window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Rp270 Jutaan, Beli Toyota Raize Baru Menang Banyak Dari Fortuner Bekas?

Yongki Sanjaya · 24 Feb, 2022 16:30

Harga Rp270 Jutaan, Beli Toyota Raize Baru Menang Banyak Dari Fortuner Bekas? 01


Segmen SUV kini semakin naik daun tak cuma di global tapi juga di pasar otomotif domestik Indonesia. Masyarakat kini semakin banyak yang memilih mobil jenis SUV untuk kendaraan harian. Dengan budget di bawah Rp300 juta misalnya, kita disuguhi pilihan antara Toyota Raize baru atau Toyota Fortuner bekas.

Mungkin pilihannya tidak sepadan karena Fortuner adalah medium SUV sedangkan Toyota Raize masuk kategori small SUV. Kita akan membandingkan karena kisaran harganya yang mirip, sehingga bisa memberikan beberapa sudut pandang kondisi unit yang berbeda di budget segitu.

Adapun Toyota Raize 1.0 Turbo ini dijual mulai dari Rp273.350.000 untuk tipe CVT single tone. Sementara itu, di kisaran harga yang sama, kita bisa membeli Toyota Fortuner bekas keluaran 2014. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Untuk Fortuner ini masuk generasi pertama pada facelift kedua. Tampilannya gagah dan terdapat opsi TRD Sportivo yang dipercantik pada bagian grill dan front underguard. Fortuner generasi pertama mengadopsi Floating Rear Roof Spoiler yang membuat tampilan depan mobil. 
Lantas, mending beli Fortuner bekas atau Toyota Raize baru? Mari kita bandingkan kedua model tersebut. 

Toyota Fortuner Bekas 2014, Tangguh di Segala Kondisi Jalan

Harga Rp270 Jutaan, Beli Toyota Raize Baru Menang Banyak Dari Fortuner Bekas? 01

Toyota Fortuner tahun 2014 ini pun sangat cocok buat yang mau upgrade mobil ke medium SUV. Untuk ukuran mobil, memang sudah cukup berumur akan tetapi untuk desainnya masih cukup menarik dan tidak ketinggalan zaman. Penampilannya gagah dan sporty dengan air scoop pada kap mesin. 

Air scoop tersebut digunakan untuk suplai udara intercoolernya yang berada di bagian atas. Kemewahan juga terpancar di bagian ini dengan penggunaan grille beraksen krom. Untuk mendukung kemampuan berkendara di segala medan, Fortuner mengandalkan pelek dengan ukuran 17 inci warna silver dipadukan dengan penggunaan ban ukuran 265/65 R17.

Harga Rp270 Jutaan, Beli Toyota Raize Baru Menang Banyak Dari Fortuner Bekas? 02

Sisi buritan Fortuner juga tak kalah menarik karena garnish yang cukup beragam. Pada bagian atas plat nomor terpasang garnish chrome bertuliskan Fortuner dan pada bagian atas terdapat spoiler yang sudah dibekali dengan high mount stop lamp. 

Untuk opsi bermesin diesel terdapat tulisan VNT Turbo. Kemudian pada sisi bumper ini terdapat reflektor dan juga sensor parkir 4 titik. 

Interior Toyota Fortuner 2014, Lebih Berkelas

Harga Rp270 Jutaan, Beli Toyota Raize Baru Menang Banyak Dari Fortuner Bekas? 03

Karena segmentasi Fortuner ini masuk kategori medium SUV maka interiornya memiliki berbagai fitur berkelas. Setirnya sudah dilapisi dengan bahan material kulit dipadukan dengan desain wood panel menggunakan aksen ebony alias warna hitam. Hanya saja, pengaturan setirnya hanya tilt dan belum telescopic.

Bagian dashboard tampak premium dengan perpaduan bahan material hard plastik yang dipercantik wood panel ebony dan garnish chrome di sekitar head unit.  Adapun fitur  hiburan menggunakan head unit double DIN yang bisa digunakan untuk input CD, radio, AUX dan USB.

Harga Rp270 Jutaan, Beli Toyota Raize Baru Menang Banyak Dari Fortuner Bekas? 04

Informasi berkendara didukung MID digital yang dapat menunjukkan odometer. Pada bagian AC menggunakan Auto climate dengan kelengkapan arah semburan.

Bagaimana soal performa Fortuner generasi pertama ini?

Performa Toyota Fortuner 2014, Mesin Dieselnya Jadi Andalan

Harga Rp270 Jutaan, Beli Toyota Raize Baru Menang Banyak Dari Fortuner Bekas? 05

Bila membahas Fortuner generasi pertama batch akhir, sudah pakai mesin diesel terbaru dari Toyota. Untuk varian mesin diesel menggunakan mesin 2.4 VNT dengan kapasitas silinder sebesar 2.400 cc, yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 150 PS dan torsi maksimal sebesar 400,1 Nm. 

Untuk varian mesin bensin, Fortuner menggunakan mesin 2.7 L VVTi dengan silinder 2700 cc yang bisa menghasilkan tenaga 163 PS. Sedangkan untuk torsi maksimal yang dihasilkan sebesar 242.2 Nm.  

Toyota Raize 1.0 Turbo, Small SUV Stylish Spesialis Perkotaan

Harga Rp270 Jutaan, Beli Toyota Raize Baru Menang Banyak Dari Fortuner Bekas? 06

Bila kalian ingin membeli unit baru, maka Raize 1.0 Turbo CVT single tone bisa jadi pilihan. Tidak seperti Fortuner yang punya kemampuan jelajah di medan off road yang mumpuni, Raize ini sejatinya hanya mobil spesialis perkotaan. Meskipun masuk dalam kategori SUV, tapi kemampuannya hanya sebatas melewati jalan gravel berbatu di pedesaan.

Dengan ground clearance 200 mm, jelas cukup tinggi bila dibandingkan city car atau hatchback. Ketinggian dek Raize dari permukaan tanah ini bahkan setara dengan Avanza generasi kedua. Desainnya membuat pengguna Raize bisa tetap percaya diri bila melibas permukaan gravel khas jalan pedesaan. 

Desain Raize yang sporty dan agresif cocok bila menyasar pengguna dari usia muda. Grill berbentuk trapezoidal melebar ke bawah sampai menyatu area lampu kabut jadi aksen yang stylish. TAM juga merilis varian Gazoo Racing di Raize dengan tambahan body kit dan aero kit yang dilekatkan pada sektor eksterior untuk mengentalkan aura agresifnya.

Harga Rp270 Jutaan, Beli Toyota Raize Baru Menang Banyak Dari Fortuner Bekas? 07

Interiornya juga tak kalah stylish dengan beragam fitur kekinian. Mulai dari panel instrumen full digital memakai layar LCD yang menampilkan informasi berkendara cukup lengkap, hingga head unit 2DIN dengan layar touch screen bergaya floating. 

Bila melihat harga yang ditawarkan, Raize ini seolah jadi paket komplit untuk sebuah mobil 5-seater. Raize masuk dalam golongan SUV (Sport Utility Vehicle) bertubuh compact. 

fitur standar seperti ABS dan EBD, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Immobilizer, sampai rear camera juga sudah jadi kelengkapan di semua tipe varian Toyota Raize.

Performa Mesin 3 Silinder di Toyota Raize, Ideal Untuk Cruising

Harga Rp270 Jutaan, Beli Toyota Raize Baru Menang Banyak Dari Fortuner Bekas? 08

Mesin 3 silinder yang dimiliki Raize sebenarnya kurang responsif apabila kita butuh torsi awal yang cukup instan di medan off road ringan. Kondisi serupa juga terjadi saat akselerasi di kepadatan lalu lintas perkotaan karena ada turbo lag. Namun dalam kondisi lain, performa Raize ini cukup impresif bila kita gunakan saat berkendara di trek panjang seperti jalan tol. 

Secara Spesifikasi Raize dibekali mesin bensin 998 cc 3 silinder turbo dengan kode 1KR-VET Mesinnya mampu menorehkan tenaga 97,8 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 149 Nm di 2.400-4.000 rpm.  

Kesimpulan

Toyota Fortuner memiliki berbagai aspek yang kita perlukan untuk berkendara dalam berbagai kondisi. Mulai dari tampilan yang gagah serta kemudahan dalam berakselerasi. Torsinya juga galak dan sangat bermanfaat bila melalui jalan pegunungan atau medan off road. 

Apabila dibandingkan dengan Raize, maka Fortuner bisa dibilang lebih serba bisa. Dengan perbedaan harga yang tidak terlalu jauh, kamu mungkin bisa mendapatkan fitur yang lebih baik dan lebih nyaman pada sosok Fortuner. 

Untuk kamu yang ingin beli Raize juga jangan berkecil hati karena mobil ini ukurannya mungil sehingga lincah saat bermanuver dan tak kalah fun to drive untuk berkendara di jalan tol. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil