window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harganya Setara Kijang Kapsul Bekas, Toyota Bikin Skuter Listrik untuk Lansia

Herdi · 28 Mar, 2023 12:02

Harganya Setara Kijang Kapsul Bekas, Toyota Bikin Skuter Listrik untuk Lansia 01

Toyota Motor Corporation (TMC) merilis sebuah produk terbaru yang dinamakan C+Walk S. Kehadiran Toyota C+walk S dianggap dapat membantu mobilitas golongan lansia.

Mungkin Anda pernah dengar nama Toyota C-Pod, mobil kecil bertenaga baterai listrik yang kini disewakan untuk kebutuhan pariwisata di Bali. Nah, untuk C+Walk S bukan seperti mobil, melainkan lebih mirip skuter roda tiga, yang lengkap dengan tempat duduk dan sandaran untuk menopang tubuh pengemudi.

Baca juga: Tarik Pengunjung, Toyota Fortuner Modellista 2023 Bersolek Cantik Lewat Ajang Bangkok Motor Show

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Harganya Setara Kijang Kapsul Bekas, Toyota Bikin Skuter Listrik untuk Lansia 01

 Toyota, C+Walk S skuter roda tiga

Melansir situs resmi Toyota, C+Walk S dirancang di latar belakangi populasi lansia di Jepang yang mengalami peningkatan. Bahkan berdasarkan sebuah survei, sekitar 20 persen masyarakat di Jepang berusia 75 persen, dimana lansia setelah melakukan perjalanan lebih dari 100 meter mereka mulai mengalami masalah.

Karena inilah, lebih dari 10 persen lansia berusia 75 persen lebih rendah untuk keluar rumah dibandingkan persentase usia 65 tahun. Belum lagi, sebanyak 20 persen diantaranya tidak memiliki SIM mengemudi. Alhasil mobilitas lansia sangat terbatas.

Baca juga: 12 Fitur Keselamatan yang Kini Semakin Banyak Dipakai Mobil Baru

Harganya Setara Kijang Kapsul Bekas, Toyota Bikin Skuter Listrik untuk Lansia 02

Buat bantu lansia

Dengan kemampuan fisik yang semakin menurun dan terbatas, maka kebanyakan lansia di Jepang kini membatasi aktivitas sehari-hari seperti sekadar berbelanja dan berjalan-jalan. Maka dari itu, untuk memudahkan melakukan mobilitas dan mendukung kemandirian serta kegembiran mereka, maka C+walk S jadi solusi. 

Harganya Setara Kijang Kapsul Bekas, Toyota Bikin Skuter Listrik untuk Lansia 03

Untuk menunjang penggunaan C+walk S, Toyota bekerja sama dengan korporasi dan pemerintah setempat yang memungkinkan alat ini dapat digunakan di area trotoar.

Kabarnya, Toyota sendiri akan melakukan studi langsung yang dilakukan di Hanawa Town Station, di Fukushima, pada April 2023.

Baca juga: Toyota Tegaskan Komitmen Ramah Lingkungannya di Bangkok, Pamerkan Toyota Hilux Listrik Sampai Corolla Cross Hidrogen

Kelebihan Toyota C+walk S

Harganya Setara Kijang Kapsul Bekas, Toyota Bikin Skuter Listrik untuk Lansia 04

Toyota C+Walk S bisa melaju di atas trotoar jalan

Toyota C+walk S diharapkan dapat membantu orang yang dapat berjalan sendiri, dan sulit menjangkau jarak jauh, serta tak bisa berlama-lama. Oia, skuter ini juga bisa digunakan di trotoar, sehingga teknologi yang digunakan juga disesuaikan agar bermanfaat.

Nah, salah satu teknologi yang ada pada skuter ini adalah mampu menilai kondisi permukaan jalan di depannya, apakah ada kerusakan atau terdapat halang rintang. Alat ini dilengkapi fitur keamanan yang dapat mendeteksi rintangan sehingga membantu menghindari tabrakan dari pejalan kaki di arah depan dengan jarak sekitar 2,5-3 meter. Adapun, jika terdapat rintangan, maka kecepatan akan berkurang menjadi hanya 2 km per jam.

Harganya Setara Kijang Kapsul Bekas, Toyota Bikin Skuter Listrik untuk Lansia 05

Pakai tenaga baterai

Selain itu, C+walk S juga akan mudah berbagi jalan dengan sekitar dan nyaman digunakan serta aman untuk dipakai di area pejalan kaki. Bahkan kecepatannya bisa juga bisa disesuaikan sama seperti manusia normal pada umumnya. 

Untuk memudahkan pengguna, tepat di bawah kursi terdapat sebuah keranjang yang cukup besar sehingga dapat membawa barang belanjaan. Yang unik dari alat pintar ini dilengkapi ban berukuran 10 inci dan anti bocor, sehingga menghilangkan kekhawatiran akan ban bocor. 

Spesifikasi Toyota C+walk S

Harganya Setara Kijang Kapsul Bekas, Toyota Bikin Skuter Listrik untuk Lansia 06

Toyota C+Walk S kecepatannya bisa diatur 

C+Walk S dilengkapi baterai lithium-ion yang berkapasitas 13,2 Ah, Voltage 25,2 V, dan total electrical energy 0.33 kWh. Untuk pengisian dayanya, hanya membutuhkan waktu 2,5 jam menggunakan perangkat pengisian AC 100 V/6 A.

Harganya Setara Kijang Kapsul Bekas, Toyota Bikin Skuter Listrik untuk Lansia 07

Bisa deteksi keberadana pejalan kaki

Dengan daya tersebut, C+Walk S dapat menempuh kecepatan hingga 6 km per jam, dan mampu melaju hingga 12 km saat baterai terisi penuh. Adapun radius putar stangnya minimum 0,95 meter, dan mampu melakukan manuver yang mulus di jalan sempit. 

Harganya Setara Kijang Kapsul Bekas, Toyota Bikin Skuter Listrik untuk Lansia 08

Kemampuan radius putar Toyota C+Walk S 0,95 m

Agar memudahkan lansia mengendarainya, tinggi pijak ke tanah C+Walk S ini hanya 130 mm,  dan dapat membawa barang belanjaan hingga 33 liter atau seberat 20 kg. Adapun bobot pengguna C+ Walk S sendiri maksimal 100 kg dan tingginya sekitar 140-185 cm.

Menyoal harga, Toyota C+Walk S dipasarkan mulai dari 498.000 Yen, atau sekitar Rp57 jutaan. Tetapi ada juga tambahan teknologi harganya jadi sekitar 505.000 Yen (Rp58 jutaan). Skuter dapat dibeli di dealer Toyota di Jepang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia