Harga Mirip, Kenapa Toyota Agya GR Sport Lebih Oke Dari Suzuki Swift Bekas 2017?

Yongki Sanjaya · 18 Okt, 2021 16:30

Harga Mirip, Kenapa Toyota Agya GR Sport Lebih Oke Dari Suzuki Swift Bekas 2017? 01

Saat kita ingin membeli mobil untuk aktivitas harian, poin penting yang jadi pertimbangan ialah soal harga dan fitur apa yang dimiliki. Dengan harga di bawah Rp200 jutaan, pilihan yang tersedia biasanya yaitu mobil golongan LCGC seperti Toyota Agya GR Sport. Namun kalau cari yang fiturnya lebih oke, Suzuki Swift bekas keluaran terakhir di tahun 2017 bisa masuk daftar incaran.

Meskipun statusnya sebagai mobil bekas, namun usia Swift keluaran terakhir ini belum genap lima tahun. Artinya, fitur yang dimiliki jelas tidak ketinggalan zaman. Suzuki Swift ini seringkali dianggap underrated karena kalah pamor dari Honda Jazz ataupun Toyota Yaris.

Toyota Agya  juga tak kalah menarik meskipun statusnya sebagai LCGC. Di kisaran harga Rp160 jutaan, kita bisa mendapat Agya tipe GR Sport yang punya style sporty. Penampilannya tak lagi sederhana seperti saat dulu Agya meluncur pertama kali. 

Untuk itu mari kita bandingkan kelebihan masing-masing model, supaya kamu dapat gambaran alternatif mobil bekas selain LCGC yang tak kalah menarik. 

Desain Membulat Khas Suzuki Swift, Kalem dan Elegan

Harga Mirip, Kenapa Toyota Agya GR Sport Lebih Oke Dari Suzuki Swift Bekas 2017? 01

Bila melihat segmen mobil hatchback di tahun 2017, terdiri dari Honda Jazz, Toyota Yaris, dan Suzuki Swift. Masing-masing model membawa karakteristik yang khas, dimana Yaris gayanya sporty dan agresif, Jazz penampilannya stylish, dan Swift cenderung bermain aman dengan gaya yang kalem. 

Meskipun demikian, Suzuki tetap mendesain Swift dengan garis-garis body yang stylish sesuai selera segmentasi pengguna hatchback dari kalangan anak muda. Desain headlamp dengan ujung meruncing ditunjang dengan teknologi proyektor untuk memaksimalkan penerangan. 

Harga Mirip, Kenapa Toyota Agya GR Sport Lebih Oke Dari Suzuki Swift Bekas 2017? 02

 

Kesan yang coba ditampilkan dari desain Swift generasi kedua ini hatchback yang elegan, karena Swift juga dipasaran di Eropa. Jika melihat desain Suzuki Swift dari generasi ke generasi, maka semua orang akan langsung paham bahwa Swift tidak pernah meninggalkan desain awalnya di generasi pertama. 

Suzuki konsisten dalam mempertahankan karakter desain dan tidak dimiliki oleh model lain. Tidak heran bila desain Suzuki Swift tidak lekang oleh jaman, karena memang masih terlihat mirip dari masa ke masa. 

Suzuki Swift Bekas 2017, Pakai Mesin Tangguh Serupa Ertiga

Harga Mirip, Kenapa Toyota Agya GR Sport Lebih Oke Dari Suzuki Swift Bekas 2017? 03

Mesin Suzuki Swift terkenal cukup andal di masyarakat Indonesia. Swift generasi kedua menggunakan mesin K14B seperti yang digunakan pada Suzuki Ertiga generasi pertama. Tidak mengherankan, karena pada dasarnya Ertiga memang model MPV yang dikembangkan dari Swift generasi kedua.

Mesin berteknologi DOHC VVT ini mampu menghasilkan tenaga 95 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 130 Nm di 4.000 rpm. Dengan dimensi bodi Swift yang compact, maka mesin ini menghasilkan karakter yang cukup responsif, terutama pada kondisi stop and go.

Fitur Suzuki Swift Bekas 2017 Cukup Lengkap, Tapi Kurang Mewah

Harga Mirip, Kenapa Toyota Agya GR Sport Lebih Oke Dari Suzuki Swift Bekas 2017? 04

Untuk berkompetisi di segmen hatchback, tentu kelengkapan fitur jadi senjata memikat konsumen. Swift pun memiliki fitur yang cukup lengkap seperti Keyless Entry, lampu depan HID, lalu ada tombol Engine Start Stop, Cruise Control, Dual SRS Airbags untuk pengemudi dan penumpang depan, Side Impact Beam, dan Child Lock untuk keamanan anak di pintu belakang.

Fitur keselamatan aktif lainnya juga sudah ada, semisal Antilock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake Distribution (EBD). Kemudian struktur bodinya juga sudah pakai TECT (Total Effective Control Technology).

Fitur multimedia yang kami rasa kurang modern karena masih memakai head unit 2DIN dengan layar monokrom. Padahal, Swift sudah memiliki fitur Audio Steering Switch yang membuat akses memutar lagu jadi praktis. 

Toyota Agya Baru, Desainnya Makin Keren dan Fiturnya Makin Oke

Harga Mirip, Kenapa Toyota Agya GR Sport Lebih Oke Dari Suzuki Swift Bekas 2017? 05

Dengan harga yang mirip, kita bisa memilih Toyota Agya tipe GR Sport, baik itu manual atau matic. Agya  1.2 GR Sport M/T dibanderol Rp 154,5 juta dan tipe 1.2 GR Sport A/T dijual dengan harga Rp 170,4 juta. 

Agya GR Sport memiliki desain yang sporty dengan side skirt baru yang terpasang serasi dengan velg model baru. Agya dipercantik dengan body kit meliputi  front bumper spoiler, rear roof spoiler, rear bumper spoiler, dan logo GR di pintu bagasi. 

Harga Mirip, Kenapa Toyota Agya GR Sport Lebih Oke Dari Suzuki Swift Bekas 2017? 06

Sementara itu untuk fiturnya, Agya 
GR Sport dilengkapi dengan head unit berteknologi layar sentuh, pengaturan AC digital, dan tombol engine start/stop. Agya juga telah mendukung paket New Advance Entertainment yang dilengkapi dengan sistem audio seperti radio AM / FM, CD player, dan pengatur suara. 

Tipe termahal Agya ini juga unggul dari sisi multimedia karena sudah dibekali head unit dengan layar touch screen yang didukung fitur Audio Steering Switch. Adapun untuk Suzuki Swift ini masih memakai head unit 2DIN dengan layanan monokrom yang membuatnya seperti ketinggalan zaman. 

Fitur Keselamatan di Toyota Agya GR Sport Cukup Lengkap

Harga Mirip, Kenapa Toyota Agya GR Sport Lebih Oke Dari Suzuki Swift Bekas 2017? 07

Untuk menunjang keselamatan pengemudi dan penumpang mobil ini, Toyota telah membekali Agya terbaru dengan fitur Dual SRS Airbags dan beberapa fitur modern lainnya seperti Side Impact Beam  ABS, EBD dan sensor parkir dua titik di belakang. 

Bila dibandingkan dengan Swift, maka fitur yang dimiliki oleh Toyota Agya GR Sport ini cukup mirip. Artinya, LCGC modern fiturnya mirip seperti hatchback keluaran lima tahun lalu.

Kesimpulan

Dengan harga yang mirip, inovasi yang dihadirkan oleh Toyota untuk segmen mobil murah cukup beragam. Bisa kita lihat perbandingan di atas kalau Swift ini fiturnya tak lebih oke daripada Agya. 

Poin yang membuat Agya terlihat inferior ialah soal mesinnya yang kalah tenaga. Namun soal fitur dan desain, jagoan Toyota ini berani bicara banyak. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota 2020 Agya 1.0L G M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru