window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Sama, Mana Lebih Mewah Antara Honda Odyssey atau Hyundai Staria?

Enda · 2 Sep, 2021 09:00

Harga Sama, Mana Lebih Mewah Antara Honda Odyssey atau Hyundai Staria? 01

Honda Odyssey dan Hyundai Staria Signature 9 sama-sama dibandrol Rp888 juta OTR Jakarta

Seperti yang diinformasikan sebelumnya, Hyundai Staria masuk dalam kategori Multi Purpose Vehicle (MPV) premium. Di segmen ini, line up terbaru Hyundai tersebut akan berhadapan langsung dengan Honda Odyssey yang mana generasi teranyarnya telah lebih dulu diluncurkan pada Februari 2021.

Baik Honda Odyssey maupun Hyundai Staria, saat ini memiliki harga baru yang mirip. Mengetahui harga barunya saat ini, keduanya sama-sama ditawarkan Rp888 juta on the road Jakarta untuk New Honda Odyssey 2.4L dan Hyundai Staria Signature 9.

Dari keduanya, kira-kira mana yang lebih mewah? Daripada penasaran, simak terus ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Honda Odyssey 2022 Siap Comeback, Dimensi Lebih Besar Pakai Mesin Lebih Irit BBM

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tampilan Hyundai Staria Lebih Memukau Dibandingkan Honda Odyssey?

Harga Sama, Mana Lebih Mewah Antara Honda Odyssey atau Hyundai Staria? 01

Tampilan depan Honda Odyssey

Honda Odyssey merupakan sebuah mobil premium yang memiliki keunggulan bukan hanya dari sisi kenyamanan untuk penumpang, tetapi juga tampilannya yang mewah dan menawan.

Melihat bagian wajahnya, MPV premium Honda ini terlihat dinamis dengan tambahan New Front Grille berukuran besar dengan aksen krom serta bumper baru yang memberikan kesan mewah namun tetap sporty.

Pada sistem pencahayaanya tersebut sudah menganut New Full LED Headlight, LED Fog Light, serta New LED Sequential Turning Signal. Menengok bagian sampingnya, Honda Odyssey terbaru kini memiliki guratan garis yang terlihat begitu berkarakter serta dipadukannya velg berukuran 17 inchi dengan desain baru.

Baca juga: Fakta Daihatsu Zebra Espass, Mobil Bersosok Futuristik Pada Jamannya, Mirip Hyundai Staria

Sementara bagian belakangnya, terdapat berbagai perubahan dengan New Full LED Tail light, New LED Sequential Turning Signal (Rear), serta New Tailgate Garnish yang meningkatkan kesan mewah pada mobil ini.

Honda Odyssey punya penampilan yang pipih, terlihat seperti mobil estate. Sebagai MPV premium , Hyundai Staria memiliki bentuk yang bisa dikatakan cukup memukau.

Seperti yang bisa kalian lihat, mobil ini menampilkan siluet futuristik, kesan yang bersih, ramping, dan menyerupai pesawat luar angkasa dengan menganut gaya desain 'inside-out'. 

Harga Sama, Mana Lebih Mewah Antara Honda Odyssey atau Hyundai Staria? 02

Tampilan luar Hyundai Staria

Menilik bagian fascianya, Staria berhasil tersematkan grill dengan tampilan yang berani dan eksklusif. Hal ini diperkuat dengan LED Daytime Running Lights (DRL) horizontal dan positioning lamps yang diletakan tepat di bawah bonnet dengan model pipih yang seolah terhubung dikedua sisinya.

Sedangkan lampu utama LED projector berbentuk atraktif terletak dibawahnya menyatu dengan bumper. Bergeser ke bagian samping, untuk dapat memberikan kesan mewah, mobil ini mendapat jendela model panoramic yang sangat lebar sekaligus menyuguhkan tingkat visibilitas yang lebih leluasa.

Pada lingkar rodanya, Hyundai Staria terlihat begitu dinamis dengan menganut model diamond cut dengan diameter 18 berkelir two-tone bernuansa Dark Chrome dan Tinted Brass Chrome. Kesan serupa juga kalian dapat rasakan pada grill depan, rangka lampu depan, cover spion luar, emblem, dan gagang pintu. Bergeser ke bagian buritan, mobil ini juga berhasil dikelilingi lampu LED dengan bentuk vertikal memanjang yang terlihat begitu modern.

Dengan Penampilan Boxy, Dimensi Hyundai Staria Apakah Lebih Unggul? 

Secara dimensi, Hyundai Staria lebih unggul dari Honda Odyssey. Hal ini dikarenakan Staria diciptakan dengan desain yang panjang. Berikut perbandingan dimensi keduanya.

Perbandingan Dimensi Honda Odyssey Vs Hyundai Staria
Keterangan Honda Odyssey Hyundai Staria
Panjang 4.845 mm 5.253 mm
Lebar 1.820 mm 1.997 mm
Tinggi 1.710 mm 1.990 mm

Benarkah Honda Odyssey Lebih Nyaman dari Hyundai Staria?

Harga Sama, Mana Lebih Mewah Antara Honda Odyssey atau Hyundai Staria? 03

Interior Honda Odyssey bernuansa premium

Menganut tagline “Amplified Confidence”, New Honda Odyssey mendapatkan tingkat kenyamanan dan keamanan yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Mobil keluarga dengan penampilan mewah ini berhasil disematkan Premium Cradle Seat + Ottoman pertama di dunia dan baris kedua Row Slide terpanjang di kelasnya.

Kesan mewah pun semakin terlihat pada baris kedua yang dilengkapi dengan New Row LED Ambient Lamp untuk memberikan tambahan penerangan pada malam hari. Tidak hanya itu, Power Sunroof, Side Sunshade, serta Rear Auto A/C with Smart Touch pada bagian kabinnya yang sekaligus memperkuat kenyamanan dari mobil ini.

Sementara pada kursi baris ketiganya dapat dilipat untuk menambah ruang penyimpanan dengan fitur 3-Steps Reclining Magical Storage.

Demi menunjang segala aktifitas pengendara maupun penumpang didalamnya, Honda Odyssey kini telah memperoleh teknologi canggih seperti One Push Ignition System, Paddle Shift, Hands-Free Telephone Switch, Tri-Zone Auto A/C with Smart Touch yang dilengkapi dengan display 7-inch Interactive Thin Film Transistor (TFT) Meter Cluster yang menampilkan berbagai informasi penting saat berkendara.

Harga Sama, Mana Lebih Mewah Antara Honda Odyssey atau Hyundai Staria? 04

Nuansa kabin Honda Odyssey 

Menengok daripada fitur hiburannya, Honda Odyssey dilengkapi dengan New 8” Advanced Touchscreen Display dengan NAVI Built-in System, Hands-Free Telephone Vehicle Setting, Bluetooth & Wi-Fi Connection, Smartphone Connection untuk Audio dan Video. Untuk menambah utilitas di dalam kabin, New Honda Odyssey juga telah dilengkapi dengan New Auto Dimming Rear View Window, New Instrumental Panel Upper Box, New Driver Side Retractable Cup Holder, New All Auto Up/Down Power Window.

Ketika sedang repot membawa barang, kalian akan merasa terbantu dengan adanya New Hands-Free Access Power Tailgate. Ini merupakan fitur terbaru yang ada di New Honda Odyssey.

Dengan begitu, membuka pintu bagasi tidak harus repot. Pengguna cukup menggoyangkan kaki di bawah bumper belakang untuk membuka dan menutup pintu bagasi secara otomatis.

Harga Sama, Mana Lebih Mewah Antara Honda Odyssey atau Hyundai Staria? 05

Tampilan dashboard Hyundai Staria

Seperti yang diketahui, Interior Hyundai Staria Signature 9 mengusung konsep multi ruang terbuka untuk pengoperasian yang prima bagi pengemudi serta komposisi ruang serbaguna bagi penumpang dengan nuansa layaknya sebuah premium lounge.

Di sisi kursi pengemudi bahkan memiliki tampilan dengan sentuhan mewah seperti TFT LCD Instrument Cluster model floating berukuran 10,25 inci, layar sentuh 8 inci dengan Radio AM/FM, streaming audio Bluetooth, layar sentuh fasia tengah, dan tombol transmisi Shift- by-Wire. 

Pada sistem smart infotainment-nya dilengkapi kamera wide-angle sehingga memungkinkan pengemudi dan penumpang depan untuk melihat penumpang pada kursi belakang melalui tampilan layar. Selain itu daripada fitur ini juga terdapat speaker BOSE untuk menghasilkan kualitas suara secara maksimal.

Sistem smart infotainment yang ada di mobil ini juga memungkinkan pengemudi dan penumpang depan untuk berkomunikasi dengan penumpang belakang menggunakan fungsi unik dari speaker yang memungkinkan semua penumpang untuk mendengar satu sama lain dengan jelas.

Untuk mengedepankan nuansa premium dan personalisasi dari penggunanya, mobil ini menawarkan ambient mood lights yang memberikan suasana interior yang menarik dan nyaman. Pada baris kedanya dilengkapi Dual Sunroof dengan fitur tilting & slide serta tirai yang dapat dibuka dan ditutup secara manual di kursi baris kedua dan ketiga untuk privasi penumpang.

Agar lebih ergonomis, para pengemudi maupun penumpang memiliki akses ke konsol tengah yang dilengkapi dengan cup holder, port USB, dan ruang penyimpanan tambahan.

Harga Sama, Mana Lebih Mewah Antara Honda Odyssey atau Hyundai Staria? 06

Jok Hyundai Staria Signature 9 bisa diputar 180 derajat

Perlu kalian ketahui, Hyundai Signature 9 disematkan kursi dengan Swiveling Independent Seat dimana baris kedua dapat diputar 180 derajat untuk dapat berhadapan dengan penumpang di baris ketiga.

Keluarga juga akan merasa nyaman dengan kursi putar ini karena penumpang yang menghadap ke belakang akan memiliki akses mudah ke kursi di baris ketiga atau mudah disesuaikan dengan kebutuhan pemasangan kursi untuk anak-anak.

Oh iya, udara segar tentunya akan selalu dapat dirasakan pada mobil ini. Mengingat Staria sudah diaplikasikan sistem kontrol udara yang canggih untuk mengontrol sirkulasi udara dengan mudah melalui filter di HVAC pada bagian belakang kendaraan. Pada Hyundai Staria Signature 9, memiliki 6 buah ventilasi.

Fitur Keselamatan Honda Odyssey dan Hyundai Staria Signature 9 Sama-sama Juara

Harga Sama, Mana Lebih Mewah Antara Honda Odyssey atau Hyundai Staria? 07

Fitur keselamatan Honda SENSING disematkan pada Honda Odyssey terbaru

Bicara fitur keselamatan New Honda Odyssey, mobil ini berhasil diaplikasikan fitur keselamatan modern yang diberinama Honda SENSING.

Honda SENSING yang ada di MPV premium Honda ini meliputi Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM) dan Adaptive Cruise Control (ACC).

Tidak hanya Honda SENSING, mobil ini juga dilengkapi fitur keselamatan seperti rangka G-CON + ACE,sistem pengereman ABS + EBD + BA, Brake Override System, Motion Adaptive EPS & VSA, Hill Start Assist (HSA), dan Emergency Stop Signal (ESS).

Sama seperti Odyssey, Hyundai Staria memiliki fitur keselamatan pintar berupa Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang dapat diandalkan untuk memberikan peringatan kepada pengguna dan membantu mengambil tindakan pencegahan dalam situasi tabrakan.

Teknologi keselamatan terkini ini terntunya dapat membantu membuat perjalanan lebih aman dan juga mendukung pengemudi untuk mengidentifikasi potensi bahaya, dan membantu mengurangi risiko kecelakaan.

Harga Sama, Mana Lebih Mewah Antara Honda Odyssey atau Hyundai Staria? 08

Fitur keselamatan ADAS Hyundai Staria

Fitur keselamatan ADAS yang ada di Staria diantaranya; Foward Collision Avoidance Assist, Lane Keeping Assist, Lane Following Assist, Blind Spot Collision Avoidance Assist, Rear Cross Traffic Assist, Blind Spot View Mirror, Multi Collision Brake, dan Manual Speed Limit Assist.

Agar memberikan perlindungan terhadap penumpang di baris kedua hingga paling belakang, ketika ingin membuka pintu disaat berjalan, dapat dicegah dengan Safe Exit Assist (SEA). Selain itu juga terdapat Rear Occupant Alert (ROA) yang cara kerjanya menggunakan sensor radar untuk mendeteksi dan memperingatkan pengemudi jika penumpang pada bagian belakang tertinggal di dalam mobil setelah pengemudi keluar dari kendaraan.

Hyundai Staria Menggunakan Mesin Diesel yang Diklaim Hemat BBM

Harga Sama, Mana Lebih Mewah Antara Honda Odyssey atau Hyundai Staria? 09

2.4 liter i-VTEC New Honda Odyssey

PT Honda Prospect Motor menghadirkan New Odyssey dengan satu varian saja yang mana dibenamkan mesin bensin 2.4L. Secara data, mesin 2.4 liter i-VTEC yang dibenamkan pada MPV premium terbarunya ini dapat memuntahkan tenaga hingga 173 PS @6.200 rpm dan torsi maksimal 225 Nm @4.000 rpm yang sesuai standar EURO 4. Untuk menyalurkan putaran mesin ke roda depan, percepatannya diatur menggunakan transmisi CVT with Earth Dreams Technology.

Harga Sama, Mana Lebih Mewah Antara Honda Odyssey atau Hyundai Staria? 10

Hyundai Staria memperoleh mesin diesel R2.2 CRDi

Berbeda dengan Odyssey, Hyundai Staria hadir dengan mesin diesel Commonrail Direct Injection Variable Geometry Turbocharger with Intercooler berkodekan D4HB R2.2 CRDi Inline-4 DOHC 16V 2.199 cc, yang dapat memeras tenaga hingga 177 PS 3.800 rpm serta torsi maksimal 430 Nm @1.500 – 2.500 rpm dengan standar Euro 4.

Mengenai konsumsi bahan bakarnya, mesin dieselnya ini diyakini dapat lebih efisien karena telah menggunakan air-cooled turbocharger serta performa turbine wheel. Untuk membuatnya dapat berjalan, Staria dikawinkan transmisi otomatis 8-percepatan yang kemudian ditranslasi ke penggerak roda depannya.

Kesimpulan

Memiliki harga baru yang sama persis, baik Hyundai Staria Signature 9 maupun New Honda Odyssey sama-sama menyuguhkan kemewahan berkendara. Keduanya diketahui memiliki fitur keselamatan terkini serta fitur unggulan yang dapat menarik hati calon pembelinya.

Namun apabila kalian lebih mempertimbangkan soal kapasitas muat barang serta dapat menampung jumlah penumpang lebih banyak, Hyundai Staria Signature 9 adalah pilihan yang tepat. Berbeda jika kalian mencari sebuah MPV premium dengan bentuk yang proper layaknya mobil estate, serta desain yang lebih dikenal, menjatuhkan hati pada Honda Odyssey merupakan pilihan yang bijak.

Baca juga: Hyundai Staria Vs Toyota Alphard, Mana MPV Mahal yang Paling Unggul?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Hyundai Staria Signature 9 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil