Harga Wuling Almaz RS Mulai Rp350,3 juta, Tonjok SUV Jepang dengan "Subsidi PPnBM"

Ary · 29 Mar, 2021 17:21

SUV terbaru PT SGMW Motor Indonesia, Wuling Almaz RS 2021 sejatinya sudah 'ditelanjangi' di muka publik. Bukan sekadar desain. Fitur unggulan berupa Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) dan Advanced Driver Assistance System (ADAS), dipastikan mengancam penawaran Honda CR-V Facelift yang juga baru diperkenalkan. Lantas menjadi pukulan telak bagi SUV Jepang, lantaran harga Wuling Almaz RS dipatok lebih murah. 

Harga Wuling Almaz RS Mulai Rp350,3 juta, Tonjok SUV Jepang dengan

Kenyataan tersebut benar adanya. Saat peluncuran resmi pada 29, Maret, harga Wuling Almaz RS 2021 dipatok mulai dari Rp365,8 juta hingga Rp 370,8 juta. Penetapan harga yang bahkan jauh dari perkiraan harga Rp400 juta yang sempat diberitakan berbagai media beberapa waktu lalu. 

Harga Wuling Almaz RS Mulai Rp350,3 juta, Tonjok SUV Jepang dengan

Harga Wuling Almaz RS seakan menonjok SUV Merek Jepang yang sama canggihnya. 

Bahkan, Wuling Motors masih memberikan diskon "subsidi PPnBM" yang seharusnya tak didapatkan Wuling Almaz RS. Tidak tanggung-tanggung, besarannya mencapai Rp16 juta! Berikut ini adalah daftar harga Wuling Almaz RS, on the road (OTR) DKI Jakarta:

Daftar Harga Special Wuling Almaz RS 2021
Varian Harga Special OTR* Harga Special "Subsidi PPnBM"*
Wuling Almaz RS Exclusive (7 seats) Rp365,8 juta Rp350,3 juta
Wuling Almaz RS PRO (7 seats) Rp370,8 juta Rp354,8 juta

*Catatan: Harga ini berlaku mulai 29 Maret hingga 30 April 2021

"Kami telah secara efektif menambahkan beberapa peningkatan pada Almaz RS. Facelift dengan tampilan lebih sporty, kendaraan terkoneksi internet pertama di Indonesia yang hadir dengan banyak fitur bermanfaat, serta ADAS yang mengoptimalkan pengalaman berkendara Anda dan membawa keselamatan ke level yang lebih tinggi," kata James Wu, CFO of Wuling Motors Indonesia.

"Seperti juga diketahui semua orang, pemerintah kita telah melaksanakan bantuan PPnBM mulai Maret. Ini merupakan dukungan besar dari pemerintah untuk mendukung industri otomotif di masa pandemi. Mengikuti arahan pemerintah, meski Almaz RS tidak ada dalam daftar PPnBM, Wuling tetap memutuskan untuk memberikan subsidi hingga Rp16 juta dari harga OTR. Tidak diragukan lagi bahwa ini adalah harga yang terjangkau. Jika Anda berpikir untuk memiliki SUV yang terkoneksi internet, ini adalah waktu terbaik," tambah James Wu di Indonesia Convention Expo (ICE), BSD, Tangerang, Banten. 

Baca juga: Test Drive Wuling Almaz RS, Bisa Bikin Malu Merek Jepang

Harga Wuling Almaz RS 2021 lebih Murah dari Honda CR-V

Seperti disebutkan tadi, banderol Wuling Almaz RS jauh lebih murah ketimbang kompetitor asal Jepang. Dengan selisih lebih dari Rp100 juta, pembeli Almaz RS 2021 bahkan mendapatkan perbekalan serupa dengan Honda CR-V 2021. Sebut saja ihwal jantung mekanis, Wuling Almaz RS 2021 juga dimodali mesin DOHC 4-silinder dengan turbocharged, berkapasitas 1.500 cc.

Harga Wuling Almaz RS Mulai Rp350,3 juta, Tonjok SUV Jepang dengan

Mesin 4-silinder 1,5 Liter dengan turbocharger juga serupa milik Honda CR-V

Berkat racikan tersebut, Wuling Almaz RS sanggup mengail daya 141,9 PS pada 5.200 rpm dan torsi 250 Nm di putaran 1.600-3.600 rpm. Keseluruhan performa kemudian ditranslasi ke roda depan melalui CVT (continously Variable Transmisi). Output yang cukup menjanjikan untuk menyaingi Honda CR-V bukan?

Baca juga: 5 Keistimewaan Pada Wuling Almaz RS, Honda CR-V Cs Mesti Waspada

Fitur WISE Wuling Almaz RS 2021 Canggih

Namun, bukan Wuling namanya jika tak memberikan nilai tambah buat konsumen. Kita tahu, Wuling Almaz RS kini dilengkapi dengan WISE. Ya, sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna mobil Wuling, terhubung dengan kendaraannya melalui internet car (Internet of Vehicle/IoV).

Salah satu fitur IoV sendiri berguna untuk menyalakan kendaraan dan mengetahui posisi kendaraan. Canggihnya lagi, pembeli Wuling Almaz RS bisa menyalakan AC mobil via smartphone. Namun, jangan lupa untuk mengunduh terlebih dulu aplikasi My WULING+.

Fitur Wuling Almaz RS 2021

Konektivitas menjadi bagian dari teknologi WISE pada Wuling Almaz RS 2021.

Ada lagi tambahan yang diberikan fitur WISE. Sebut saja Vehicle Remote Control, Bluetooth Key dan Vehicle Positioning. Paling menarik, ada jua Geo-fencing Security. Fitur ini bisa digunakan untuk melacak keberadaan kendaraan serta membatasi pergerakan mobil, apabila dikendarai orang tak dikenal. 

Selain melalui seluler, fitur IoV juga dapat diakses melalui head unit 10,4 inci kepunyaan Wuling Almaz RS 2021. Di sana pun sudah tersedia suguhan lain semisal Online Music, Internet Messaging App dan Online Navigation. Fitur ini tersedia di Wuling Indonesian Command (WIND).

Harga Wuling Almaz RS Mulai Rp350,3 juta, Tonjok SUV Jepang dengan

Fungsi WISE paling utama hadir pada Adaptive Cruise Control

Belum tuntas. Kenyataannya, fungsi ADAS ikut mendampingi fitur WISE pada Wuling Almaz RS. ADAS yang ADAS terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Control (BCC), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Departure Warning (LDW), Traffic Jam Assistance (TJA), hingga Intelligent Cruise Assistance (ICA), sejatinya memberikan bantuan soal skenario berkendara. Seperti apa bentuknya?

1. Menjaga jarak aman berkendara

Adaptive Cruise Control (ACC) berfungsi ketika kecepatan Wuling Almaz RS 2021 sudah melaju di atas 30 km/jam. Setelah mengaktifkannya lewat tombol di kiri kemudi, mobil akan mobil tanpa harus digas. Lantas, menyesuaikan pula kecepatan jika ada kendaraan di depan. Saat cruise control aktif, fitur Bend Cruise Control (BCC) juga secara pintar dapat mengurangi kecepatan saat menghadapi belokan, sehingga pengendaraan semakin aman. 

Harga Wuling Almaz RS Mulai Rp350,3 juta, Tonjok SUV Jepang dengan

WISE memberikan kemampuan Wuling Almaz RS untuk menjaga jarak aman

2. Kemampuan bak mobil otonom 

Penggunaannya pun dapat disandingkan dengan Lane Keeping Assist (LKA). Kamera stereo yang dimilik Wuling Almaz RS akan membaca marka jalan. LKA akan menjaga mobil tetap berada dalam lajur jalan bermarka. Selama marka jalan terbaca jelas oleh kamera, pengendalian dilakukan mandiri oleh mobil. Ya, bukan hanya tak perlu injak pedal gas dan rem. Bak memiliki mobil otonom, Anda tidak perlu memegang kemudinya. 

Kecanggihan Wuling Almaz RS 2021

Saat bertemu kemacetan, Wuling Almaz RS 2021 dapat mengerem otomatis.

3. Kemudahan saat Berkendara di Kemacetan

Keamanan Wuling Almaz RS pun bisa dirasakan pembeli, manakala menemui kondisi lalu lintas yang padat. Seperti halnya ACC, fitur Traffic Jam Assistance (TJA) dan Intelligent Cruise Assistance (ICA) juga bertugas memberi jarak aman di kamacetan. Malah, TJA dan ICA bisa melakukan pengereman sendiri ketika mendeteksi mobil di depan berhenti.

Harga Wuling Almaz RS Mulai Rp350,3 juta, Tonjok SUV Jepang dengan

Bahkan dapat membantu mengurangi kelelahan saat macet

"SUV ini telah dilengkapi dengan terobosan terkini sebagai komitmen Wuling dalam memenuhi mobilitas masyarakat dan menyajikan kemudahan dalam berkendara. Melalui Almaz RS kami berharap konsumen dapat terus melaju menuju kehidupan yang lebih baik dan sejalan dengan Drive for A Better Life (slogan Wuling Motors)," tutur Yin Yi, Brand and Marketing Director PT SGMW Motor Indonesia. 

Baca Juga: Persaingan Wuling Almaz 2021 vs Honda CR-V 2021 Makin Ketat, Kali Ini Adu Hebat WISE vs Honda SENSING

Fitur Standar Wuling Almaz RS 2021 Komplet

Mengenai fitur unggulan serta keselmatan lainnya, Wuling Almaz RS dilengkapi dengan panoramic sunroof, start-stop button, kamera 360 derajat, Electric Parking Brake (EPB), Auto Vehicle Holding (AVH) dan Traction Control System (TCS).

Harga Wuling Almaz RS Mulai Rp350,3 juta, Tonjok SUV Jepang dengan

Tombol paling kanan memastikan Wuling Almaz RS akan selalu berjalan pada lajurnya 

Tidak ketinggalan juga seperti Hill Hold Control (HHC) Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Front & Side Airbag hingga Emergency Stop Signal (ESS) untuk menambah kenyamanan berkendara.

Harga Wuling Almaz RS Mulai Rp350,3 juta, Tonjok SUV Jepang dengan

Radar di bagian bumper depan yang menjadi bagian penting WISE

Pada Almaz terbaru juga terdapat Safe Distance & Braking Assistance yang didalamnya sudah mencakup Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Bracking Assistance dan Collision Mitigation system.

Harga Wuling Almaz RS Mulai Rp350,3 juta, Tonjok SUV Jepang dengan

Fitur IMHA dapat menyesuaikan lampu utama dengan kondisi lalu lintas dan lingkungan 

Mengenai update pada sistem pencahayaan, mobil ini mendapat fitur Intelligent High Beam Assistance (IHMA) yang secara otomatis menyesuaikan ketinggian cahaya lampu utama sesudai dengan kondisi lalu lintas dan lingkungan sekitar. Komplet!

Spesifikasi Wuling Almaz RS 2021
P x L x T 4.655 x 1.835 x 1.760 mm 
Sumbu Roda 2.750 mm
Tipe Mesin 4-silinder segaris DOHC Turbocharged
Kapasitas 1.451 cc
Tenaga Maksimal 141,9 PS @ 5.200 rpm
Torsi Maksimal 250 Nm @1.600 - 3.600 rpm
Transmisi CVT
Bahan bakar Bensin
Tipe Penggerak Front Wheel Drive (FWD)
Tipe Kemudi Electric Power Steering (EPS)
Suspensi Depan Mcpherson Strut Coil Spring, Independent Suspension
Suspensi Belakang Multi-link Trapeziodal, Independent Suspension

Logo Wuling Baru

Dalam kesempatan peluncuran Wuling Almaz RS ini, Wuling Motors juga memastikan bahwa mulai saat ini mereka akan menggunakan logo baru pada model berteknologi tinggi yang dipasarkan di Indonesia. Logo ini masih serupa dengan sebelumnya, namun yang berbeda adalah penggunaan warna silver sebagai penanda bahwa model yang mereka pasarkan merupakan produk global Wuling.

Harga Wuling Almaz RS Mulai Rp350,3 juta, Tonjok SUV Jepang dengan

Kini Wuling akan menggunakan logo global berwarna silver 

Logo ini pertama kali diperkenalkan oleh Wuling Motors saat memperkenalkan Wuling Victory, MPV unggulan yang dipersiapkan untuk pasar global tahun 2020 lalu. Rencananya MPV ini baru akan memasuki pasar di luar China pada tahun 2022 mendatang.

Baca juga: Wuling Victory Jadi Wuling dengan Logo Silver Global Pertama di Pasar Otomotif Dunia

Kesimpulan

Tak bisa disangkal, harga Wuling Almaz RS yang diumumkan akan sangat memukul merek-merek Jepang yang memiliki model SUV dalam segmen yang sama, termasuk akan mengganggu model-model dengan harga yang mirip. Sebut saja Honda CR-V dan Honda HR-V jelas akan terganggu, sementara Toyota, ada Toyota Corolla Cross dan Toyota Kijang Innova yang patut mewaspadai banderol harga yang ditawarkan oleh Wuling Motors, apalagi jika melihat sederet fitur dan teknologi yang ditawarkan.

Harga Wuling Almaz RS Mulai Rp350,3 juta, Tonjok SUV Jepang dengan

Wuling Almaz seakan merangkum semua keinginan konsumen mobil Indonesia akan mobil yang ideal. Lihat saja kapasitas 7 penumpang, fitur internet car dan ADAS dengan harga yang sangat bersaing. Saat ini yang masih harus dibuktikan oleh Wuling hanyalah soal daya tahan dan harga jual kembali mobil mereka.

Soal citra merek juga masih menjadi pekerjaan rumah bagi Wuling mengingat masih banyak orang yang belum terlalu percaya dengan kendaraan buatan China. Sementara Honda dan Toyota, saat ini masih menjadi salah satu top of mind bagi konsumen mobil di Indonesia. Namun apa yang ditawarkan Wuling saat ini jelas menggoda konsumen mobil Tanah Air. Tertarik?  

Baca juga: Harga Bekas Wuling Almaz Rp220 Jutaan, Lebih Layak Dibeli Dibandingkan Toyota Avanza Baru

Komentar

Up to 20% higher than average trade-in price

Wuling Almaz Smart Enjoy MT

Upgrade

Add your car

Service powered by

Mobil Terbaru