window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Mirip, Pilih Honda HR-V 1.5 SE 2022 atau Honda CR-V 2018 Bekas?

Yongki Sanjaya · 28 Mar, 2022 19:00

Harga Mirip, Pilih Honda HR-V 1.5 SE 2022 atau Honda CR-V 2018 Bekas? 01

Honda HR-V generasi kedua di Indonesia sukses menyita perhatian masyarakat dengan desain baru dan beragam upgrade fitur yang dimiliki. Harganya pun kini semakin mahal, dimana untuk tipe 1.5 S yang paling murahnya saja dijual Rp355,9 juta. Untuk tipe tertinggi non turbo yaitu HR-V 1.5 SE dijual seharga Rp399,9 juta dan setara dengan pasaran Honda CR-V 2018 bekas.

Melihat segmentasinya, CR-V bagi sebagian orang dianggap sebagai mobil mewah kaya fitur yang prestisius. Namun, kini HR-V semakin royal fitur baik keselamatan maupun kenyamanan. Di range harga Rp400 juta, HR-V tipe 1.5 SE jelas bakal sepadan level prestisenya bila berhadapan dengan Honda CR-V pre facelift.

Untuk ukuran mobil berusia empat tahun, Honda CR-V 2018 ini tak terlihat usang. Sebab background penggunanya hanya memakai untuk daily driver di perkotaan sebagai mobil kesayangan, dan hampir tidak pernah disiksa berkendara di jalan berbatu layaknya SUV ladder frame. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Penasaran seperti apa bila keduanya disandingkan? Mari simak ulasannya di bawah ini. 

Honda CR-V 2018 Bekas, Identik dengan Solid Wing

Harga Mirip, Pilih Honda HR-V 1.5 SE 2022 atau Honda CR-V 2018 Bekas? 01

Honda CR-V generasi kelima ini mempunyai bahasa desain baru untuk front fascia, yaitu Solid Wing Face. Ya, kombinasi grill dan lampu depan All New Honda CR-V didesain seolah-olah seperti sayap yang sedang membentang. 

Honda CR-V generasi kelima (RW) yang meluncur pada 2017 membawa desain yang lebih atraktif dan sporty dibanding generasi sebelumnya. CR-V hadir dalam varian CR-V 1.5 Turbo Prestige, CR-V 1.5 Turbo, dan tipe terbawah yaitu CR-V 2.0. 

Meskipun Honda CR-V 1.5 Turbo kapasitas mesinnya lebih kecil, namun sudah memiliki turbo. Besaran tenaganya didongkrak jadi lebih besar dan mirip dengan output CR-V 2.4 liter generasi sebelumnya. 

Harga Mirip, Pilih Honda HR-V 1.5 SE 2022 atau Honda CR-V 2018 Bekas? 02

Di kisaran harga Rp400 jutaan, kita bisa membawa pulang Honda CR-V 1.5 Turbo Prestige, atau tipe teratas CR-V. Varian 1.5 Turbo ini dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc DOHC 4-Silinder VTEC Turbo dengan DBW (Drive By Wire). Tenaganya mencapai 190 ps di 5.600 rpm, dan torsi 240 Nm pada 2.000 - 5.000 rpm.

Sebagai SUV monokok yang habitatnya mayoritas di perkotaan, suspensi yang di gunakan CR-V berjenis MacPhersons Strut di bagian depan dan suspensi Multi-Link di bagian belakang. Kemampuan suspensi ini dinilai dapat menjaga kestabilan mobil ini dengan sangat baik. 

Honda CR-V generasi kelima ini cukup banyak membawa inovasi dan teknologi, walau saat itu belum memiliki Honda Sensing. Interior Honda CR-V semuanya menggunakan material yang mewah. 

Fitur di Interior Honda CR-V Prestige

Harga Mirip, Pilih Honda HR-V 1.5 SE 2022 atau Honda CR-V 2018 Bekas? 03

Ini terlihat dari dashboard yang menggunakan material soft touch layaknya mobil mahal. Dikombinasi dengan balutan panel wood dengan matte finished di bagian door trim, semakin memunculkan kesan premium.

Fitur hiburan dan kenyamanannya didukung head unit berukuran 9 inci yang bisa mengaktifkan fitur ionizer Nanoe, yaitu fitur yang bisa membersihkan udara di dalam kabin. Fitur paddle shift juga dipasangkan di belakang kemudi setir CR-V, untuk sensasi perpindahan gigi ala mobil sport.

Kelengkapan Fitur di Honda CR-V 2018 Bekas, Punya Apa?                 

  • Fitur Keselamatan: SRS Airbag, ABS, DSC, EBD, BA, Vehicle Stability Assist, jok ISOFIX. CR-V juga memberikan tambahan side dan side curtain airbags untuk varian tertinggi. Sistem keamanan lainnya meliputi Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS), dan Brake Override System pada semua varian. 
  • Fitur Berkendara: Cruise Control, ECON Driving Mode, Parking Sensor, Around View Monitor
  • Fitur Hiburan dan Kenyamanan: Touch screen head unit, kompatibel Bluetooth, USB, HDMI, Panoramic Sunroof
  • Fitur Keamanan: Engine Immobilizer, Engine Start Button, Alarm With Shock Sensor.

Honda HR-V 1.5 SE 2022, Lebih Mature dan Kaya Fitur

Harga Mirip, Pilih Honda HR-V 1.5 SE 2022 atau Honda CR-V 2018 Bekas? 04

Secara harga, HR-V 1.5 E dijual setara dengan CR-V Prestige bekas 2017.Tipe menengah di Honda HR-V ini punya style yang kalem dan dewasa. Tak kalah penting, fiturnya semakin lengkap dan mendapat Honda Sensing. 

Meskipun demikian, HR-V 1.5 E masih belum benar-benar sepadan levelnya dengan CR-V Prestige. Sebab, tipe ini belum mendapat panoramic roof. Jadi, kita akan bandingkan kelengkapan fitur andalan yang dimiliki tipe ini.

Secara fitur, tipe yang memiliki kelengkapan mirip dengan Honda CR-V Prestige ialah HR-V 1.5 SE. Generasi kedua crossover Honda ini tampil sangat berbeda dengan mengusung konsep “Exceptionally Impressive”. Eksterior di tipe 1.5 SE dipercantik Sequential LED Turning Signal, Panoramic Glass Roof, LED Fog Light, 18” Sporty Alloy Wheels  

Memasuki kabin Honda HR-V 1.5 SE 2022, kita akan disuguhi interior hitam, panoramic moon roof yang berada di atas bangku baris pertama dan kedua memberikan kesan menawan. Honda HR-V semakin menawan dengan adanya 4,2” Interactive TFT Meter yang menampilkan berbagai informasi saat berkendara, seperti Honda SENSINGTM, Rear Seat Reminder, indikasi lampu pada kendaraan dan konsumsi bahan bakar. 

Fitur HR-V 1.5 SE, Lengkap dan Mewah

Harga Mirip, Pilih Honda HR-V 1.5 SE 2022 atau Honda CR-V 2018 Bekas? 05

New Honda HR-V menawarkan ruang kabin yang nyaman bagi pengemudi dan penumpang dilengkapi dengan Front & Driver USB Port, Dual Rear USB Port, Vanity Mirror Lamp, Electrostatic Touch LED Map Light yang berfungsi untuk menyalakan lampu dengan gestur tangan tanpa sentuhan tangan, Rear Armrest with Cupholder, dan Seatback Pocket. All New Honda HR-V juga memiliki ruang bagasi yang luas dan fleksibel dengan tiga mode yaitu Long Mode, Utility Mode dan Tall Mode.

Fitur hiburannya didukung 8” Capacitive Touchscreen Display Audio, USB Port, Bluetooth, Hands-Free Telephone, AM/FM Radio, MP3/WMA, Smartphone Connection, WebLink. 

Honda HR-V 2022 Dapat Honda Sensing di Seluruh Tipe

Honda Indonesia kini semakin serius soal fitur keselamatan di lini produk terbaru mereka. Untuk versi lokal, Honda HR-V 2022 telah ditanamkan fitur keselamatan Honda SENSING pada seluruh tipe, termasuk 1.5 SE ini. 

Teknologi tersebut mencakup Adaptive Cruise Control (ACC), Low Speed Follow (LSF), Forward Collision Warning (FCW), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Departure Warning (LDW), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Keep Assist System (LKAS), dan Auto High Beam (AHB).

Kesimpulan

Dengan harga yang mirip, Honda CR-V bekas yang usia pakainya sudah empat tahun masih sedikit lebih unggul dari sisi penampilan maupun fitur premium. Hanya saja, HR-V lebih safety karena memiliki teknologi Honda Sensing.

Bila kamu orang yang tak terlalu peduli teknologi keselamatan, dan cenderung mencari mobil yang penampilannya premium, maka CR-V masih layak dipilih. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil