window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Samai Mitsubishi Xpander Ultimate, Hyundai Stargazer Prime Bisa Ungguli Soal Fitur Keselamatan Aktif

Yongki Sanjaya · 15 Jul, 2022 16:00

Harga Samai Mitsubishi Xpander Ultimate, Hyundai Stargazer Prime Bisa Ungguli Soal Fitur Keselamatan Aktif 01

Setelah berulang kali tertangkap kamera sedang melakukan pengujian, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) akhirnya membuka selubung dari Stargazer. Bahkan, agen pemegang merek Hyundai di Indonesia ini juga membuka pemesanan unit kepada masyarakat umum. Melihat harga yang ditawarkan serta fitur yang diusung, Hyundai Stargazer Prime sebagai tipe teratas bisa mengungguli Mitsubishi Xpander Ultimate yang juga tipe tertinggi.

Sebagai informasi, baik Hyundai Stargazer Prime ataupun Mitsubishi Xpander Ultimate sama-sama dijual di harga Rp307.100.000,- on the road Jakarta. Secara spesifikasi, jagoan baru Hyundai ini bisa membuat masyarakat berpaling dari model MPV yang sudah ada saat ini. Bahkan dalam rilis resminya disebutkan kalau calon pembeli bisa menambah opsi captain seat di Stargazer, sehingga model ini menjadi low MPV yang cukup komplit untuk saat ini.

Lantas, apa saja hal menarik dari sosok Hyundai Stargazer tipe Prime ini? Mari kita bandingkan dengan Mitsubishi Xpander Ultimate yang punya harga sama persis!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Hyundai Stargazer Prime, Mewah dan Punya Fitur Keselamatan Aktif 

Harga Samai Mitsubishi Xpander Ultimate, Hyundai Stargazer Prime Bisa Ungguli Soal Fitur Keselamatan Aktif 01

Stargazer dirancang dengan konsep desain kendaraan yang mencerminkan lingkungan Indonesia. Hal ini tentunya menuntut kepraktisan dan kenyamanan maksimal bagi seluruh anggota keluarga. Untuk memenuhi aspek tersebut, Stargazer dipadukan dengan berbagai fitur teknologi dan keselamatan terkini.

Bicara soal dimensi, Hyundai Stargazer memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.695 mm, dan wheelbase 2.780 mm. Ukurannya pun termasuk besar bila dibandingkan dengan Mitsubishi Xpander yang harganya sepadan.

Harga Samai Mitsubishi Xpander Ultimate, Hyundai Stargazer Prime Bisa Ungguli Soal Fitur Keselamatan Aktif 02

Sebagai MPV yang futuristik, Stargazer juga memiliki teknologi Hyundai Bluelink, yang memberikan akses penuh kepada pemilik untuk fitur-fitur penting, seperti mengetahui kondisi terkini kendaraan dari ponselnya. Fitur yang bisa dioperasikan melalui ponsel diantaranya menghidupkan/mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci/membuka kunci pintu, menyalakan klakson, menyalakan/mematikan lampu, juga untuk mengetahui di mana kendaraan diparkir.

Interior Lega dengan Layout Captain Seat, Hyundai Stargazer Seperti MPV Mewah

Harga Samai Mitsubishi Xpander Ultimate, Hyundai Stargazer Prime Bisa Ungguli Soal Fitur Keselamatan Aktif 03

Tidak seperti low MPV kebanyakan, Hyundai Stargazer memiliki Captain Seat pada baris kedua. Captain Seat menambah kesan ruang yang lapang dan rasa open-space lebih besar.

Terlebih lagi, Captain Seat lengkap dengan armrest, yang membuat tangan penumpang lebih rileks dan konfigurasi kursi yang dapat disesuaikan maju, mundur, tegak, maupun direbahkan. Para penumpang yang akan duduk di baris ketiga memiliki akses yang lebih mudah dikarenakan adanya ruang kosong pada bagian tengah. 

Harga Samai Mitsubishi Xpander Ultimate, Hyundai Stargazer Prime Bisa Ungguli Soal Fitur Keselamatan Aktif 04

Untuk fitur keselamatan aktif, Hyundai Stargazer Prime tersedia fitur sebagai berikut:

  • Forward Collision-avoidance Assist (FCA)
  • Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA)
  • Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA)
  • Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA)
  • Lane Keeping Assist (LKA)
  • Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA)

Performa Hyundai Stargazer, Kapasitas Mesin Sama Output Lebih Jumawa

Hal lain yang membuat Stargazer bakal menyita perhatian masyarakat ialah soal performa yang dimiliki. Ini karena mesin 1.5L MPI berkubikasi 1,497 cc 16-valve HLA
 mampu menghasilkan tenaga 115 ps/6.300 rpm dengan torsi 144 Nm/4.500 Nm. Tipe teratas Stargazer ini hanya tersedia dalam opsi transmisi otomatis IVT. 

​​​​Mitsubishi Xpander Ultimate, MPV Bertampang Premium dan Futuristik di Versi Facelift

Harga Samai Mitsubishi Xpander Ultimate, Hyundai Stargazer Prime Bisa Ungguli Soal Fitur Keselamatan Aktif 05

Mitsubishi telah merilis Xpander facelift di tahun 2021 lalu. Sebagai tipe termahal, Xpander Ultimate hadir dengan fitur dan aksesoris terlengkap. 

Xpander tetap menerapkan gaya bahasa desain “Dynamic Shield” yang terkesan lebih gagah, modern dan mewah dengan ubahan paling signifikan ada di eksterioe bagian depan. Mulai dari gril, foglamp, lampu utama, dan bumper sudah berubah total. desain lampu utama mengusung  desain T-Shape yang juga sudah menggunakan tiga LED Projector.

Ubahan lainnya ada pada model lampu senja yang ukurannya lebih besar dengan housing terbagi jadi dua. Pertama sebagai lampu senja dan bagian dalam menjadi lampu sein.

Xpander Ultimate 2022 desain kap mesinnya sekarang lebih panjang dan tinggi. Desain seperti ini lebih membantu pengemudi untuk memantau bagian terdepan mobil dan memprediksi jarak objek di depan. Lebih lanjut pada Xpander terbaru, hanya varian Ultimate yang menggunakan velg 17 inci two tone.

Bicara soal dimensi, Xpander Ultimate CVT mempunyai panjang 4.595 mm, lebar 1.175 mm dan tinggi 1.750 mm. Ground clearance mobil juga kini meningkat dari yang sebelumnya 200 mm menjadi 220 mm untuk varian bertransmisi CVT, dan 225 mm untuk varian bertransmisi manual.

Fitur Xpander Ultimate, Cukup Lengkap Minus ADAS

Harga Samai Mitsubishi Xpander Ultimate, Hyundai Stargazer Prime Bisa Ungguli Soal Fitur Keselamatan Aktif 06

Agak disayangkan karena Mitsubishi Xpander Ultimate 2022 belum ditawarkan dengan varian yang dibekali Advanced Driver Assistance System (ADAS). Meskipun demikian, MPV andalan kubu tiga berlian sebenarnya juga punya fitur yang cukup lengkap dan modern.

Desain dashboard New Xpander kini hadir dengan bentuk baru yang lebih modern serta dilengkapi material soft touch, New Interior Color & Accent, AC digital, dan head unit 8” Touchscreen Audio with Smartphone Linked Display Audio (SDA). Selain itu kalian juga dapat menemukan New Design Meter Cluster with Opening Animation, New Design Steering Wheel with Audio Steering & Hands Free Switch serta, New Leather Tilt dan Telescopic Steering.

Adapun fitur keselamatan pada New Xpander tipe Ultimate, didukung dual SRS airbag, struktur RISE body, dan seatbelt dengan ELR 3 titik dan ISO-FIX child seating fixing bar. Tak hanya itu, guna memberikan keselamatan berkendara yang lebih baik, varian ini juga memperoleh ASC, ABS+EBD, BA, ESS, HSA, dan Speed Sensitive Automatic Door Lock.

Spesifikasi Mesin Mitsubishi Xpander, Bersahaja dan Tidak Istimewa

Harga Samai Mitsubishi Xpander Ultimate, Hyundai Stargazer Prime Bisa Ungguli Soal Fitur Keselamatan Aktif 07

Untuk sumber tenaga, Mitsubishi Xpander dibenamkan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve Euro4. Menurut data di atas kertas mampu memeras tenaga hingga 105 PS @6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm @4.000 rpm. Tipe Ultimate hanya tersedia dalam pilihan transmisi otomatis CVT.

Bila dibandingkan dengan Hyundai Stargazer jelas agak timpang karena sang pendatang baru ini punya output 10 ps lebih besar sehingga soal performa juga lebih baik.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Hyundai Stargazer Trend IVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil