Harga Sama, Toyota Calya Lebih Baik Daripada Toyota Transmover?

Enda · 20 Mei, 2021 16:00

Harga Sama,  Toyota Calya Lebih Baik Daripada Toyota Transmover? 01

Toyota Transmover vs Toyota Calya

Toyota Calya merupakan mobil 7-seater termurah yang dimiliki PT Toyota Astra Motor saat ini. Bicara mengenai harga barunya, mobil yang masuk dalam segmen LCGC ini dibandrol Rp146.1 juta sampai dengan Rp167.4 juta.

Selama April 2021, menurut data yang diperoleh dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) berdasarkan penjualan secara wholesales (pabrik ke dealer), diketahui Calya berhasil terjual sebanyak 3.903 unit. Hal ini membuat mobil mungil 7-seater andalan Toyota ini mampu menempati posisi kedua sebagai kendaraan terlaris di bawah saudara kembarnya.

Bila melihat pada varian teratasnya, yakni G A/T yang ditawarkan Rp167.4 juta, sebenarnya terdapat pilihan lain jika bicara mobil keluarga 7-seater terjangkau, yaitu Toyota Transmover. Varian paling basic dari Toyota Avanza ini untuk saat ini dibandrol dengan harga yang sepadan dengan tipe teratas Toyota Calya.

“Toyota Transmover yang awalnya dijual ke perusahaan, sekarang bisa dibeli secara retail atau satuan ke masyarakat umum. NIK 2020 dengan harga baru yang tadinya Rp180 jutaan, sekarang menjadi Rp160 jutaan OTR Jakarta. Informasi aja, Transmover cuma dijual di dealer Auto2000,” ujar salah satu pramuniaga Auto2000 Tebet Saharjo, Jakarta Selatan.

Bingung antara pilih Toyota Calya atau Toyota Transmover sebagai mobil keluarga? Sebaiknya simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Dibandrol Cuma Rp160 Jutaan, Ini Perbedaan Toyota Transmover dengan Toyota Avanza E

Dimensi Toyota Transmover Lebih Besar dari Toyota Calya

Harga Sama,  Toyota Calya Lebih Baik Daripada Toyota Transmover? 02

Tampilan samping Toyota Calya

Mengetahui ukuran dimensi yang dimiliki, Toyota Transmover memiliki panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.695 mm. Bila dibandingkan dengan Toyota Calya, sudah jelas bahwa Transmover punya tubuh yang jauh lebih besar. Melihat spesifikasi data yang dimiliki, Calya mempunyai panjang 4.070 mm, lebar 1.650 mm dan tinggi 1.600 mm.

Dengan dimensi yang lebih besar, Toyota Transmover akan terasa lebih nyaman ketika dibawa berpergian bersama keluarga tercinta. Mengingat kabinya terasa lebih luas dan mampu dimuati barang dengan kapasitas lebih banyak.

Toyota Transmover Dibekali Mesin Lebih Besar Dibandingkan Toyota Calya

Harga Sama,  Toyota Calya Lebih Baik Daripada Toyota Transmover? 03

Mesin 1.329 cc 1 NR-VE yang digunakan Toyota Transmover

Melihat jantung pacu yang digunakan Toyota Transmover, mobil ini berhasil dibenamkan mesin yang sama persis dengan Toyota Avanza. Dimana mesin berkodekan 1 NR-VE 4-silinder segaris, 16 Valve DOHC Dual VVT-i berkubikasi 1.329 cc ini mampu merilis tenaga hingga 96.5 PS @6.000 rpm serta torsi mencapai 120 Nm @4.200 rpm.

Mesin yang digunakan pada mobil ini diketahui memiliki tingkat durabilitas serta angka konsumsi bahan bakar yang terbilang baik. Namun begitu, tarikan awalnya kerap kali dikeluhkan karena cenderung lebih lemot dari mesin sebelumnya.

Hal ini dilakukan tentunya bukan tanpa alasan. Toyota sendiri melakukan hal tersebut tentunya demi mendapatkan angka konsumsi BBM yang lebih efisien.

Seperti yang diketahui, Toyota Transmover sendiri mampu mencatat angka konsumsi BBM 12 km/liter untuk penggunaan dalam kota. Sedangkan ketika mobil diajak berpergian ke luar kota dalam kecepatan yang konstan, Transmover dapat memperoleh angka penggunaan bahan bakar mencapai 14 km/liter.

Harga Sama,  Toyota Calya Lebih Baik Daripada Toyota Transmover? 04

Mesin 3NR-VE 1.197 cc yang digunakan Toyota Calya

Mengenai Toyota Calya, mobil ini memperoleh mesin berkodekan 3NR-VE berkubikasi 1.197 cc yang mana menurut data di atas kertas, mampu melecutkan tenaga hingga 88 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 107 Nm @4.200 rpm.

Toyota Calya sudah dilengkapi dengan fitur Eco Driving yang bisa memberikan tingkat konsumsi bahan bakar lebih irit lagi. Ketika pengetesan dilakukan dalam kecepatan yang konstan, LCGC 7-seater garapan PT Toyota Astra Motor ini mampu mencatat angka 19.3 km/liter ketika melaju di jalan bebas hambatan.

Berbeda ketika digunakan di dalam kota yang notabennya sering kali melakukan stop and go, konsumsi mobil ini mencapai angka 15 km/liter.

Baca juga: 7-seater Termurah Selain Sigra, Pilih Toyota Calya 2021 Manual atau Matik?

Toyota Calya Lebih Pantas Digunakan di Perkotaan

Harga Sama,  Toyota Calya Lebih Baik Daripada Toyota Transmover? 05

Toyota Calya lebih tepai digunakan di perkotaan

Menggunakan mesin yang diletakan secara Front engine Front wheel drive layout (FF), Toyota Calya mengandalkan roda depan sebagai penggerak utamanya. Pada umumnya, kendaraan berpenggerak jenis ini lebih cocok digunakan diperkotaan yang notabene memiliki permukaan aspal lebih halus dan rata.

Berbeda dengan Toyota Transmover yang menggunakan sistem penggerak roda belakang, Rear-Wheel Drive (RWD) dengan struktur mesin Front engine, rear-wheel drive (FR) yang ditanamkan secara longitudinal, mobil ini lebih cocok digunakan di jalur berkontur dengan medan yang naik dan turun seperti di pedesaan.

Di sisi lain, berkendara menggunakan Toyota Calya juga dianggap lebih nyaman dan tidak mudah lelah. Hal ini terjadi lantaran pada varian teratasnya menawarkan transmisi otomatis 4-percepatan.

Menaikan gigi dan menurunkan gigi secara otomatisnya juga terbilang lebih halus dengan jeda yang sedikit. Selain itu, tingkat responsif transmisi otomatis mobil ini juga bisa dibilang cukup baik.

Harga Sama,  Toyota Calya Lebih Baik Daripada Toyota Transmover? 06

Tampilan depan Toyota Transmover

Berbeda dengan Toyota Transmover yang hanya disediakan satu pilihan transmisi saja, yaitu manual 5-percepatan. Selain mudah dalam perawatan, transmisi manual dipilih untuk mobil ini karena pada dasarnya Transmover dilahirkan untuk bekerja lebih keras.

Fitur Keselamatan Toyota Calya Lebih Lengkap Dari Toyota Transmover

Harga Sama,  Toyota Calya Lebih Baik Daripada Toyota Transmover? 07

Tampilan dalam Toyota Transmover

Mengenai fitur keselamatan yang ada pada Toyota Transmover, mobil ini behasil disematkan Dual Airbags, ISOFIX, 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam, dan Front Passenger Seat belt Warning.

Bila dibandingkan dengan Toyota Calya, mobil ini kalah menyoal fitur keselamatan.

Harga Sama,  Toyota Calya Lebih Baik Daripada Toyota Transmover? 08

Tampilan dalam Toyota Calya

Dibandrol dengan harga yang relatif terjangkau dan bisa menampung muatan cukup banyak, Toyota Calya juga dilengkapi fitur keselamatan yang baik.

Dimana mobil ini berhasil disematkan ABS dengan EBD, Immobilizer, dual SRS airbag, seatbelt 3 titik, ISOFIX, anti theft dari Toyota dan sensor parkir mundur.

Kesimpulan

Mobil keluarga murah dengan harga terjangkau di angka Rp160 jutaan, untuk saat ini terdapat dua pilihan menarik, yaitu Toyota Calya dan Toyota Transmover.

Jika kalian sebagian besar melakukan aktifitas sehari-hari di kota besar, kami sarankan untuk memilih Toyota Calya sebagai mobil keluarga yang terjangkau. Selain terbilang cukup proper untuk menembus kemacetan di kota-kota besar, pada varian teratasnya ditawarkan transmisi otomatis yang memberikan kenyaman berkendara.

Tidak hanya itu, konsumsi BBM serta fitur keselamatan yang diperoleh mobil ini juga lebih baik dari Toyota Transmover. Berbeda jika kalian lebih mementingkan dimensi dan keandalaan dalam setiap menakhlukan medan berkontur, menjatuhkan hati pada Toyota Transmover bisa jadi pilihan yang tepat.

Baca juga: Selain Toyota Avanza, Ini Pilihan Mobil Lainnya yang Cocok Buat Usaha Rental

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Calya E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru