window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Toyota Fortuner VRZ GR Sport Naik Efek PPNBM 2021, Lebih Murah Dari Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2

Yongki Sanjaya · 8 Sep, 2021 08:30

Harga Toyota Fortuner VRZ GR Sport Naik Efek PPNBM 2021, Lebih Murah Dari Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 01

Pemerintah baru saja melakukan penyesuaian terhadap tarif PPNBM untuk mobil 4X2 bermesin 1.500-2.500 cc. Kinj mobil bermesin 1.501 cc-2.500 cc yang diproduksi di dalam negeri dengan komponen lokal di atas 70% mendapat diskon PPnBM hanya 15 persen. 

Salah satu SUV yang mobil bermesin 1.501 cc-2.500 cc yang mendapatkan keringanan PPnBM ini antara lain Toyota Fortuner. Ini karena Fortuner dirakit secara lokal oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Di sisi lain, rivalnya yaitu Mitsubishi Pajero Sport tidak mendapatkan potongan harga karena mobil ini tidak memenuhi syarat kandungan lokal minimum sebesar 60% yang ditetapkan pemerintah.

Untuk Fortuner tipe tertinggi 4x2 dengan mesin diesel, ada Fortuner VRZ GR Sport AT yang dihargai Rp562.700.000. Sementara itu, rival yang cukup setara dari kubu tiga berlian ada Dakar Ultimate 4x2 AT yang dijual Rp639.700.000. Dengan selisih lebih dari Rp60 jutaan, apakah Fortuner tipe ini fiturnya bisa hampir selengkap Pajero Sport?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tak perlu berlama-lama, mari kita ulas varian penerus TRD Sportivo bila dibandingkan dengan tipe Dakar Ultimate yang jadi flagship Mitsubishi

Mitsubishi Pajero Sport 2021, SUV yang Kelasnya 'Impor'

Harga Toyota Fortuner VRZ GR Sport Naik Efek PPNBM 2021, Lebih Murah Dari Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 01

Kata mahal tidak selalu jelek di mata orang Indonesia. Harus ada pembanding atau value menarik di balik tingginya harga yang ditawarkan pada Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 ini. Harga yang tinggi diimbangi dengan built quality yang baik tentu membuat suatu mobil jadi terkesan premium. 

Inilah yang membuat Pajero Sport jadi model yang lebih mewah dari model merek lain yang setara. Hal tersebut suksrs jadi jurus andalan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia selaku pemegang merek Mitsubishi di Indonesia memikat konsumen kelas atas.

Tak mendapat relaksasi PPNBM, dibuktikan oleh Pajero Sport yang sukses menjadi pemimpin pasar dengan lebih dari 60% pangsa pasar di segmen Medium SUV 2.500 CC ( akumulasi 4×2 dan 4×4).

Walaupun terlambat, namun sosok Pajero Sport tetap dinantikan oleh penggemar fanatik tiga berlian. Sejumlah hal baru dihadirkan di New Pajero Sport, SUV tampil dengan penyegaran desain pada sisi eksterior. 

Harga Toyota Fortuner VRZ GR Sport Naik Efek PPNBM 2021, Lebih Murah Dari Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 02

Pada bagian belakang, terdapat improvisasi desain rear combination lamp yang lebih futuristik namun tetap membawa ciri khas Pajero Sport. Desain fascia juga mengalami perubahan pada headlamp yang berada di bumper, dengan styling ala Xpander. 

Pajero Sport kini juga hadir dengan power tail gate dengan kick sensor yang membuat pengguna kian praktis saat bongkar muat barang bawaan berukuran besar. 

Interior Makin Cozy dengan Penampilan Baru

Harga Toyota Fortuner VRZ GR Sport Naik Efek PPNBM 2021, Lebih Murah Dari Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 03

Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 hadir dengan nuansa interior berbeda. Tipe ini dipercantik dengan aksen warna beige dan juga roof monitor.

Makin futuristik, New Pajero Sport sudah memakai 8 inch color LCD untuk panel instrumen. Kita bisa mengubah tampilan indikator speedometer dan yang lainnya dengan memencet tombol pada setir. 

Fitur hiburan didukung New Head Unit 8” dengan Smartphone-Link Display Audio (SDA). Fitur lainnya yang terdapat pada New Pajero Sport yaitu, Multi Around View Monitor, New Design Dual Zone Climate Control AC, New Auto Dimming Rear-view Mirror, New Hand Free Steering Switch, New Floor Console, dan New AC Power Outlet. 

Mesin Perkasa Pajero Sport Jadi Andalan

Keunggulan lain Mitsubishi Pajero Sport ada di jantung pacu. Varian menengah ke atas tetap memakai dapur pacu diesel 4N15 MIVEC 2.4L yang bersemayam di Dakar Ultimate 4x2 AT. Dukungan Variable Geometry Turbo (VGT) dan intercooler memompa daya 181 PS pada 3.500 rpm dengan torsi 429 Nm di 2.500 rpm. Produksi tenaga disalurkan transmisi otomatis 8-speed ke roda belakang.

Toyota Fortuner GR Sport, Cuma Berubah Dikit Dari TRD Sportivo

Harga Toyota Fortuner VRZ GR Sport Naik Efek PPNBM 2021, Lebih Murah Dari Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 04

Toyota Astra Motor kini ikut mengubah varian tertinggi model mereka dari TRD Sportivo ke GR Sport sebagai penghormatan terhadap keberhasilan tim balap pabrikan, Gazoo Racing besutan Toyota di berbagai ajang balap internasional.

Sisi eksterior tidak berbeda jauh dengan TRD Sportivo. Sosok Fortuner GR Sport posturnya nampak tinggi berkat penggunaan pelek 18 inci dengan balutan ban 265/60 R18.

Styling Interior Mewarisi Era TRD Sportivo

Bagian interior Fortuner GR Sport VRZ tidak berubah dari era TRD Sportivo. Kesan premium hadir dari penggunaan warna gelap di dashboard dan interior, dengan jok yang menggunakan bahan kulit.

Pada dashboard terdapat layar sentuh 9 inci yang memiliki fitur smart phone connection, voice command dan NFC. Layar utama juga menampilkan beberapa fitur unggulan Fortuner diantaranya blind spot detection, moving object detection, lane departure warning dan headway monitoring warning.

Harga Toyota Fortuner VRZ GR Sport Naik Efek PPNBM 2021, Lebih Murah Dari Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 05

Fortuner GR Sport mendapat fitur baru yaitu pengaturan AC dual zone yang membuat pengemudi dan penumpang di baris pertama punya pengaturan suhu berbeda. Lantas bagaimana dengan performa yang dimiliki?

Performa Toyota Fortuner, Tak Semenarik Pajero Sport 

Harga Toyota Fortuner VRZ GR Sport Naik Efek PPNBM 2021, Lebih Murah Dari Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 06

Bila melihat performa yang dihasilkan, kita harus angkat topi ke Mitsubishi yang berhasil membuat Pajero Sport jadi SUV yang tenaganya cukup mumpuni. Bahkan, Fortuner pun tak mampu mendekati besaran tenaganya. 

Untuk Fortuner GR Sport VRZ AT didukung mesin diesel 2GD-FTV 4 katup DOHC VNT Intercooler 2.393 cc. Dapur pacunya mampu menghasilkan tenaga 149,6 PS pada 3.400 rpm dan torsi 242 Nm di putaran 1.600-2.000 rpm.

Kesimpulan

Harga Toyota Fortuner VRZ GR Sport Naik Efek PPNBM 2021, Lebih Murah Dari Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 07

Dengan selisih harga hingga lebih dari Rp60 jutaan, ternyata Pajero Sport Dakar Ultimate bisa menyuguhkan banyak fitur menarik. SUV ini punya sunroof, fitur yang dianggap barang mahal di merek Toyota. 

Fortuner GR Sport juga memiliki fitur Power Back Door, teknologi otomatis yang dirancang agar memudahkan Anda ketika membuka pintu sambil membawa barang. Ini membuat Fortuner tak ketinggalan jauh dari rivalnya. 

Terang saja ini membuat Fortuner jadi kurang menarik, walaupun harganya ditawarkan lebih terjangkau. Mitsubishi pun mensiasatinya dengan memberikan subsidi diskon supaya harga Pajero Sport cukup kompetitif. Sudah bisa diduga, konsumen pun mencari model yang punya value lebih baik meskipun harganya juga lebih tinggi. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil