Harga Setengah dari Honda HR-V 2022, Chery Tiggo 4 Pro Lebih Menarik Ditunggu Tahun Depan?

Prasetyo · 29 Des, 2021 12:34

Harga Setengah dari Honda HR-V 2022, Chery Tiggo 4 Pro Lebih Menarik Ditunggu Tahun Depan? 01

Chery Tiggo 4 Pro vs Honda HR-V 2022 dirilis tahun depan

Tahun depan diduga kuat Chery akan comeback ke Indonesia. Beberapa model pun sudah disiapkan, diantaranya Chery Tiggo 4 Pro. Ini merupakan unit Chery yang sudah hadir dengan setir kanan. Karena mobil ini sudah lebih dulu melantai di Afrika Selatan sebagai unit Tiggo 4 perdana yang menggunakan setir kanan.

Di China sendiri nama Tiggo 4 tidak digunakan, melainkan memakai Tiggo 5x. Saat tiba di Indonesia, Tiggo 4 akan berhadapan dengan penguasa pasar SUV berdimensi compact yakni Honda HR-V. Dan jika benar Chery Tiggo 4 Pro masuk Tanah Air tahun depan, Honda pun sudah menyiapkan HR-V 2022.

Jadi bisa dipastikan bakal ada persaingan hebat antara Chery Tiggo 4 Pro vs Honda HR-V 2022 di beberapa bulan ke depan. Penasaran seperti apa peta kekuatan dari keduanya? Mari kita ulik lebih dalam.

Mana Lebih Keren Chery Tiggo 4 Pro vs Honda HR-V 2022? 

Harga Setengah dari Honda HR-V 2022, Chery Tiggo 4 Pro Lebih Menarik Ditunggu Tahun Depan? 02

Cgery Tiggo 4 Pro setir kanan

Secara desain memang tidak bisa memberi penilaian dengan pasti. Mengingat point tertinggi kembali lagi kepada masing-masing individu dengan selera masing-masing. Tapi kalau Anda membayangkan mobil Cina Chery dengan wujud masih seperti Chery QQ, maka dipastikan itu tak ada di Tiggo Series termasuk Tiggo 4 Pro.

Tiggo 4 Pro sendiri merupakan versi yang paling tinggi dari seri Tiggo 4. Itu termasuk kelengkapan yang lebih baik dari sisi fitur dan sistem keselamatan. Selain di Cina, Tiggo 4 Pro juga dijual di Russia, Italia dan Amerika Selatan. Namun untuk negara-negara tadi menggunakan setir kiri.

Baca juga : Chery Tiggo 7 Plus Resmi Dibanderol Mulai Rp192 juta, Kalau Masuk Indonesia Jadi Lawan Panas CR-V Turbo

Harga Setengah dari Honda HR-V 2022, Chery Tiggo 4 Pro Lebih Menarik Ditunggu Tahun Depan? 01

Honda HR-V RS di Thailand

Sementara itu Honda HR-V 2022 tentunya pertama kali debut di Jepang. Namun kemudian generasi ketiga HR-V ini juga sudah masuk pasar Asia Tenggara dengan melantai di Thailand. Uniknya tampilan HR-V terbaru di Jepang dan Thailand sedikit berbeda. Selain itu diperkenalkan pula varian Honda HR-V RS.

Kami duga kuat, PT Honda Prospect Motor (HPM) lebih memilih Honda HR-V 2022 versi Thailand ketimbang model Jepang-nya. Nah kira-kira lebih keren mana dengan Chery Tiggo 4 Pro?

Perbandingan Dimensi
  Chery Tiggo 4 Pro Honda HR-V 2022
Panjang 4.318 mm 4.330 mm
Lebar 1.830 mm 1.790 mm
Tinggi 1.670 mm 1.580 mm

Chery Tiggo 4 Pro dan Honda HR-V 2022 Pakai Mesin Beda Teknologi

Harga Setengah dari Honda HR-V 2022, Chery Tiggo 4 Pro Lebih Menarik Ditunggu Tahun Depan? 02

Mesin Chery Tiggo 4 Pro ada dua tipe

Tiggo 4 Pro menawarkan dua opsi mesin. Pertama adalah mesin 2.0-liter empat silinder N/A bertenaga 122 PS dan torsi puncak 180 Nm. Mesin ini kemudian dipasangkan dengan dua pilihan transmisi yakni manual 5 percepatan dan otomatis CVT 9 percepatan.

Mesin kedua adalah yang paling bertenaga, karena berkapasitas 4 silinder 1.5-liter dibantu turbo, yang mampu menyemburkan tenaga 147 PS dan torsi maksimum 210 Nm. Khusus di mesin turbo ini, Chery hanya memberikan satu opsi transmisi, yakni Dual Clutch Transmission (DCT) 6 percepatan.

Harga Setengah dari Honda HR-V 2022, Chery Tiggo 4 Pro Lebih Menarik Ditunggu Tahun Depan? 03

Honda twarkan meisn hybrid di HR-V 2022

Sementara Honda HR-V di Thailand cuma disodorkan dengan mesin 1.5-liter Atkinson Cycle DOHC i-VTEC 4 silinder, 16 katup. Mesin ini kemudian dikombinasikan motor listrik serta transmisi otomatis E-CVT sehingga memberikan tenaga maksimum 131 PS dengan torsi 253 Nm.

Kondisi itu sedikit berbeda dengan di Jepang. Karena di negara asalnya, HR-V juga ada yang memakai mesin bensin 1.5L 4 silinder berdaya 118 PS dengan torsi 142 Nm yang dikombinasikan transmisi CVT.

HR-V Pakai Honda Sensing, Bagimana dengan Chery Tiggo 4 Pro?

Harga Setengah dari Honda HR-V 2022, Chery Tiggo 4 Pro Lebih Menarik Ditunggu Tahun Depan? 04

Honda Sensing di HR-V terbaru

Honda HR-V 2022 sudah menggunakan fitur keselamatan Honda Sensing di seluruh varian tipenya. Ini terdiri dari fitur Collision Mitigation Braking System, Lane Keeping Assist System, Road Departure Mitigation System with Lane Departure Warning, Auto High-Beam, Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow, dan Lead Car Departure Notification System.

HR-V baru juga dilengkapi Honda LaneWatch, enam airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Stop Signal (ESS).

Baca juga : Honda HR-V 2022 Resmi Hadir di Thailand, Semuanya Hybrid dan Ada Tipe RS

Harga Setengah dari Honda HR-V 2022, Chery Tiggo 4 Pro Lebih Menarik Ditunggu Tahun Depan? 05

Tiggo 4 Pro juga sudah ada sunroof

Soal keselamatan rupanya juga jadi perhatian Chery, makanya di Tiggo 4 Pro ada fitur Hill Decent Control (HDC), Hill Start Assist Control (HHC), Around View Monitor (AVM), 6 airbag, ABS, EBD, dan BA.

Fitur lainnya juga diperhatikan, seperti Keyless Entry, tombol Start/Stop Engine, Electric Prking Brake, Electric Sunroof, dan Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Harga Chery Tiggo 4 Pro Separuh Honda HR-V 2022

Harga Setengah dari Honda HR-V 2022, Chery Tiggo 4 Pro Lebih Menarik Ditunggu Tahun Depan? 06

Chery Tiggo 4 Pro tampak belakang

Di Cina, Chery Tiggo 4 Pro dibanderol mulai dari 69.900 Yuan sampai 79.900 Yuan. Harga ini kira-kira setara Rp153 juta - Rp175 juta. Kalau membandingkan dengan harga Honda HR-V 2022 di Thailand, maka mobil tersbeut dipatok pada kisaran Rp427 juta hingga Rp517 jutaan.

Kalau melihat perbandingan Chery Tiggo 4 Pro vs Honda HR-V 2022 dari sisi harga, jelas Chery jauh lebih unggul karena banderolnya separuh lebih murah dari HR-V. Tapi Honda juga menawarkan teknologi mesin hybrid dan fitur keselamatan lebih lengkap.

Kesimpulan

Harga Setengah dari Honda HR-V 2022, Chery Tiggo 4 Pro Lebih Menarik Ditunggu Tahun Depan? 07

Honda HR-V generasi ketiga yang siap masuk Indonesia

Kehadiran Chery kembali ke Indonesia pastinya sudah memiliki banyak persiapan lebih matang. Berbekal kesalahan tempo lalu, rasanya Chery bakal lebih siap bersaing dengan pabrikan Jepang saat ini. Satu diantaranya menghadirkan Tiggo 4 Pro yang bakal head to head dengan Honda HR-V terbaru.

Tapi apakah Tiggo 4 Pro layak dimiliki ketika sampai ke Tanah Air? Kalau Anda mencari SUV compact dengan fitur cukup lengkap namun harga terjangkau, rasanya Chery adalah pilihan tepat. Karena kami yakin ketika sampai di Indonesia, harga Honda HR-V terbaru bakal cukup tinggi, terlebih lagi yang dipasarkan adalah varian hybrid.

Baca juga : Kepergok Lagi Tes di Tol Cipali, Honda HR-V 2022 Segera Rilis di Indonesia

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Chery Tiggo 4 Upcoming Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru