window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Rp10 Jutaan Lebih Murah, New Sigra Tipe R MT Bisa Menang Banyak Dari Calya G MT?

Yongki Sanjaya · 8 Jul, 2022 14:30

Harga Rp10 Jutaan Lebih Murah, New Sigra Tipe R MT Bisa Menang Banyak Dari Calya G MT? 01

PT Astra Daihatsu Motor beberapa waktu lalu merilis New Sigra, yang tahun 2022 ini datang dengan beberapa pembaharuan. Mobil LCGC MPV berkapasitas 7 penumpang ini hadir dengan beberapa aksen baru di interior dan eksterior yang fresh. 

Kali ini, kita akan membandingkan seberapa banyak upgrade di Toyota Sigra tipe R MT bila dibandingkan dengan Toyota Calya tipe G MT. Membandingkan soal harga, Sigra R AT dijual Rp156.200.000 sedangkan Calya tipe G MT lebih mahal yaitu Rp166.700.000.

Sebagaimana kita ketahui, Toyota Calya ini juga diproduksi dengan platform sama seperti Daihatsu Sigra dan juga diproduksi di pabrik Daihatsu. Dengan selisih Rp10,5juta, New Daihatsu Sigra Tipe R MT ini sudah terlihat unggul dari sisi spesifikasi, karena memakai matic. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Rupanya bukan itu saja yang membuat Sigra jadi lebih menarik dipilih daripada Calya. Berikut ini perbandingan antara keduanya. 

New Daihatsu Sigra R MT 2022, Paket Lengkap MPV Entry Level

Harga Rp10 Jutaan Lebih Murah, New Sigra Tipe R MT Bisa Menang Banyak Dari Calya G MT? 01

Dengan harga Rp150 jutaan, Sigra R ini menjadi tipe atas dengan fitur yang lengkap. Tak heran bila Sigra tipe R manual ini menjadi yang terlaris, hingga 40 persen dari total penjualan Sigra di Indonesia. 

Untuk penyegaran kali ini sifatnya hanya minor change setelah terakhir kali Sigra mendapat rombakan besar pada 2019 lalu berupa rombak muka alias facelift.

Pada sisi eksterior, gril depan yang kini berornamen black glossy diimbuhi lis chrome yang tipis. Kemudian, lampu depannya juga dihiasi dengan aksen gelap (smoked) yang makin menguatkan kesan sporty.

Harga Rp10 Jutaan Lebih Murah, New Sigra Tipe R MT Bisa Menang Banyak Dari Calya G MT? 02

Untuk lis chrome di pintu samping serta pintu belakang juga dihilangkan pada Sigra terbaru ini. Pembaharuan juga terdapat di desain velg dual tone baru serta penggunaan antena sirip hiu. Perbedaan antara R biasa dan R Deluxe ialah aksen krom dan stiker body. 

Adapun interiornya hanya berubah aksen warna jadi serba hitam. Mulai dari dashboardnya hingga plafon New Sigra beraksen gelap. Kursinya juga beraksen hitam dengan motif titik merah.

Spesifikasi Daihatsu Sigra R MT Belum Berubah

Harga Rp10 Jutaan Lebih Murah, New Sigra Tipe R MT Bisa Menang Banyak Dari Calya G MT? 03

Karena ubahannya hanya bersifat kosmetik maka spesifikasi mesin dan hal teknis lainnya tetap dipertahankan. Performa mesin berkapasitas 1.200 cc, 4 silinder dengan teknologi dual VVT-I bisa dibilang biasa saja. 

Mesin berkode 3NR-VE ini tak terlalu memiliki performa yang luar biasa, karena hanya memuntahkan tenaga 87.8 PS dan torsi 107.6 Nm. Untuk tipe R MT ini opsi transmisi yang digunakan yaitu manual 5-percepatan. 

Daihatsu juga melengkapi Sigra dengan sensor parkir di bumper depan dan belakang. Fitur ini bahkan bisa diaktifkan atau dimatikan sesuai keinginan pengemudi.

Bicara fitur keselamatan, Sigra R ini 3-point seatbelt di seluruh bangku bersama Dual SRS Airbags di depan dan ISOFIX di bangku tengah, rem dilengkapi Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD), GOA Body (Global Outstanding Assessment). 

Manuver parkir didukung oleh fitur rear parking camera yang akan memberikan real time image ke head unit 2 DIN dengan layar sentuh, sebagai kelengkapan standar di dalam kabin.

Toyota Calya 1.2 G MT, Mahal Apakah Lebih Baik?

Harga Rp10 Jutaan Lebih Murah, New Sigra Tipe R MT Bisa Menang Banyak Dari Calya G MT? 04

Dengan peluncuran yang bersamaan, Toyota Calya kini mengadopsi New Front Mid Grille Design dengan aksen geometris dan berlapis chrome, yang diperkuat oleh New Smoked LED mendapat penyegaran pada New Designed 14 Inch Alloy Two Tone Machining berlabur chrome dan New Shark Fin Antenna menemani Retractable Outer Mirror.

Masuk ke dalam mobil, atmosfer nyaman dan tenang disajikan oleh New Two-tone Brown & Black with New Black Headlining di sekujur interior. Aksen New Two-tone Brown & Black with New Stitch Design pada seluruh jok mobil mempercantik interior Calya.

Harga Rp10 Jutaan Lebih Murah, New Sigra Tipe R MT Bisa Menang Banyak Dari Calya G MT? 05

Dukungan fitur Smartphone Mirroring Connection (G Type), memberikan kemudahan pairing ke gadget untuk mengakses fitur entertainment dan menambah kental nuansa modern di dalam.

Meskipun masuk ke dalam segmen kendaraan pemula, fitur safety New Calya begitu lengkap dan melindungi penumpang. Seluruh tipe New Calya dilengkapi dengan 3-point seatbelt di seluruh bangku bersama Dual SRS Airbags di depan dan ISOFIX di bangku tengah, rem dilengkapi Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD), GOA Body (Global Outstanding Assessment) sebagai proteksi pada rangka mobil dari tabrakan di bagian depan, belakang, dan sisi mobil. 

Semakin aman, G Type ditambah dengan Parking Camera serta Rear Parking Sensor untuk meningkatkan visibilitas ke belakang ketika mundur. Fitur keselamatannya pun sama seperti yang dimiliki oleh Sigra R MT. Hal yang membedakan ialah Calya tidak memiliki fitur front parking sensor layaknya Sigra. Ini membuat jagoan Daihatsu ini menang banyak dari berbagai aspek.

Kesimpulan

Walau menyandang merek Toyota, ternyata Calya G MT ini cuma menang nama dan harga jual semata. Kelengkapan fitur masih kalah komplit bila dibandingkan dengan Sigra R MT. Tak heran bila Sigra kini menjadi model terlaris Daihatsu dengan tipe R MT menyumbang penjualan terbanyak. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil