Harga Neta X di Thailand Bisa Lebih Murah Rp130 Jutaan, Padahal Speknya Sama
Prasetyo · 16 Agu, 2024 18:04
0
0
Harga Neta Xmemang sudah diumumkan oleh PT Neta Auto Indonesia ketika berlangsungnya pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Juli 2024 lalu. Banderolnya ada di rentang Rp 460 juta hingga - Rp 490 juta.
Namun itu baru sebatas harga pre-book, sementara sampai artikel ini dipublikasikan, harga Neta X di Indonesia belum resmi diumumkan. Di sisi lain, Thailand malah lebih dulu sudah merilis harga Neta X.
SUV bertenaga full electric itu dipasarkan dalam dua varian, yakni Comfort dengan harga 739 ribu Baht atau kira-kira Rp 332 jutaan, dan tipe Smart sebagai varian tertingginya yang dipatok dengan harga 799 ribu Baht (Rp 359 jutaan).
Meskipun di Indonesia harga resminya belum ada, namun jika melihat banderol di negara tetangga, ternyata harga Neta X versi Indonesia bakal jauh lebih mahal. Selisihnya antara Rp 128 juta sampai Rp 131 juta. Wow!
Lantas bagaimana dengan spesifikasinya antara mobil yang sama namun dipasarkan pada dua negara berbeda ini? Yuk kita ulas.
Pertama-tama tentu akan kita bandingkan dari segi fisik luarnya dulu. Kalau kita bandingkan keduanya, seperti tak ada yang berbeda sedikitpun antara Neta X versi Indonesia dengan yang dijual di Negeri Gajah Putih itu.
Fasci depan tetap hadir dengan L-Shape LED DRL, yang nantinya akan menjadi ciri khas mobil ini pada saat berkendara malam hari. Kemudian full LED headlights dengan Intelligent High Beam berbentuk pipih yang juga bukan hanya terlihat futuristik tapi juga akan membantu pencahayaan jalan menjadi terang dan berkendara lebih nyaman.
Menyesuaikan bentuk tampilan depan, pada bagian samping memiliki bentuk yang terlihat begitu proper dan aerodinamis. Di bagian pinggang terdapat garis yang terlihat lebih tegas mulai dari pintu baris kedua hingga ke belakang.
Untuk pilar C-nya mobil ini dibuat dengan mengaplikasian desain floating yang memperlihatkan mobil ini mempunyai atap menurun. Kemudian lingkar rodanya dipadukan velg dual five spoke 18 inci yang membuat mobil ini tampil begitu modis.
Sementara di bagian belakang, terdapat continuous tail light berupa bilah lampu LED memanjang sehingga jelas terlihat di malam hari dan lebih futuristik, berpadu dengan rear mount stop lamp juga menggunakan LED.
Tak ketinggalan keberadaan electric power tailgate yang dapat membuka dan menutup pintu bagasi secara otomatis akan membuat pemilik mobil ini menjadi lebih praktis ketika membawa banyak barang untuk dimasukkan ke bagasi.
Pada sisi interior, ruangannya tetap terlihat spacious dengan kapasitas lima orang dan ruang penumpang belakang yang juga menyajikan area lapang. Kesan mewah pun sama-sama didapat dari material kabin yang 80 persen sudah dilapis bahan soft leather dan alcantara.
Untuk Neta X di Thailand, hadir dengan dua opsi warna interior yaitu Prestige Black yang semuanya hitam dengan kombinasi silver pada beberapa bagian, serta Elegant Brown yang didominasi coklat dengan kombinasi hitam. Adapun untuk versi Indonesia belum diumumkan apakah dua warna kabin ini akan ada di semua varian atau tidak.
Meski begitu, pada kedua mobil tersebut juga terlihat sudah dilengkapi dengan head unit intelligent central control screen dengan ukuran 15.6 inch yang tampilannya dapat diatur menjadi split-screen design dan floating D-shaped Steering Wheel, dan juga meter cluster digital pada sisi pengemudi.
Bagian bagasi juga terdapat double decker trunk dengan volume yang mencapai 508 liter atau bahkan kapasitasnya melonjak jadi 1.388 liter ketika bangku baris kedua dilipat, membuat cukup luas untuk menaruh barang-barang ukuran besar selama perjalanan.
Meningkatkan visibilitas sekaligus gaya berkendara, terlihat pada atapnya mobil ini sudah dilengkapi panoramic sunroof berukuran besar. Lantas pada area jok belakang sudah terdapat arm rest serta tambahan ventilasi AC yang dapat memberikan kenyamanan penumpang belakang selama perjalanan.
Baik Neta X di Thailand maupun di Indonesia, sudah menggunakan baterai tipe Lithium Iron Phosphate (LFP) dengan IP68 dan HEPT4.0. Namun karena ada dua varian berbeda, maka kapasitas baterai pun dibedakan.
Untuk tipe Comfort menggunakan baterai berkapasitas 51,8 kWh yang diklaim memiliki jarak tempuh hingga 401 kilometer (km) sekali ngecas berdasarkan metode NEDC. Sementara di tipe Smart, kapasitas baterainya 62 kWh dengan daya jelajah 480 km juga berdasarkan NEDC.
Untuk tipe Comfort dan Smart, baterai ini memerlukan lama pengisian daya lebih kurang 30 menit, jika menggunakan fasilitas DC Charging. Baterai kedu avarian ini juga punya kemampuan Vehicle to Load (V2L) yang bisa digunakan sebagai sumber listrik untuk perangkat elektronik saat beraktivitas di luar ruangan.
Dari sisi sumber tenaga, baik Neta X versi Thailand maupun model di Indonesia, sama-sama berbekal motor listrik tipe Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) yang mampu menghasilkan daya puncak 120 kW (163 PS) dengan torsi 210 Nm.
Akselerasi mobil ini dari posisi diam hingga kecepatan 100 km/jam pun diklaim di bawah 9,5 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya mencapai 150 km/jam.
Beragam fitur unggulan menjadikan Neta X istimewa di kelasnya. Termasuk Cockpit Cerdas dan fitur ADAS yang menghadirkan teknologi terkini untuk kenyamanan dan keamanan pengguna, yang antara lain terdiri dari:
Forward Collision Warning (FCW)
Lane Keeping Assist (LKA)
Lane Departure Warning (LDW)
Blind Spot Detection (BSD)
Rear Cross Traffic Alert (RCTA)
Hill Hold Control (HHC)
Active Emergency Braking (AEB)
Traffic Jam Assist (TJA)
Adaptive High Beam Assist (HBA)
Traffic Sign Recognition (TSR)
Adaptive Cruise Control (ACC)
Rear Object Passing Warning (ROPW)
Surrounding Reality (SR)
Door Opening Warning (DOW)
Kesimpulan
Dengan desain yang sama, dimensinya pun serupa, bahkan spesifikasi teknis dan kelengkapan fiturnya setara, rupanya harga Neta X di Thailand bisa lebih murah lebih dari Rp 120 juta dari harga pre-booking di Indonesia.
Kini kita tinggal menunggu, apakah Neta X versi Indonesia yang dirakit di dalam negeri juga akan memiliki dua varian berbeda seperti halnya Thailand, atau cuma disodorkan dalam satu varian seperti yang dilakukan Neta pada Neta V (Spesifikasi | Berita)-II.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.