Harga Nyaris Rp.18Juta, Suzuki Nex Crossover 2021 Siap Lawan Yamaha X-Ride 2021?

Yongki Sanjaya · 20 Nov 2020 15:11

Sekarang ini skutik semakin mendominasi, dan tersedia untuk banyak segmen. Untuk pengguna yang suka melewati jalan pedesaan yang kurang mulus, Suzuki akhirnya meluncurkan Nex Crossover 2021. Skutik ini bukanlah pelopor, karena Yamaha sudah memiliki X-Ride 2021.

PT Suzuki Indomobil Sales menawarkan Suzuki Nex Crossover  hanya dengan harga Rp 17.990.000,- (on the road DKI Jakarta). Suzuki Nex Crossover memberikan sensasi kebebasan berkendara dengan kemampuan petualang bagi pengendara yang aktif.

Paling baru, yaitu Naked Handle Bar untuk meningkatkan ergonomi dan kenyamanan posisi berkendara. Setang ini juga memberikan penampilan yang lebih maskulin serta kokoh. 

Adanya Digital Instrument Cluster baru yang kini lebih modern, informatif dan dibalut bentuk yang tangguh. Di dalam layarnya, pengendara dapat membaca kecepatan, jarak tempuh, kapasitas bahan bakar, voltase baterai, indikator sistem FI, indikator lampu, serta petunjuk waktu. 

Segmen ini sudah lama terbentuk di Indonesia, yang saat ini diisi oleh Yamaha X-Ride 125 (Rp 18,69 Juta rupiah) dan Honda Beat Street Rp 17,15 Juta rupiah). Namun, Yamaha X-Ride 125 lah yang paling tenar karena memang pelopornya skutik petualang. Bahkan, Yamaha X-Ride 125 ada yang dijadikan skutik trail. 

Spesifikasi Baru Suzuki Nex Crossover 2021, Sudah Cukup Tangguh? 

Suzuki Nex Crossover masih mengandalkan mesin SEP (Suzuki Eco Performance) 115cc, 1-cylinder, SOHC (Single Over Head Camshaft) dan teknologi FI (Fuel Injection). Motor skutik ini mampu memuntahkan tenaga hingga 9,1 PS pada 8000 RPM serta torsi 8,5 Nm. 

Mesin tersebut mudah dinyalakan berkat teknologi Suzuki Easy Start System. 

Fitur unggulan yang tak kalah pentingnya adalah penggunaan ban berjenis dual purpose bertapak lebar dan sudah tubeless. Jenis ban ini diklaim sanggup melintas di medan permukaan jalan yang tak menentu.

Kemampuan petualangnya juga karena ground clearance dari Suzuki Nex Crossover adalah yang tertinggi di kelasnya (150 mm). Skutik ini akan terasa lebih mantap dan meyakinkan untuk dibawa berpetualang kemanapun. 

Sebagai sebuah skutik harian, tentunya fitur kepraktisan akan sangat dibutuhkan. Nex Crossover 2021 ditunjang ruang penyimpanan dual inner pocket yang besar di bagian kompartemen depan, serta floorboard yang luas agar berkendara tidak cepat lelah.

Yamaha X-Ride 2021 Mesin Lebih Besar, Penampilan Lebih Kalem

Tidak seperti generasi pertama, penampilan ala Yamaha X-Ride generasi kedua jadi lebih kalem. Namun, kesan adventure masih tetap terlihat pada sosok skutik besutan kubu garputala ini. 

Tampilan All New X-Ride 125 dilengkapi flat seat ala motor trail, dengan naked handle bar dan modern head light. Jok motor memberikan kenyamanan karena busanya yang tebal. Pencahayaan LED headlight disempurnakan Day Running Light (DRL) menjadikannya lebih terang dan tahan lama.

Ketangguhan All New X-Ride 125 didukung dengan ban lebar dan tubeless depan (80/80-14M/C 43P Tubeless) dan belakang (100/70-14M/C 51P Tubeless). Suspensi dilengkapi sub-tank rear suspension membuatnya makin stabil. 

Yamaha menjual X-Ride 2021 seharga Rp. 18.690.000 untuk wilayah DKI Jakarta. Lantas bagaimana soal performa skutik petualang Yamaha ini? 

Berdasarkan data spesifikasi resmi, Yamaha X-Ride didukung mesin 125 cc yang menghasilkan tenaga 9,4 hp/8.000 rpm dengan torsi 9,6 Nm/5.500 rpm. 

Bila dibandingkan dengan Suzuki Nex Crossover, selisih tenaganya cuma 0,3 hp sedangkan torsinya menang X-Ride. Sebab Suzuki torsinya cuma 8,5 Nm sedangkan X-Ride mencapai 9,6 Nm sehingga lebih sanggup untuk melewati jalanan semi off road atau jalan berbatu khas pedesaan dengan lebih baik. 

Kesimpulan

Suzuki mencoba peruntungannya di segmen skutik dengan merilis Nex Crossover sebagai varian baru keluarga Suzuki Nex. Padahal, segmen skutik adventure ini sudah terdapat Yamaha X-Ride. 

Secara desain, Nex Crossover terlihat lebih agresif dengan sudut tegas. Untuk X-Ride 125 kini malah lebih kalem terutama pada desain lampu belakang. Desainnya seperti segitiga merah dengan reflektor cembung. 

Selisih harga antara keduanya juga tidak jauh, namun Yamaha memberikan fitur yang lebih lengkap. Sebut saja suspensi belakang sub-tank dan headlamp LED. Torsinya juga lebih besar sehingga Yamaha X-Ride lebih mampu diajak berpetualang. 

Dalam hal ini, Suzuki tetap mengandalkan sisi durabilitas produk yang sudah terkenal sejak lama. Mungkin, pabrikan berlogo S ini memang harus meningkatkan aspek lain seperti performa mesin dan kemudahan layanan purna jual supaya bisa lebih memikat. 
 

Komentar

Mobil Terbaru