sekarang sudah diberikan footstep dan juga pelek 18 inci yang lebih aerodinamis.
Bagian buritan juga tetap menghadirkan bodykit add-on yang agaknya kurang cocok dengan desain secara keseluruhan mobil.
Sisanya masih sama dengan CX-30 standar seperti lampu belakang LED, spoiler sewarna bodi, dan mata kucing diletakkan di daerah bemper.
Dimensi Lebih Besar Demi Mengakomodasi Baterai Baru
Memiliki dimensi (PxLxT) 4.410 mm x 1.852 mm x 1.655 mm, Mazda CX-30 EV lebih panjang 15 mm, lebar 57 mm, dan tinggi 110 mm. Penambahan lebar dan tinggi yang paling terlihat, sehingga membuat mobil ini dari luar seperti naik kelas dan setara dengan CX-5.
Changan Mazda melakukan modifikasi di bagian dimensi untuk memberi ruang kepada baterai baru yang lebih besar, berdaya hingga 61,1 kWh.
Mazda CX-30 EV dilengkapi dengan motor listrik dengan daya maksimum 218 PS dan torsi puncaknya mencapai 300 Nm yang hampir setara dengan mesin 2.000cc turbo, sehingga soal tenaga cukup setara dengan Crossover-SUV listrik kompetitor.
Satu hal yang cukup menarik adalah soal jarak tempuhnya, karena menurut pengujian internal Kementrian Perindustrian dan Teknologi Informasi Cina, mobil ini mampu mencapai jarak hingga 450 kilometer dalam satu kali pengecasan.
Memang belum dijelaskan lebih jelas mengenai lama pengisian, tetapi dari segi pemakaian angka ini sudah lebih dari cukup bagi sebagian konsumen.
Informasi Baterai Ada di Panel Instrumen
Di bagian interior, hampir tidak ada perbedaan dengan model bensin. Tetap mempertahankan gaya simplistik dan modern khas Mazda dipadu permainan warna coklat dan hitam disekeliling kabin.
Membuat kabin CX-30 EV lebih mewah jika dibandingkan Kona EV maupun MG ZS.
Soal konfigurasi, CX-30 EV sebagai standar sudah hadir dengan panel instrumen campuran TFT MID 7 inci, Tire Pressure Monitor System (TPMS), layar hiburan berukuran 8,8 inci, audio dengan 8 speaker, Day Night Rear View Mirror, dan ventilasi AC baris kedua.
Khusus di model paling mahal, Mazda CX-30 EV dilengkapi dengan tampilan Head-Up Display (HUD), lingkar kemudi kulit, Jok kulit dengan pengaturan elektris di sisi pengemudi, dan Dual Climate Zone AC.
Setelah melihat CX-30 EV, apakah Eurokars Mazda akan membawa mobil listrik satu ini ke tanah air?Mengingat varian bensin-nya sudah hadir lebih dulu. Kita tunggu saja kabar terbarunya.