window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Toyota Veloz Q CVT TSS Lebih Mahal Hampir Rp50 Juta, Mending Beli Daihatsu Xenia R CVT ASA?

Yongki Sanjaya · 15 Nov, 2021 18:00

Harga Toyota Veloz Q CVT TSS Lebih Mahal Hampir Rp50 Juta, Mending Beli Daihatsu Xenia R CVT ASA? 01

Seperti tradisi sebelumnya, Toyota dan Daihatsu kembali meluncurkan si 'kembar' Avanza, Xenia dan kini nambah Veloz. Untuk Veloz kini statusnya sebagai model tersendiri, yang kelasnya lebih mewah dari Avanza. Bahkan, selisih harga Toyota Veloz Q CVT dengan Daihatsu Xenia R CVT yang cukup jauh, hingga Rp47,6 juta. 

Sebagai informasi, Toyota Veloz 2022 mulai Rp 251,2 juta untuk tipe manual, tipe Q CVT Rp 272,1 juta, dan Q CVT TSS Rp 291,5 juta. Sementara itu, Daihatsu Xenia 2022 dijual dengan harga mulai dari Rp190,9 juta sampai Rp243,9 juta.

Baik Veloz atau Xenia sama-sama telah memiliki teknologi ADAS, dimana Veloz didukung Toyota Safety Sense, sedangkan Daihatsu memberikan Advanced Safety Assist (ASA). Lantas, apakah beli Veloz ini kemahalan? 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Supaya lebih jelas, mari kita bandingkan keduanya. 

Toyota Veloz Q CVT TSS, Harga Mahal Dapat Fitur Terlengkap di MPV?

Harga Toyota Veloz Q CVT TSS Lebih Mahal Hampir Rp50 Juta, Mending Beli Daihatsu Xenia R CVT ASA? 01

Dengan harga yang hampir mendekati Rp300 juta, Veloz Q CVT TSS ini bahkan kelas harganya sudah sejajar Toyota Sienta. Tentu karena levelnya semakin mahal, kita akan berharap kalau Veloz punya segalanya. 

Desain eksterior depan All New Veloz dirancang untuk mewakili kepribadian aktif dan stylish penggunanya. Desainnya begitu fresh dan elegan pada sisi fascia dengan headlamp LED with Sequential Turnlamp. Desain Grill dengan aksen trapezoidal berukuran proporsional yang memberikan kesan kalem dan elegan. 

Sebagai model ekspor, Toyota Veloz kini diproduksi oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Desainnya pun memiliki karakter yang berbeda dibandingkan Avanza dan Xenia, dimana Veloz dirancang sesuai selera konsumen global. 

Sebagai sebuah real MPV, Veloz tentunya dirancang tidak hanya mampu untuk berkendara ke mana  saja dan dalam situasi apapun. Untuk itu, di dalam interior All New  Veloz, kita dapat menikmati  kenyamanan bersama anggota  keluarga di dalam Spacious Cabin  with Long Sofa Mode. 

Hal ini cukup memungkinkan, karena panjang mobil  ini 4.475  mm, dengan lebar 1.750 mm dan  jarak sumbu roda 2.750 mm. Lantas bagaimana soal fiturnya?

Fitur Toyota Veloz Q CVT TSS, Cukup Melimpah Supaya Terkesan Mewah

Harga Toyota Veloz Q CVT TSS Lebih Mahal Hampir Rp50 Juta, Mending Beli Daihatsu Xenia R CVT ASA? 02

banyak  fitur baru yang dihadirkan pada Veloz 2022, sebut saja New  Leather Tilt dan Telescopic Steering with Audio & MID Switch untuk memudahkan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID. Pada tipe ini terdapat  Drive  Mode  Switch  (Q  CVT).

Selain  itu, terdapat New Advanced 7 InchDigital TFT MID untuk  memastikan semua informasi  penting mengenai status  kendaraan. Desain dashboardnya baru dengan aksen premium dan  stylish.  Pada konsol tengah terdapat New Integrated 9 Inch Head Unit mendukung Advanced Smartphone Connectivity. Kemudian ada New Rear-Seat  Entertainment di tipe Q CVT & Q CVT TSS.

All New Veloz juga dilengkapi dengan Wireless Charger di konsol tengah serta New Electric Parking Brake with Brakehold. Terdapat pula New Push Start Button yang serta fitur New  Auto A/C yang 'instan' mendinginkan suhu kabin.

Supaya makin berkelas, terdapat New Leisure Soft Pad Door Armrest  with Full Grip, dengan pencahayaan interior memakai New Vibrant Illumination Light. 

Fitur Keselamatan di Toyota Veloz Q CVT TSS, Terlengkap Dikelasnya?

Harga Toyota Veloz Q CVT TSS Lebih Mahal Hampir Rp50 Juta, Mending Beli Daihatsu Xenia R CVT ASA? 03

Melangkah ke fitur keselamatan, Veloz tipe ini telah menggunakan rem cakram berventilasi 15 inci di depan, dan rem cakram solid di  belakang. Pengereman didukung fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Braking Assist (BA). 

Untuk di kabin, terdapat 6 Airbags  di sisi Pengemudi, Penumpang, Samping, Tirai. Fitur ini hanya ada di tipe Veloz Q CVT TSS. Fitur lainnya yang melengkapi perlindungan yaitu Vehicle Stability  Control, Hill Start Assist serta All  Round View Camera di tipe Q CVT  dan Q CVT TSS. 

Selanjutnya, terdapat fitur Rear Crossing  Traffic Alert dan Blind  Spot Monitoring. All New Veloz dilengkapi  fitur keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS) di tipe Q CVT TSS.  

TSS pada All New Veloz terdiri dari empat fitur keselamatan. Fitur pertama adalah Pre-Collision  Warning and Pre-Collision Braking. Lalu ada fitur Pedal Missoperation Control. Fitur ketiga adalah Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention. Terakhir ialah Front Departure Alert.

Daihatsu Xenia R CVT ASA, Kuda Hitam di Segmen MPV

Harga Toyota Veloz Q CVT TSS Lebih Mahal Hampir Rp50 Juta, Mending Beli Daihatsu Xenia R CVT ASA? 04

Daihatsu seringkali tak terlalu dianggap oleh masyarakat, karena tertutup bayang-bayang Toyota Avanza. Padahal, Xenia lah yang menjadi basis dari Veloz yang mewah atau Avanza yang desainnya sporty. Dengan selisih harga Rp47 jutaan, Xenia kami rasa cocok untuk alternatif daripada Veloz.

Dengan harga di bawah Rp250 juta, Xenia 1.5 R CVT ASA telah memiliki fitur ASA, yang dulu hanya jadi milik Rocky. Meskipun tak ada embel-embel ADS, tapi sebenarnya tipe ini telah memiliki fitur audio dan ornamen racikan Astra Daihatsu Styling.

Sebagai contoh, pada sisi fascia terdapat aksen merah sebagai garnish di bagian grill dan sisi bawah side skirt. Kemudian di sisi belakang terdapat Rear Lamp Combi Garnish. 

Interior Sederhana di Daihatsu Xenia, Pertahankan Kesan Elegan

Harga Toyota Veloz Q CVT TSS Lebih Mahal Hampir Rp50 Juta, Mending Beli Daihatsu Xenia R CVT ASA? 05

Masuk ke interior Xenia, kita disuguhi penampilan dashboard yang desainnya benar-benar baru. Tidak ada aksen dual tone, hanya ada aksen full black dengan garnish silver. Untuk tipe tertinggi ada aksen merah di beberapa bagian, sebagai ciri khas Daihatsu yang katanya ingin sentuhan sporty. 

Pada interiornya, di Xenia hanya memakai setelan setir tilt, tidak memiliki telescopic. Kelemahan lainnya yaitu tidak adanya height adjuster yang membuat posisi mengemudi kurang leluasa bagi sopir berpostur pendek. Selain itu, kita harus menerima kenyataan kalau Xenia tidak tersedia fitur Cruise Control. 

Namun, long sofa mode dan AC digital seperti pada Veloz juga dimiliki oleh Xenia di seluruh tipe. Untuk sistem hiburan, Daihatsu membekali head unit baru dengan bentang layar 9 inci. 

Head unit milik Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA memiliki kemampuan mengakomodir beragam konektivitas seperti Radio, USB, & Bluetooth. Soal pairing ke ponsel sudah didukung koneksi Android Auto maupun Apple CarPlay®. 

All New Xenia varian 1.500 cc tipe R sudah dilengkapi dengan layar Multi Information Display (MID) 4,2 inci. Cukup banyak informasi yang disajikan oleh MID ini, di antaranya ada odometer, tripmeter, jam digital, dan juga mampu menyajikan informasi mengenai fitur ASA alias Advance Safety Assist.

Rangkaian Fitur ASA di Daihatsu Xenia, Serupa Milik Rocky 

Harga Toyota Veloz Q CVT TSS Lebih Mahal Hampir Rp50 Juta, Mending Beli Daihatsu Xenia R CVT ASA? 06

Pada Daihatsu All New Xenia tipe tertinggi yakni 1.5 R ASA dibekali dengan beragam fitur keselamatan aktif yang sebelumnya sudah digunakan pada Daihatsu Rocky. Fitur ASA tersebut antara lain:

1. Pre-Collision Warning

2. Pre-Collision Braking

3. Front Departure Alert

4. Pedal Misoperation Control

5. Lane Departure Warning

6. Lane Departure Prevention

Mesin Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA dan Toyota Veloz Q CVT TSS Sama

Harga Toyota Veloz Q CVT TSS Lebih Mahal Hampir Rp50 Juta, Mending Beli Daihatsu Xenia R CVT ASA? 07

Dengan platform yang sama, dapur pacu yang digunakan oleh keduanya jelas sama. Kini Daihatsu memakai opsi 1.5 L untuk dapur pacu tipe teratas di Xenia. Mesin 2NR-VE, 4-Silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-i jadi andalan keduanya. 

Tenaga yang dihasilkan 102,5 HP (104 Ps) @ 6.000 rpm dengan torsi maksimum 136,4 Nm (13,9 Kgm) @ 4.200 rpm. Keduanya juga memakai transmisi CVT sehingga karakter berkendara Xenia dan Veloz halus dan responsif. 

Kesimpulan

Membandingkan keduanya, Xenia tak lagi inferior kalau berhadapan dengan Veloz. Fitur keselamatan aktif keduanya juga mirip sehingga membuat Daihatsu jadi value for money.

Tidak cuma itu, spesifikasi mesin hingga fitur juga nyaris serupa. Namun Xenia hanya kalah pada fitur hiburan yang tidak memiliki roof monitor seperti di Veloz. Namun hal tersebut tak membuat Xenia kalah telak dari saudara mudanya itu. Dengan harga yang jauh lebih murah, kita mendapat MPV yang sudah memiliki fitur keselamatan aktif yang nyaris lengkap. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Avanza Veloz 1.3 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil