Harga Mobil Chery Bekas Emang Murah Banget, Tapi Apa Benar Sparepartnya Susah?

Prasetyo · 13 Okt, 2021 15:07

mobil chery bekas

Beberapa bulan belakangan ini, nama mobil Chery kembali menggema di Indonesia. Ditenggarai Chery akan kembali lagi berlabuh setelah sempat benar-benar menghilang di 2016. Padahal sebenarnya sampai saat ini mobil Chery bekas masih banyak loh beredar di Indonesia. Beberapa diantaranya pun disukai karena jadi alternatif mobil berharga terjangkau.

Contohnya saja mobil Chery QQ bekas. Banyak yang menyukai mobil mungil yang mirip Chevrolet Spark generasi pertama ini. Selain bentuknya yang lucu dan imut, harganya pun ternyata sangat terjangkau. Namun kalau mau yang sedikit gagah, ada Chery Tiggo yang harga bekasnya juga sangat menarik.

mobil chery bekas -1

Chery Tiggo mulai masuk Indonesia periode 2008

Sebenarnya seperti apa sih pasaran harga mobil bekas Chery QQ atau mobil Chery lainnya yang sampai saat ini masih beredar? Layakkah kendaraan yang pernah bernaung di bawah payung Indomobil Group ini dimiliki? Mari kita bahas satu per satu.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Harga Mobil Chery QQ Bekas Mulai Rp25 Jutaan

Mobil Chery QQ bekas -1

Ada varian mesin 800 cc dan 1.100 cc

Diantara deretan mobil Chery bekas, Chery QQ sepertinya yang paling banyak diminati. Sebab dari pantauan sejumlah market place penjual mobil bekas di Indonesia, listing Chery QQ bekas cukup banyak.

Ada dua varian Chery QQ yang beredar di bursa mobil second Tanah Air. Yaitu yang menggunakan mesin 800 cc tiga silinder dan yang bermesin 1.100 cc empat silinder. Untuk yang varian mesin 1.1-liter baru ditawarkan di Indonesia mulai 2008.

Baca juga : 3 Mobil Chery Ini Dipersiapkan Buat Indonesia, Satu Diantaranya Mobil Listrik

Mobil Chery QQ bekas -2

Rp25 jutaan sudah dapat mobil tahun 2000-an

Harga Chery QQ bekas pun sangat menarik. Karena untuk yang produksi 2006-2007 dibanderol antara Rp25 juta hingga Rp30 juta. Sementara untuk yang tahun 2008 bisa ditebus seharga Rp35 jutaan. Namun untuk yang varian mesin 1.1-liter harganya masih cukup tinggi. Yakni kisaran Rp38 jutaan - Rp45 jutaan.

Chery Tiggo Bekas, Alternatif SUV Compact Murah

Mobil Chery Tiggo bekas -1

SUV bermesin 2.0-liter yang terjangkau

Selain QQ, Chery juga pernah menawarkan satu model SUV, namanya Chery Tiggo. Mobil ini menggunakan mesin bensin 2.0-liter berkode SQR484F 4 silinder DOHC dengan Electronic Multi Point Injection yang dikombinasikan transmisi manual.

Untuk harga bekasnya sedikit di atas Chery QQ. Beberapa penjual menawarkan mobil ini di kisaran Rp45 jutaan untuk yang tahun produksi 2008. Kemudian untuk yang keluaran 2009 harganya Rp50 jutaan. Sedangkan untuk yang produksi 2010 atau 2011 harganya ada di Rp55 jutaan - Rp60 jutaan.

Sparepart Chery Bisa Pakai Milik Mobil Jepang

mobil Chery bekas -2

Interior Chery QQ

Tentunya jika melihat harga murah maka pertanyaan berikut yang sering terlontar adalah bagaimana perawatan mobil Chery? Mengingat saat ini belum ada satupun jaringan bengkel resmi pabrikan Tiongkok itu.

Namun ternyata ini bukan jadi halangan kalau Anda berniat meminang mobil Chery bekas. Beberapa anggota komunitas Chery Owner Indonesia (COI) pun memberikan solusinya. Karena ternyata sejumlah sparepart Chery bisa disubtitusi dengan suku cadang dari mobil-mobil merk lain.

Baca juga : Merek Mobil China Chery Semakin Serius Kembali ke Indonesia, Siapkan Pabrik dan Banyak Model

spareprt Chery QQ

Sparepart bisa pakai merk aftermarket atau kepunyaan mobil lain

Misalnya booster rem Chery QQ 800 cc bisa pakai suku cadang yang sama dari Suzuki Carry lawas namun dengan sedikit penyesuaian. "Yang penting diameternya masuk," tulis Tur Yono dari COI. Sementara jika membutuhkan kampas rem Chery QQ, member COI lain pun menyarankan untuk pakai kepunyaan Chevrolet Spark 800.

Selanjutnya kalau butuh as roda Chery QQ, juga disarankan bisa pakai milik Suzuki Forsa yang lebih mudah didapat di toko-toko onderdil mobil. Atau kalau butuh suku cadang gearbox dan kopling, beberapa komponennya bisa pakai dari kepunyaan Suzuki Karimun Kotak.

Sparepart Chery Tiggo Juga Banyak Dijual di Toko Online

Mobil Chery Tiggo bekas -2

Masih banyak yang jual suku cadang Chery di Indonesia

Lalu bagaimana dengan model Chery lainnya seperti Tiggo? Tenang, untuk sparepart fast moving ternyata cukup banyak kok toko online di sejumlah e-commerce yang menyediakan. Ada yang menawarkan suku cadang original, ada juga yang produk aftermarket.

Misalnya kampas rem Chery Tiggo yang di lego Rp200 ribuan. Kemudian generator tensioner untuk SUV ini diatwarkan Rp600 ribuan. Kalau butuh shock breaker Chery Tiggo yang original pun ada, harganya memang cukup mahal yakni Rp2 jutaan untuk shock depan satu set kiri dan kanan.

Nah, gimana, tidak seseram yang dibayangkan bukan kalau ada niat membeli mobil Chery bekas? Siapa tau ketika Chery resmi kembali ke Indonesia, pamor mobil-mobil ini merangkak naik dan harganya ikut terkerek.

Baca juga : Demi Saingi Wuling Almaz RS, Chery Tiggo 8 Plus Bakal Bawa Fitur Keselamatan ADAS di Indonesia

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Chery Tiggo 3 Upcoming Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru