Harga Seken Setara, Datsun Cross Menang Banyak Dari Toyota Calya

Enda · 17 Mei, 2022 12:30

Datsun Cross vs Toyota Calya

Toyota Calya dan Datsun Cross merupakan city car dengan menawarkan konfigurasi jok 5+2. Sama-sama memiliki kapasitas hingga 7-penumpang, keduanya ini bermain di segmen yang berbeda.

Seperti yang diketahui untuk Datsun Cross sendiri masuk dalam kategori small crossover, sedangkan Toyota Calya berada di segmen LCGC. Bicara mengenai harga bekasnya, untuk produksi tahun 2018 keduanya ini pasarannya ditawarkan mulai dari Rp90 jutaan.

Punya harga bekas sepadan, antara Toyota Calya dengan Datsun Cross siapa yang paling menarik untuk dipilih?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Datsun Cross, Umurnya Cuma 2 Tahun Tapi Menarik daripada LCGC

Tampilan Luar Datsun Cross Lebih Sporty Ketimbang Toyota Calya

Datsun Cross

Tampilan luar Datsun Cross lebih tangguh sekaligus sporty

Soal tampilan, kami mengiyakan bahwa Datsun Cross terlihat lebih modern, gagah sekaligus tangguh ketimbang Toyota Calya. Hal ini lantaran konsep crossover yang dianutnya.

Pada bagian depannya, mobil yang usianya terbilang sangat singkat dalam meramaikan kancah otomotif Tanah Air ini, untuk bumpernya terkesan kekar dan berotot. Di bagian bawahnya sendiri telah diaplikasikan underguard berkelir silver yang dipadukan body kit bewarna gelap.

Di atas bumper, kalian bisa melihat mobil ini mendapatkan grill honeycomb berbentuk segi enam yang dikelilingi aksen krom. Untuk sistem pencahayaannya, lampu utamanya mengadopsi bohlamp berprojector yang dikombinasikan DRL LED model plasma dengan bentuk dinamis dan menyudut.

Guna memberikan visibilitas yang lebih baik, tepat di bawah headlampnya tersematkan foglamp model bulat dengan bentuk add on yang terlihat dinamis.

Selanjutnya melihat bagian samping, lekukan body yang diterimanya masih terlihat sama dengan GO+. Hanya saja pada Datsun Cross ini memperoleh list berupa over fender di atas roda yang terhubung mulai dari bumper depan hingga belakang.

Datsun Cross

Tampilan belakang Datsun Cross

Di sisi luar pintu, mobil ini dilengkapi dengan body cladding serta side skirt berwarna perak yang membuatnya terlihat semakin dinamis dan macho. Guna mempertegas kesan crossover, pada atapnya tersematkan roof rail yang dilabur warna silver.

Melihat bagian belakang, mulai dari atas Datsun Cross mendapatkan spoiler dengan tampilan sporty, yang sekaligus dapat meningkatkan kearodinamisan berkendara. Untuk lampu serta bagasinya ini masih terlihat sama dengan GO+. Hanya saja pada bumpernya tersebut tampil lebih sporty dan kekar dengan tambahan reflektor serta underguard berwarna silver.

Toyota Calya

Eksterior Toyota Calya terkesan lebih sederhana

Bicara Toyota Calya, untuk ekstriornya mobil perkotaan berlogo tiga oval ini terkesan lebih sederhana. Untuk headlampnya sendiri masih mengandalkan bohlamp halogen biasa. Meski begitu pada grillnya memperoleh aksen krom yang membuatnya terkesan dinamis.

Pada bumpernya mobil ini dilengkapi dengan foglamp di kedua sisi dengan tambahan body kit berkelir silver. Menengok sisi sampingnya, Calya tidak dilengkapi dengan aksesoris baik side skirt maupun body cladding. Untuk velgnya sudah memakai bahan alloy dual tone.

Toyota Calya

Tampilan belakang Toyota Calya

Menilik buritannya, di samping stoplampnya Toyota Calya dilengkapi reflektor lampu serta garnish berwarna krom di atas plat nomor. Tidak seperti Datsun Cross yang disematkan spoiler, untuk bagian belakang atas Calya ini belum mendapatkannya sehingga terkesan tampil lebih sederhana.

Baca juga: Desain Lebih Keren Dari Versi LCGC, Harga Datsun Cross Kini Cuma Rp100 Jutaan Loh!

Adu Dimensi Datsun Cross Vs Toyota Calya

Datsun Cross

Dimensi Datsun Cross kalah besar dari Toyota Calya

Menyoal dimensi, secara data Datsun Cross mempunyai panjang yang berada di angka 3.995 mm, lebar 1.670 mm dan tinggi 1.560 mm. Sedangkan untuk ground clearancenya mencapai 200 mm.

Mengetahui dimensi Toyota Calya, menurut hitungan mobil ini panjangnya mencapai 4.070 mm, lebar 1.655 mm dan tinggi 1.600. Untuk ground clearancenya berada di angka 180 mm.

Sedikit menarik kesimpulan secara dimensi body, Toyota Calya lebih unggul sehingga akan terasa sedikit lega. Namun untuk jarak antara kabin dengan permukaan tanah, Datsun Cross lebih tinggi yang menyebabkan mobil ini terasa lebih proposional, tangguh dan bisa diandalkan ketika melintasi jalan berkontur.

Fitur Unggulan Datsun Cross Paling Komplit?

Datsun Cross

Datsun Cross dilengkapi head unit layar sentuh 6,7 inci

Secara bentuk, interior Datsun Cross terkesan lebih sporty ketimbang Toyota Calya berkat nuansa kabin serta desain yang diterima, ditambah motif carbon dibeberapa sisi. Lalu bagaimana dengan fitur?

Soal fitur, pada center cluster Datsun Cross dibenamkan head unit layar sentuh berukuran 6,7 inci yang dapat terhubung dengan smartphone, serta format Bluetooth, AUX dan fitur mirroring pada gawai. Dibawahnya terdapat pengaturan AC suhu serta putaran kipas dengan knob model putar. Di bawah pengaturan AC, kalian bisa menjumpai adanya tuas transmisi serta lighter yang bisa dimanfaatkan sebagai port untuk menambah daya pada gawai.

Toyota Calya

Interior Toyota Calya 

Lantas bagaimana dengan Toyota Calya? Secara fitur unggulan, untuk sistem hiburannya mobil ini mengandalkan head unit 2din yang mendukung format MP3, USB, AUX, DVD dan radio. Di bawah sistem hiburannya disematkan tombol pengaturan AC model knob putar, serta tambahan port USB dibawahnya.

Tidak seperti Datsun Cross, pada plafon antara baris pertama dan kedua, Toyota Calya mendapatkan kipas ventilasi yang mampu mendistribusikan udara sejuk dari depan hingga baris kedua dan ketiga sehingga penumpang akan merasa lebih nyaman selama berkendara.

Oh iya, sebagai informasi, baik Datsun Cross maupun Toyota Calya memperoleh fitur power window di semua kaca serta electric mirron yang dapat memudahkan penggunanya ketika mengatur posisi spion.

Kesimpulan

Punya harga bekas yang sama, membandingkan dari segi tampilan, dimensi, serta fitur unggulan antara Datsun Cross dengan Toyota Calya, secara konklusi mobil perkotaan berpenampilan crossover unggul untuk tampilannya. Namun untuk fitur unggulan, masing-masing memiliki plus minus.

Selanjutnya dari segi panjang, lebar dan tinggi kendaraan, Toyota Calya lebih lapang sehingga mampu memberikan kesan nyaman selama berkendara. Tidak dengan jarak terendah antara kabin dengan permukaan tanah, Datsun Cross ini lebih tinggi sehingga bisa diandalkan ketika diajak berpetualang.

Baca juga: Beda Hampir Rp10 Juta, Segini Banyak Perbedaan Toyota Calya E dan G

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

Dapatkan penawaran Anda dalam 24 jam!

Datsun Cross 5MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru