Harga Mirip, Nissan X-Trail T32 Bekas 2017 Lebih Oke Dari Toyota Raize 1.0 GR Sport?

Yongki Sanjaya · 23 Nov, 2021 13:00

Harga Mirip, Nissan X-Trail T32 Bekas 2017 Lebih Oke Dari Toyota Raize 1.0 GR Sport? 01

Toyota Raize sukses menjadi rising star di segmen Small SUV, berbekal desain stylish dan mesin turbo. Sentuhan aksen GR Sport membuat Toyota Raize semakin kental kesan sporty. Hanya saja harga Toyota Raize 1.0 GR Sport ini cukup mahal, setara Nissan X-Trail T32 bekas keluaran 2017.

Sebagai informasi, Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT dijual seharga Rp 244.700.000. Sementara itu, Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT Two Tone dihargai Rp 247.000.000. Adapun harga pasaran Nissan X-Trail T32 keluaran 2017 berkisar antara Rp240-270 jutaan.

Meskipun statusnya mobil bekas, Nissan X-Trail T32 ini unit barunya masih dijual hingga sekarang. Spesifikasi yang ditawarkan juga sebagian besar masih sama seperti versi 2017. Artinya, kita bisa membeli Nissan X-Trail bekas dengan harga separuh dari harga baru.

Dengan harga yang mirip, apakah kalian tetap pilih Toyota Raize 1.0 GR Sport atau mending pilih X-Trail T32?

Nissan X-Trail T32 Bekas, Harga 'Murah' Gaya Mewah

Harga Mirip, Nissan X-Trail T32 Bekas 2017 Lebih Oke Dari Toyota Raize 1.0 GR Sport? 01

Untuk kalian yang sedang berburu SUV medium tanpa memperdulikan merek, maka Nissan X-Trail T32 jadi pilihan oke. Brand Nissan dikenal dengan built quality yang baik, hanya saja sparepart Nissan cukup mahal. Sebenarnya, harga bekas X-Trail T32 ini membuatnya jadi value for money ketimbang Honda CR-V turbo.

Nissan X-Trail generasi ketiga T32 ini baru mulai dipasarkan pada tahun 2014. Untuk kisaran harga Rp240-270 jutaan, tersedia jenis mesin 2.5 liter. 

Penampilannya agak membulat, dengan garis tegas yang membuatnya maskulin. Desainnya lebih dinamis tetapi tidak menghilangkan kesan gagah pada mobil ini. Sebagai SUV monokok, Nissan X-Trail T32 terlihat tangguh dengan bodi yang cukup bongsor dan ground clearance yang tinggi. 

Bentuk bodi yang bongsor berdampak pada luasnya ruang interior. Ruang lutut dan kepala untuk baris pertama dan kedua cukup luas. Untuk baris ketiga ini kursinya hanya bisa untuk anak-anak, karena ruangnya juga cukup sempit. 

Fitur di Nissan X-Trail T32, Lengkap dan Mewah

Harga Mirip, Nissan X-Trail T32 Bekas 2017 Lebih Oke Dari Toyota Raize 1.0 GR Sport? 02

Nissan X-Trail T32 sebagai SUV medium tentu telah memiliki beragam fitur yang memanjakan penggunanya. Sebut saja 360 view dimana pengemudi bisa melihat sekeliling mobil melalui 4 buah kamera (depan, samping kiri, kanan, dan belakang) yang ditampilkan melalui head unit. 

Selanjutnya ada fitur pintu belakang bernama Hands Free (Touchless) Back Door System yang memungkinan pintu secara otomatis terbuka hanya dengan menyentuh panel di dashboard. Fitur lainnya yang bikin betah berkendara yaitu Steering Switch Audio Control, Fabric Seat, serta 
Integrated 2DIN AM/FM CD Player (MP3 Compatible). 

Fitur keselamatan dan keamanan di Nissan X-Trail T32 juga cukup lengkap dan modern. Berikut ini daftarnya:

  • Active Ride Control
  • Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA)
  • Vehicle Dynamic Control
  • Hill Start Assist
  • Active Trace Control
  • Seat Belt – ELR 3 Point (x2) with Pretensioner & Load Limiter
  • ISOFIX Child Seat Anchor (for rear seat)
  • Dual SRS Airbag
  • Immobilizer + Vehicle Security System
  • Rear Parking Sensor (4 points)

Mesin Lawas yang Bandel dan Tenaganya Mumpuni

Nissan X-Trail T32 untuk varian 2.5L masih setia dengan mesin berkode QR25DE yang sudah digunakan sejak era T30. Mesin berkapasitas 2500 cc ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 170 PS pada 6000 rpm. Perpindahan giginya memakai transmisi CVT yang halus dan efisien.

Toyota Raize 1.0 GR Sport, Compact & Sporty Khas SUV Perkotaan

Harga Mirip, Nissan X-Trail T32 Bekas 2017 Lebih Oke Dari Toyota Raize 1.0 GR Sport? 03

Raize hadir sebagai sebuah jawaban bagi orang yang mencari kendaraan mungil, stylish, serta memiliki kemampuan pada medan off road ringan. Ukurannya yang mungil ini cocok bagi kendaraan di perkotaan yang lalu lintasnya padat. 

Desain Raize yang sporty dan agresif cocok bila menyasar pengguna dari usia muda. Grill berbentuk trapezoidal melebar ke bawah sampai menyatu area lampu kabut jadi aksen yang stylish. TAM juga merilis varian Gazoo Racing di Raize dengan tambahan body kit dan aero kit yang dilekatkan pada sektor eksterior untuk mengentalkan aura agresifnya. 

Bila melihat harga yang ditawarkan, Raize ini seolah jadi paket komplit untuk sebuah mobil 5-seater. Raize masuk dalam golongan SUV (Sport Utility Vehicle) bertubuh compact.

Harga Mirip, Nissan X-Trail T32 Bekas 2017 Lebih Oke Dari Toyota Raize 1.0 GR Sport? 04

Dengan ground clearance 200 mm, jelas cukup tinggi bila dibandingkan city car atau hatchback. Ketinggian dek Raize dari permukaan tanah ini bahkan setara dengan Avanza generasi kedua, sehingga bakal membuat pengguna Raize percaya diri bila melibas permukaan gravel khas jalan pedesaan.

Soal tenaga pun tak buruk, pasalnya Raize dibekali mesin bensin 998 cc 3 silinder turbo. Mesinnya mampu menorehkan tenaga 97,8 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 149 Nm di 2.400-4.000 rpm. 

Kalau dibandingkan dengan X-Trail jelas jauh selisihnya, karena kapasitas mesin X-Trail juga jauh lebih besar. Namun jangan lupakan kalau konsumsi bahan bakar mesin 2.500 cc juga lumayan boros. 

Bagaimana dengan fitur yang dimiliki oleh Toyota Raize 1.0 GR Sport ini?

Harga Mirip, Nissan X-Trail T32 Bekas 2017 Lebih Oke Dari Toyota Raize 1.0 GR Sport? 05

Raize telah dibenamkan layar hiburan 9 inci yang terkoneksi dengan ponsel pintar alias smartphone. Panel digitalnya pun sudah memakai layar LCD penuh warna yang memanjakan mata dan bisa diubah dengan empat mode visual. 

Embel-embel GR Sport pada Raize mengadopsi gaya tim balap Gazoo Racing. Hal ini membuat Raize memiliki paddle shift di balik kemudi yang membuat kesan sporty makin kental. Kita bisa merasakan sensasi perpindahan gigi pakai paddle shift ala mobil balap. 

Fitur standar, seperti ABS dan EBD, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Immobilizer, sampai Rear camera juga sudah jadi kelengkapan di semua tipe varian Toyota Raize. Tak cukup sampai di situ, Raize GR Sport telah memiliki Airbags pada 6 titik. 

Kesimpulan

Kalau bicara fitur, baik Toyota Raize GR Sport ataupun Nissan X-Trail T32 ini hampir berimbang. Raize ini menyimbolkan Small SUV modern yang juga memiliki fitur canggih. Nama besar Toyota menjadi jaminan ketersediaan sparepart dan aftersales Raize yang cukup mudah hingga ke kota kecil. 

Namun demikian, Nissan X-Trail T32 bukan berarti inferior. X-Trail T32 menang harga bekas yang terjangkau bila dibandingkan dengan Honda CR-V. Soal perawatan pun kini semakin banyak bengkel spesialis Nissan yang buka di kota-kota kecil. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Toyota Raize 1.2L G M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru