Harga Mirip, Kenapa Honda Civic FD Bekas Lebih Layak Dipilih Daripada Brio Satya?

Yongki Sanjaya · 30 Jul, 2021 17:00

Harga Mirip, Kenapa Honda Civic FD Bekas Lebih Layak Dipilih Daripada Brio Satya? 01

Pilihan mobil pada rentang harga di atas Rp150 jutaan cukup banyak model yang tersedia. Untuk mobil baru, ada pilihan LCGC tipe teratas seperti misalnya Brio Satya. Apabila mencari mobil 5-seater bekas yang keren, menurut kami Honda Civic FD bekas bisa jadi alternatif yang sangat menarik.

Jelas bukan apple to apple karena Brio adalah city car dan Civic FD adalah sedan sub-compact. Namun pangsa pasarnya serupa, anak muda atau keluarga muda yang butuh mobil 'gaul' dan keren untuk kendaraan harian.

Brio generasi kedua menurut kami desainnya semakin keren, dengan desain depan grill solid wing berpadu headlamp sipit. Sementara desain belakangnya cukup atraktif bila dibandingkan generasi pertama.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Cukup dilematis sebenarnya bila disuguhkan pilihan antara Brio Satya baru dan Civic FD bekas. Brio Satya menang irit, lincah, modis, dan garansi biaya perawatan. Sementara itu Civic FD tenaganya oke, desainnya sporty, fun to drive, walaupun sedikit boros dan sudah tidak ada garansi pabrikan.

Sebagai komparasi, kami coba sajikan kelebihan dari masing-masing model. Dari sini, kita bisa tahu apakah Civic FD lebih layak dibeli daripada Brio Satya.

Kelebihan Honda Brio Satya, City Car Terlaris di Indonesia

Harga Mirip, Kenapa Honda Civic FD Bekas Lebih Layak Dipilih Daripada Brio Satya? 01

Brio generasi kedua ini menjadi model yang cukup digemari, dan jadi suatu paket lengkap sebuah city car. Desain semakin stylish, dengan akomodasi kabin yang lebih besar serta mempertahankan mesin irit bertenaga. Tak heran bila ini membuat Brio Satya jadi city car terlaris.

Honda menyebut konsep desain Brio dengan istilah ‘Proud of class’. Maksudnya, desain mobil ini sama sekali tak melambangkan dirinya sebagai entry-level atau mobil termurah Honda. 

Harga Mirip, Kenapa Honda Civic FD Bekas Lebih Layak Dipilih Daripada Brio Satya? 02

Brio ini juga karena saling berbagi platform dengan Mobilio atau BR-V, membuatnya paling advance. Sementara untuk LCGC sejenis, memakai platform tersendiri sehingga tidak bisa berbagi keunggulan dengan model diatasnya. 

Harga Mirip, Kenapa Honda Civic FD Bekas Lebih Layak Dipilih Daripada Brio Satya? 03

Kalau cuma untuk dipakai dalam kota dan yang sehari-hari pakai hanya sendirian atau keluarga kecil, Brio dinilai cukup. Lagipula, Brio punya kabin yang bisa dibilang lega baik untuk penumpang dan barang bawaan. 

Honda Brio dinilai lebih nyaman dipakai atau digunakan untuk keluarga kecil dengan 2 orang anak. Alasannya adalah ukuran mobil yang kecil dan praktis, saat mencari pakiran pun juga mudah.

Mesin Honda Brio Overpowered

Harga Mirip, Kenapa Honda Civic FD Bekas Lebih Layak Dipilih Daripada Brio Satya? 04

Mobil LCGC biasanya tidak banyak menawarkan sisi kenyamanannya. Bagi para pembeli LCGC, yang biasanta mereka banggakan itu lebih ke performa mobilnya yang responsif. 

Ini dijawab oleh Honda Brio yang memiliki overpower engine di kelas LCGC. Berbekal mesin 1200 cc, dengan output 90 ps, di bodi dengan bobot hanya 940 kg. Siapa lagi mobil 1200 cc serupa Brio yang sanggup melawan keganasan tenaga mesinnya?

City car ini begitu disukai karena fun to drive dan irit. Salah satu penunjang kenyamanan berkendara di Brio ialah dari performa CVT yang halus. Dengan kinerja transmisi yang halus dan mengalir, mobil bertransmisi CVT terasa nyaman untuk berkendara sehari-hari di dalam kota.

Kelebihan Honda Civic FD Bekas, Sedan Modis dan Sporty Era 2000-an

Harga Mirip, Kenapa Honda Civic FD Bekas Lebih Layak Dipilih Daripada Brio Satya? 05

Sedan ini menjadi segmen mobil yang cukup luas, bisa ke kalangan muda atau paruh baya yang mapan. Untuk Honda Civic FD, sedan ini punya karakter yang pas bagi kalangan muda sekalipun ukurannya agak bongsor seperti mobilnya bapak-bapak.

Untuk ukuran sedan keluaran 2006-2011, performa Civic FD punya tenaga yang besar juga. Bahkan mobil ini kerap jadi andalan di ajang kontes modifikasi maupun balap.

Di usinya yang sudah tak muda, desain Civic FD masih enak dilihat dan tidak menampilkan kesan mobil tua.

Mesin Gahar Honda Civic FD Bekas, Siap Diajak Ngebut

Harga Mirip, Kenapa Honda Civic FD Bekas Lebih Layak Dipilih Daripada Brio Satya? 06

Kalau kalian penggemar performa atau punya style berkendara agresif, maka Civic FD ini jadi pilihan pas. Honda Civic FD hadir dengan 2 pilihan mesin, yakni 1.8 dan 2.0 liter. 

Civic FD1 dengan mesin R18A i-VTEC SOHC berkapasitas 1.800 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 140 dk di 6.300 rpm, dan torsi 177 Nm di 4.200 rom.

Sedangkan Civic FD2 menanamkan mesin k20Z2 i-VTEC DOHC berkapasitas 2.000 cc. Tenaganya mencapai 155 dk di 6.000 rpm, dan torsi 192 Nm di 4.200 rpm. Lumayan besar untuk mesin 2.0 liter. 

Outputnya tersalurkan lewat pilihan transmisi manual atau otomatis lima percepatan. Di varian otomatis, perpindahan transmisi dapat kita lakukan lewat paddle shift.

Fitur Civic FD Mirip Brio Satya

Harga Mirip, Kenapa Honda Civic FD Bekas Lebih Layak Dipilih Daripada Brio Satya? 07

Soal fitur kenyamanan jangan banyak berharap Kalau Civic Batman ini bisa mirip seperti mobil Rp170 jutaan versi terbaru. Fitur bawaan di sedan ini mungkin terasa uzur di standar mobil masa sekarang.

Sarana hiburan di Civic FD berupa 2DIN jadul berisi CD player, MP3, dan USB. AC juga manual lewat paduan tombol dan kenop putar. Bahkan fiturnya bisa kita anggap hampir serupa dengan Brio Satya. 

Desain Modis Ala Civic Batman

Harga Mirip, Kenapa Honda Civic FD Bekas Lebih Layak Dipilih Daripada Brio Satya? 08

Sedan ini juga terkenal dengan sebutan Civic ‘Batman’ di kalangan penggunanya. Soalnya bentuk ekor meruncing dianggap mirip bat mobile, apalagi untuk yang berwarna hitam. Selain itu desain bodi eksteriornya yang sangat berkarakter, streamline. 

Civic FD cukup populer dalam keluarga Honda Civic, berkat desain yang dianggap lebih bagus daripada generasi sebelum maupun setelahnya. Bahkan performanya pun cukup powerfull bagi penyuka kecepatan sehingga pas dengan desainnya agresif, revolusioner namun kontroversial. 

Kesimpulan

Dengan harga yang mirip, dan fitur kenyamanan juga tak jauh berbeda, maka Civic FD memberikan opsi yang sedikit lebih menarik dari sisi performa dan fun to drive. Desain Civic Batman ini juga termasuk timeless untuk ukuran sedan lawas. 

Namun bila kamu benar-benar pemula yang awam mobil hingga perawatannya, maka kami sarankan untuk pilih Brio Satya yang unggul dari sisi garansi dan layanan purna jual. Kamu tinggal ikuti jadwal servis berkala untuk perawatan rutin. 

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru