Harga Mobil LCGC Naik Kena PPnBM 3 Persen, Honda Masih Jual Brio Satya Stok Lama

Adit · 13 Jan, 2022 10:03

Harga Mobil LCGC Naik Kena PPnBM 3 Persen, Honda Masih Jual Brio Satya Stok Lama 01

Honda Brio Satya masuk kategori mobil LCGC
  • Harga mobil LCGC termasuk Honda Brio Satya kini dikenakan pajak 3 persen
  • HPM belum jual Honda Brio Satya model 2022
  • Di semua dealer Honda, Brio Satya yang tersedia merupakan produk lama VIN 2021

PT Honda Prospect Motor (HPM) hingga kini belum menjual mobil LCGC (Low Cost Green Car) berupa Honda Brio Satya model 2022. Keputusan ini bukan tanpa alasan, satu diantaranya akibat pemerintah telah menyatakan mobil LCGC dikenakan PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) sebesar 3 persen mulai tahun ini. 

Perihal tersebut telah diatur melalui Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 36 Tahun 2021, tentang Kendaraan Bermotor Roda Empat Emisi Karbon Rendah, yang berlaku 31 Desember 2021. 

Harga Mobil LCGC Naik Kena PPnBM 3 Persen, Honda Masih Jual Brio Satya Stok Lama 02

Daihatsu Sigra jadi model terlaris Daihatsu Indonesia

Baca Juga: Membandingkan Spesifikasi Daihatsu Ayla Dengan Honda Brio Satya

Aturan tersebut merupakan turunan dari Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2019 yang telah direvisi menjadi Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2021. LCGC dikenakan PPnBM paling tinggi sebesar 15 persen. Lalu kenapa bisa menjadi 3 persen? 

Pengenaan PPnBM 15 persen diberlakukan dengan dasar pengenaan pajak 20 persen dari harga jual, sehingga tarif PPnBM model tersebut hanya sebesar 3 persen. Semula LCGC diistimewakan, tidak dikenakan PPnBM alias nol dalam Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013.

Harga Mobil LCGC Naik Kena PPnBM 3 Persen, Honda Masih Jual Brio Satya Stok Lama 03

Daihatsu Ayla juga termasuk ke dalam kategori mobil LCGC

Honda Indonesia Masih Tunggu Kejelasan Aturan Terkait Mobil LCGC

Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, Yusak Billy mengatakan para Agen Pemegang Merek (APM) yang menjual LCGC masih menanti aturan turunan lainnya mengenai ketetapan mobil LCGC. Sehingga Honda sendiri katanya, masih pada strategi menjual produk lama tahun produksi 2021 dengan harga lama (belum dikenakan PPnBM).

Billy menjelaskan, Honda termasuk merek lain yang meniagakan produk LCGC seperti Toyota dan Daihatsu, sudah 'mendaftar ulang' untuk mendapatkan ketetapan dari pemerintah. Baru ketika keputusan tersebut lahir, pabrikan akan merilis harga baru yang sudah dikenakan PPnBM 3 persen. 

Harga Mobil LCGC Naik Kena PPnBM 3 Persen, Honda Masih Jual Brio Satya Stok Lama 04

Honda Brio Satya masih dijual pakai harga lama

Baca Juga: Harganya Setara Honda Brio Satya, Mitsubishi Outlander Sport GLS 2015 Lebih Pantas Dimiliki

"Kami sudah daftar sebagai peserta yang menjual LCGC, kondisinya sekarang sedang menunggu ketetapan daftar peserta KBH2 (Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau dengan teman-teman lain juga," katanya. 

Billy menambahkan produksi model LCGC terus dilakukan. Namun belum sampai pada tahap suplai dari pabrik ke dealer atau wholesales. "Setelah ketetapan itu keluar sebagai peserta KBH2. Saat ini kami masih menjual VIN (Vehicle Identification Number) 2021 dengan harga lama," lanjutnya. 

Harga Mobil LCGC Naik Kena PPnBM 3 Persen, Honda Masih Jual Brio Satya Stok Lama 05

Honda Brio Satya kini dikenakan PPnBM 3 persen, sebelumnya tidak

Dirinya belum merinci kenaikan harganya. Yang jelas peningkatannya tidak begitu signifikan sehingga para pembelinya jadi mengurungkan diri untuk membeli LCGC. Sebab selain LCGC, tidak ada mobil murah lain yang dijual di Indonesia. 

"Kami yakin first time buyer masih sangat banyak pasarnya. Dari yang punya motor beralih memiliki mobil, kami yakin pasar LCGC masih bergairah di 2022, pajak 3 persen dibandingkan model lain juga paling rendah, tidak sampai 15 persen," tuntasnya. 

Baca Juga: Empat Hatchback Eropa Bergengsi yang Harganya Lebih Murah dari Honda Brio Satya

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Brio Satya S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru