window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harganya Cuma Rp60 Jutaan, Kelebihan Hyundai Tucson Gen-1 Apakah Bisa Mengobati Kekurangannya?

Enda · 3 Jan, 2022 15:30

Hyundai Tucson gen-1

Kelebihan dan kekurangan Hyundai Tucson gen-1
  • Hyundai Tucson gen-1 kini dibandrol Rp60 jutaan
  • Pesaing utama Nissan X-Trail T30, Hyundai Tucson gen-1 punya kelebihan dan kekurangan yang wajib diketahui sebelum beli

Hyundai Tucson merupakan SUV 5-seater yang terbilang cukup lama ikut serta meramaikan kancah otomotif Tanah Air. Sebagai pesaing utama Nissan X-Trail T30, Hyundai Tucson gen-1 pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2005 hingga 2010.

Memakai kode body JM dan berbagi platform dengan Kia Sportage II, seperti SUV pada umumnya, generasi pertama Tucson ini memiliki tampilan yang macho sekaligus kekar. Mengetahui pasaran harga bekasnya, per Januari 2022 Tucson gen-1 ditawarkan mulai dari Rp60 jutaan.

Apabila kalian tertarik meminangnya dalam waktu dekat, sebaiknya ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangan Hyundai Tucson gen-1 di bawah ini.

Baca juga: Kenapa Nissan X-Trail T30 Lebih Layak Dipilih Daripada X-Trail T31?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kelebihan Hyundai Tucson Gen-1

1. Interior Modern, Menyuguhkan Kesan Nyaman dalam Berkendara

Hyundai Tucson gen-1

Tampilan dashboard Hyundai Tucson gen-1

Hyundai Tucson gen-1 memiliki tampilan interior yang menyuguhkan nuansa modern dan nyaman. Hal ini terlihat dari dashboardnya yang mengaplikasikan bentuk membulat sekaligus ergonomis.

Seperti yang bisa dilihat, di bagian penumpang depan terdapat laci penyimpanan yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh berbagai kelengkapan berkendara. Pada center clusternya sendiri dibuat sedikit menyerong ke arah pengemudi dan terdapat sistem hiburan single din, pengautran AC, semburan kipas, dan beberapa tombol lainnya yang dibuat mengelompok sehingga memudahkan setiap penggunannya ketika ingin menjalankan fitur.

Di bagian pengemudi, mobil ini telah disematkan setir bermodelkan 4-spoke dengan bentuk modern serta meter cluster berpenampilan modern sekaligus unik, dengan latar lampu berwarna hijau.

Demi menyuguhkan rasa nyaman dalam berkendara, mobil ini dibekali jok dengan busa tebal yang dibungkus bahan kulit. Agar posisi duduk semakin nyaman, bagian pengemudi dilengkapi pengaturan tinggi rendahnya jok dan juga reclining.  

Oh iya, Hyundai Tucson gen-1 juga memiliki pengaturan pelipatan jok yang bisa dilakukan secara terpisah di baris keduanya. Dengan begitu tentunya pengguna bisa membawa barang lebih lebih banyak ketika sedang membutuhkannya.

2. Hyundai Tucson Varian XG Limited Punya Fitur Paling Lengkap

Hyundai Tucson gen-1

Tipe XG Limited punya fitur paling lengkap

Satu tahun setelah peluncuran perdananya di Indonesia, Hyundai Tucson gen-1 mendapat tambahan varian, XG dan XG Limited. Seperti yang diketahui, edisi terbatasnya tersebut mendapat tambahan fitur berupa  panoramic sunroof, kualitas audio dengan penambahan power dan subwoofer, AC climate control, serta jok berlapiskan kulit dengan material premium.

3. Fitur Keselamatan Hyundai Tucson Gen-1 Cukup Baik di Zamannya

Hyundai Tucson gen-1

Hyundai Tucson gen-1 dilengkapi fitur keselamatan cukup baik di zamannya

Bicara mengenai keselamatan dalam berkendara, Hyundai Tucson gen-1 telah dilengkapi sistem pengereman cakram di semua rodanya. Di bagian depannya sendiri menggunakan model ventilated dan solid disc di roda belakang. Untuk ukuran diameter cakram yang digunakan terbilang cukup besar, sehingga mampu memberikan daya cengkram lebih luas selain tampilannya terlihat kokoh.

Oh iya, sistem pengeremannya tersebut telah mengaplikasikan fitur Anti-lock Braking System (ABS). Dengan begitu pengemudi akan merasa lebih yakin ketika melakukan pengereman secara mendadak tanpa khawatir rem terkunci. Disisi lain, SUV berlogokan ‘H’ miring asal Negeri Gingseng tersebut juga diaplikasikan SRS airbag yang berfungsi mengurangi cedera terhadap penggunannya ketika mengalami benturan cukup kencang.

4. Hyundai Tucson Gen-1 Cukup Responsif Berbekal Transmisi Otomatis Tiptronic

Hyundai Tucson gen-1

Hyundai Tucson gen-1 dibekali mesin bensin 2.0L dengan transmisi otomatis 4-percepatan tiptronic

Bicara jantung pacu, PT Hyundai Mobil Indonesia menghadirkan Tucson Gen-1 dengan mesin bensin injeksi berkodekan Beta 2 G4GC, 4 Silinder Segaris, DOHC 16 valve berkapasitas 1.975 cc. Menurut spesifikasi, mesin yang disematkan mampu melecutkan tenaga hingga 141 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 184 Nm @ 4.500 rpm. Supaya dapat berjalan, generasi pertama Tucson ini dipadukan transmisi otomatis 4-percepatan serta fitur tiptronic, dengan tingkat respon mesin yang bisa dibilang cukup menyenangkan.

Sebagai informasi, putaran mesin yang dihasilkan ditranslasi ke penggerak roda depan (FWD) guna membuatnya berjalan.

Baca juga: Mulai Rp80 Jutaan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Terios ‘Konde’ yang Wajib Diketahui

Kekurangan Hyundai Tucson Gen-1

1. Bantingan Cukup Keras, Cek Bagian Suspensi Sebelum Beli

Hyundai Tucson gen-1

Seperti SUV sekelasnya, Hyundai Tucson gen-1 punya bantingan yang keras

Melihat lebih detail suspensinya, Hyundai Tucson gen-1 dilengkapi peredam kejut berjeniskan MacPherson Strut di roda depan dan Multi Link di roda belakang. Seperti SUV kebanyakan, generasi pertama Tucson memiliki bantingan yang keras dan gejala body roll disaat melakukan manuver pada kecepatan tinggi.

Untuk kondisi bekasnya, link stabilizer yang terhubung dengan suspensinya tersebut kerap kali bermasalah. Ciri kerusakannya timbul suara disaat melewati jalan berkontur. Selain itu, bushing arm mobil ini juga sering mengalami kerusakan dengan cirinya sama seperti kerusakan pada link stabilizer.

2. Tampilan Kurang Proposional

Hyundai Tucson gen-1

Bentuk Hyundai Tucson gen-1 hanya disukai segelintir orang

Menyoal tampilan, setiap orang punya seleranya masing-masing. Namun menurut kami Hyundai Tucson gen-1 memiliki bentuk yang kurang proposinal dengan tampilan kaku, dan hanya beberapa orang yang menyukainya. Meski begitu, mobil ini tetap terlihat gagah dengan postur tubuhnya yang tinggi, serta adanya over vender, side moulding juga foot step sebagai ciri khas mobil SUV.

3. Konsumsi BBM Kurang Ramah di Kantong

Bicara konsumsi BBM, penggunaan dalam kotanya generasi pertama Hyundai Tucson tersebut mampu menempuh jarak hingga 9 km/liter. Tentunya angka yang diperoleh akan berbeda ketika mobil diajak melaju konstan di jalan bebas hambatan. Disaat mobil diajak melaju di jalan lurus dengan kecepatan stabil, angka konsumsi BBM yang diterima mencapai 13-14 km/liter.

4. Spare Part Mulai Sulit Didapatkan 

Hyundai Tucson gen-1

Spare part Hyundai Tucson gen-1 mulai sulit didapatkan

Mengenai spare part, Hyundai Tucson gen-1 kini mulai sulit didapatkan terlebih kalian yang tinggal jauh dari kota besar. Namun begitu, kalian masih bisa menemukannya di beberapa marketplace mulai dari yang ori hingga KW.

Kesimpulan

Sebagai alternatif Nissan X-Trail T30, Hyundai Tucson gen-1 bisa jadi pertimbangan disaat kalian sedang mencari sebuah SUV dengan harga cukup terjangkau. Seperti yang kami sampaikan di atas, mobil ini memiliki beberapa keunggulan fitur khususnya di tipe XG Limited.

Mengenai spare part, di toko offline mobil ini memang sudah mulai sulit untuk ditemui. Namun begitu kalian jangan langsung berkecil hati. Pasalnya di beberapa marketplace suku cadang mobil ini masih bisa kalian jumpai dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Nissan X-Trail T30, SUV Terlaris di Masanya?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Hyundai Tucson GLS

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil