Harga Sedikit Lebih Murah, Honda Jazz GE8 Bekas Menang Banyak Dari Toyota Agya GR Sport?

Yongki Sanjaya · 31 Agu, 2021 16:30

Harga Sedikit Lebih Murah, Honda Jazz GE8 Bekas Menang Banyak Dari Toyota Agya GR Sport? 01

Mobil perkotaan saat ini penggunanya semakin banyak, karena tuntutan social distancing saat bepergian. Hal inilah yang membuat penjualan LCGC dan hatchback laris manis, karena harganya terjangkau dan praktis untuk lalu lintas perkotaan. Kali ini, kami akan membandingkan seberapa praktis dan keren antara Honda Jazz GE8 bekas kalau dibandingkan Toyota Agya GR Sport.

Toyota Agya facelift pada tipe tertinggi yaitu GR Sport punya gaya yang sporty sesuai karakter anak muda masa kini. Honda Jazz GE8 jelas tak mau kalah, karena statusnya yang pernah jadi hatchback terlaris jelas tak cuma jual penampilan tapi juga utilitas.

Baca juga:

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Toyota Agya GR Sport Tampil Mirip dengan TRD Sportivo, Apa Istimewanya?

Kelebihan dan Kekurangan Varian Termurah Toyota Agya 1.000 Cc, Nggak Layak Untuk Dibeli?

Cari Mobil Murah Meriah, Nih Skema Cicilan Honda Brio 2021 Atau Toyota Agya 2021

Kisaran harga yang ditawarkan pun hanya selisih sedikit, karena Jazz dijual dengan kisaran harga Rp130-160 jutaan. Konsep keduanya juga serupa, mengakomodir transportasi masyarakat kota dengan kendaraan yang lincah dan fun to drive. Menurut pandangan kami, Jazz ini meskipun bekas bisa mengungguli Toyota Agya dari banyak aspek.

Penasaran apa saja hal yang membuat Toyota Agya tipe GR Sport jadi inferior di depan Jazz generasi kedua? Mari kita bandingkan antara keduanya.

Honda Jazz GE8, Biar Bekas Tapi Masih Berkualitas

Harga Sedikit Lebih Murah, Honda Jazz GE8 Bekas Menang Banyak Dari Toyota Agya GR Sport? 01

Usia yang sudah menginjak 7 tahun ke atas tak membuat Jazz GE8 usang. Hingga saat ini banyak unit bekas Jazz generasi kedua yang kondisinya masih cukup terawat. Jadi, kualitasnya tetap oke meskipun usianya mulai tua.

Sebagai informasi, Jazz GE8 diproduksi pada rentang waktu 2007 sampai 2014. Desainnya trendi dan tidak ketinggalan zaman, mesinnya punya tenaga yang lumayan, dan kabinnya luas walaupun hanya berkapasitas 5 tempat duduk.

Honda Jazz GE8 hadir dalam tipe S dan RS. Tipe S lebih minimalis dengan absennya beberapa fitur seperti foglamp, bumper polos, tanpa side skirt, tidak ada paddle shift, belum keyless, lalu masih pakai velg 15 inci. Sementara itu, Jazz RS fiturnya lebih beragam dan keren, seperti adanya paddle shift, keyless, velg 16 inci, dual airbag, side skirt, garnish, dan banyak lagi.

Spesifikasi Terbaik Ada di Honda Jazz GE8

Harga Sedikit Lebih Murah, Honda Jazz GE8 Bekas Menang Banyak Dari Toyota Agya GR Sport? 02

Honda Jazz generasi kedua ini menggunakan teknologi mesin i-VTEC SOHC, dengan tenaga yang dihasilkan lumayan besar. Mesin L15A berteknologi i-VTEC punya output sebesar 120 dk pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm di 4.800 rpm. Bila kita bandingkan, maka tenaga Yaris dan Mazda 2 saat itu jelas kalah. 

Tidak cuma itu, Honda Jazz GE8 sudah menggunakan rem cakram pada ke-empat rodanya. Cukup disayangkan karena pada generasi selajutnya yaitu Jazz GK5 sudah tidak menggunakan lagi rem cakram pada roda belakangnya. 

Tidak cuma unggul soal pengereman, sistem transmisi yang digunakan juga tidak rumit karena memakai matic konvensional. Gearbox otomatisnya menggunakan teknologi torque-converter dan sudah dilengkapi dengan tuas padel-shift dibalik setir. Transmisi ini terkenal bandel dan minim masalah serius ketimbang CVT di Jazz generasi pertama. 

Harga Sedikit Lebih Murah, Honda Jazz GE8 Bekas Menang Banyak Dari Toyota Agya GR Sport? 03

Kinerja perpindahan giginya lebih responsif, membuat feel mengemudi Jazz GE8 semakin sporty. Biaya dan perawatan matic konvensional juga tidak begitu mahal karena banyak tersedia suku cadang hingga part copotan. 

Honda Jazz GE8, Kombinasi Desain Sporty dan Kabin Lega

Harga Sedikit Lebih Murah, Honda Jazz GE8 Bekas Menang Banyak Dari Toyota Agya GR Sport? 04

Jazz disukai karena banyak hal. Desainnya keren, sporty, dan stylish, untuk anak muda. Tak heran mobil ini di-idolakan oleh mereka yang berumur 20 hinga 30 tahunan, baik itu laki-laki maupun perempuan. Dengan budget seharga LCGC, kamu bisa dapat mobil yang stylish meskipun telah cukup berumur. 

Bicara utilitas kabinnya, Jazz terkenal lega didukung fitur ultra seat yang fleksibel untuk membawa barang ukuran besar. Generasi kedua ini lebih besar dimensinya dari generasi pertama, sehingga ruang kabinnya pun terasa semakin lapang.

Toyota Agya GR Sport, City Car Stylish Buat Kamu yang Modis

Harga Sedikit Lebih Murah, Honda Jazz GE8 Bekas Menang Banyak Dari Toyota Agya GR Sport? 05

Dari sekian banyak tipe yang ditawarkan pada Toyota Agya, tipe Agya GR Sport punya penampilan sporty dan stylish. Varian ini hadir menggantikan TRD Sportivo yang terdahulu. Varian ini sebenarnya tidak ada ubahan yang signifikan dari versi TRD Sportivo selain dari aksen warna. 

Secara harga, Toyota Agya GR Sport sedikit lebih mahal daripada Honda Jazz RS GE8. Diketahui, Agya GR Sport harganya yaitu Rp170.390.000 OTR Jakarta. Selisih kurang lebih Rp10jutaan, apakah tipe ini lebih menarik?

Harga Sedikit Lebih Murah, Honda Jazz GE8 Bekas Menang Banyak Dari Toyota Agya GR Sport? 06

Toyota Agya GR Sport mendapat sentuhan warna New Black Chrome Element dengan identitas GR Sport di tengah bumber bawahnya. Lebih lanjut, terdapat New Side Skirt, New Side Moulding serta velg dual tone R14 model kipas yang juga diaplikasikannya spion retractable berukuran besar yang memberikan kesan sporty. 

Interiornya tak kalah menarik dengan AC Knob Design dan New Audio 2DIN Advance Entertainment yang dilengkapi dengan sistem audio seperti, radio AM/FM, pemutar CD. Sistem entertainment juga dapat dikoneksikan secara langsung dengan smartphone melalui sistem Bluetooth. Pengaturan head unit bisa kita lakukan melalui tombol yang ada pada setir. 

Harga Sedikit Lebih Murah, Honda Jazz GE8 Bekas Menang Banyak Dari Toyota Agya GR Sport? 07

Bicara soal fitur fitur keselamatan, Toyota Agya GR Sport berhasil disematkan dual SRS airbags, Anti-Lock Braking System (ABS), kursi ISOFIX, serta fitur Child Safety Locks sebagai fitur keselamatan standar. Rem depan sudah memakai cakram namun rem belalang masih tromol. 

Mesin 1.2 liter Tetap Jadi Andalan di Toyota Agya GR Sport

Harga Sedikit Lebih Murah, Honda Jazz GE8 Bekas Menang Banyak Dari Toyota Agya GR Sport? 08

Toyota Agya GR Sport masih mewariskan mesin yang sama seperti Agya sebelumnya. Perlu kalian ketahui, Toyota Agya GR Sport ini hanya ditawarkan pilihan mesin 1,2L dengan kode 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i 4-silinder segaris. 

Mesin berkubikasi 1.197 cc menurut data di atas kertas mampu melecutkan tenaga hingga 88 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 107 Nm @4.200 rpm. Mesin ini memang tidak jumawa namun efisiensi bahan bakarnya luar biasa. 

Kesimpulan

Kalau dikomparasi, fitur yang dimiliki pada Agya termahal ini hampir sama seperti Jazz RS GE8. Bedanya yaitu pada Agya telah memakai AC digital. Namun, Jazz lebih unggul di sisi utilitas jok Ultraseat, rem belakang memakai cakram, kapasitas mesin lebih besar, dan kabin lebih lega. 

Soal penampilan mungkin bicara selera, karena Agya GR Sport punya tampang tak kalah keren dengan kombinasi aksen warna khas GR Sport yaitu merah. Namun soal akomodasi kabin, Agya tak bisa sepraktis Jazz. Mulai dari bagasi belakang yang tanpa handle, hingga bagasi yang terbatas. 

Ini karena bentuk kursi belakang Agya sayangnya tidak bisa dilipat rata untuk menambah akomodasi ruang bagasi. Kursi berikut sandarannya pun bukan model split, melainkan hanya bangku panjang model fix yang bahkan tidak bisa dilipat separuh. 

Jadi harga lebih mahal, dan model keluaran baru belum tentu bisa mengungguli model lawas bukan? 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota 2020 Agya 1.0L G M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru