Harga Mazda CX-30 EV Cuma Dipatok Rp350 Jutaan, Siap Menantang Kona Electric

Evan · 28 Sep, 2021 20:08

Harga Mazda CX-30 EV Cuma Dipatok Rp350 Jutaan, Siap Menantang Kona Electric 01

Pabrikan asal Jepang, Mazda terkenal dengan inovasi di sektor mesin pembakaran dalam menggunakan teknologi canggih SkyActiv. Menghasilkan tenaga setara mesin turbo dan kehematan layaknya mesin ber-cc kecil.

Tapi karena terlalu berfokus pada mesin piston, Mazda justru tergolong lambat dalam mengadaptasi teknologi BEV dibandingkan kompetitor mereka. Memang beberapa bulan lalu Mazda baru saja meluncurkan MX-30 EV sebagai produk listrik pertama mereka, tetapi soal jarak tempuh, mobil crossover satu ini hanya mencatatkan 200 km. Jauh tertinggal dari Hyundai Kona EV (305 Km) dan MG ZS EV (285 km).

Menjawab tantangan ini, Changan Mazda sebagai ATPM Mazda di Cina meluncurkan mobil listrik kedua mereka dari basis CX-30 di acara Shanghai Auto Show 2021 pada April lalu. Pada tanggal 26 September lalu, Changan Mazda akhirnya secara resmi mulai menjual varian Mazda CX-30 EV mulai dari harga 159,800 Yuan (Rp350 juta) hingga tipe paling mahal 201.800 Yuan (Rp446 juta).

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Lantas apakah CX-30 EV punya kelebihan di sektor dimana Mazda kurang bersinar? Simak terus penjelasan berikut.

Baca juga: Mulai 2022, Mazda Gunakan AWD Sebagai Standar di Seluruh SUV-nya

Tampilan Luar Mazda CX-30 EV Bukan Seperti Mobil Listrik

Harga Mazda CX-30 EV Cuma Dipatok Rp350 Jutaan, Siap Menantang Kona Electric 01

Hadir dengan gril depan

Desain eksterior CX-30 EV seperti dugaan banyak orang tidak jauh berbeda dengan versi mesin bakarnya. Jika pabrikan lain sibuk menghilangkan gril depan untuk membedakan produk BEV dan pembakaran dalam, Changan Mazda justru memberikan CX-30 EV gril kodo sebagai ciri khas pabrikan itu. 

Walaupun bila dilihat lebih dekat, kisi-kisi udara pada bagian gril tertutup total karena BEV memang tidak butuh banyak aliran angin. Satu hal yang berbeda di fascia depan Mazda CX-30 EV adalah hadirnya front skirt pada bagian bawah bemper, terlihat seperti bodykit tambahan untuk mobil listrik. Bisa jadi hanya khusus untuk pasar Cina.

Harga Mazda CX-30 EV Cuma Dipatok Rp350 Jutaan, Siap Menantang Kona Electric 02

Seperti pakai bodykit tambahan

Berlanjut ke sisi samping masih ada body cladding yang tebal, bedanya sekarang sudah diberikan footstep dan juga pelek 18 inci yang lebih aerodinamis.

Harga Mazda CX-30 EV Cuma Dipatok Rp350 Jutaan, Siap Menantang Kona Electric 03

Bagian belakang masih mirip CX-30 versi bensin

Bagian buritan juga tetap menghadirkan bodykit add-on yang agaknya kurang cocok dengan desain secara keseluruhan mobil.

Sisanya masih sama dengan CX-30 standar seperti lampu belakang LED, spoiler sewarna bodi, dan mata kucing diletakkan di daerah bemper.

Dimensi Lebih Besar Demi Mengakomodasi Baterai Baru

Harga Mazda CX-30 EV Cuma Dipatok Rp350 Jutaan, Siap Menantang Kona Electric 04

Lebih lebar 57 mm

Memiliki dimensi (PxLxT) 4.410 mm x 1.852 mm x 1.655 mm, Mazda CX-30 EV lebih panjang 15 mm, lebar 57 mm, dan tinggi 110 mm. Penambahan lebar dan tinggi yang paling terlihat, sehingga membuat mobil ini dari luar seperti naik kelas dan setara dengan CX-5. 

Changan Mazda melakukan modifikasi di bagian dimensi untuk memberi ruang kepada baterai baru yang lebih besar, berdaya hingga 61,1 kWh. 

Baca juga: Prediksi Mobil Baru 2022 : Tiga Hatchback Ini Akan Berganti Generasi

Diklaim Bisa Tempuh Jarak 450 Km

Harga Mazda CX-30 EV Cuma Dipatok Rp350 Jutaan, Siap Menantang Kona Electric 05

Motor listrik teknologi E-SkyActiv

Mazda CX-30 EV dilengkapi dengan motor listrik dengan daya maksimum 218 PS dan torsi puncaknya mencapai 300 Nm yang hampir setara dengan mesin 2.000cc turbo, sehingga soal tenaga cukup setara dengan Crossover-SUV listrik kompetitor.

Satu hal yang cukup menarik adalah soal jarak tempuhnya, karena menurut pengujian internal Kementrian Perindustrian dan Teknologi Informasi Cina, mobil ini mampu mencapai jarak hingga 450 kilometer dalam satu kali pengecasan. 

Memang belum dijelaskan lebih jelas mengenai lama pengisian, tetapi dari segi pemakaian angka ini sudah lebih dari cukup bagi sebagian konsumen.

Informasi Baterai Ada di Panel Instrumen

Harga Mazda CX-30 EV Cuma Dipatok Rp350 Jutaan, Siap Menantang Kona Electric 06

Interior tetap mewah untuk kelasnya

Di bagian interior, hampir tidak ada perbedaan dengan model bensin. Tetap mempertahankan gaya simplistik dan modern khas Mazda dipadu permainan warna coklat dan hitam disekeliling kabin.

Membuat kabin CX-30 EV lebih mewah jika dibandingkan Kona EV maupun MG ZS.

Harga Mazda CX-30 EV Cuma Dipatok Rp350 Jutaan, Siap Menantang Kona Electric 07

Kerja motor listrik dan baterai ikut ditampilkan

Soal konfigurasi, CX-30 EV sebagai standar sudah hadir dengan panel instrumen campuran TFT MID 7 inci, Tire Pressure Monitor System (TPMS), layar hiburan berukuran 8,8 inci, audio dengan 8 speaker, Day Night Rear View Mirror, dan ventilasi AC baris kedua. 

Harga Mazda CX-30 EV Cuma Dipatok Rp350 Jutaan, Siap Menantang Kona Electric 08

Dual zone hanya untik tipe termahal

Khusus di model paling mahal, Mazda CX-30 EV dilengkapi dengan tampilan Head-Up Display (HUD), lingkar kemudi kulit, Jok kulit dengan pengaturan elektris di sisi pengemudi, dan Dual Climate Zone AC.

Setelah melihat CX-30 EV, apakah Eurokars Mazda akan membawa mobil listrik satu ini ke tanah air?Mengingat varian bensin-nya sudah hadir lebih dulu. Kita tunggu saja kabar terbarunya.

Baca juga: Mazda CX-5 2022 Sudah Rilis Global, Juga Disiapkan Buat Indonesia?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mazda CX 30 Touring

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru