Hasil Uji Tabrak Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Raih Bintang 5, Lengkapi Jaminan Keselamatan

Dhoni · 2 Mei, 2021 12:00

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky hadir dengan memberikan penawaran berbagai fitur menarik demi memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi penggunanya. Tentunya sistem keselamatan tersebut menjadi poin keunggulan. Bahkan fitur keselamatan yang ditawarkan telah terbukti lolos dari uji tabrak oleh ASEAN NCAP maupun Japanese NCAP.

Hasil Uji Tabrak Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Raih Bintang 5, Lengkapi Jaminan Keselamatan 01

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Toyota Raize vs Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky & Toyota Raize raih 5 bintang uji tabrak Japanese NCAP

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang hadir dengan platform baru Daihatsu New Global Architecture (DNGA) telah dipastikan lolos setelah menjalani uji tabrak. Keduanya berhasil meraih rate 5 setelah memperoleh poin 85,7 dari total 100 poin.

Tentunya berkat sistem bantuan pengemudi Smart Assist, termasuk AEB atau pengereman otomatis darurat dengan deteksi pejalan kaki, adaptive cruise control, fungsi pencegah salah injak pedal, serta sistem Smart Panorama Parking Assist yang memberikan bantuan kemudi serta panduan visual dan suara saat parkir.

Hasil Uji Tabrak Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Raih Bintang 5, Lengkapi Jaminan Keselamatan 02

Dalam uji tabrakan depan, dan mendapatkan peringkat sempurna ketika menjalani uji tabrakan pada kecepatan 55 km/jam. Sementara untuk poin perlindungan bagi pejalan kaki, kedua mobil ini juga dapat nilainya yang sangat bagus.

Sementara pada sistem pengereman darurat otomatis dengan kendaraan dari arah depan, Daihatsu Rocky dan Toyota Raize juga mendapatkan poin nyaris sempurna, yaitu 31,7 dari 32 poin.

Baca juga: Beda Harga Rp 12 Jutaan, Apa Sih Bedanya Toyota Raize GR Sport Dengan yang Biasa?

Daihatsu Rocky & Toyota Raize raih 5 star di uji tabrak ASEAN NCAP

Untuk hasil pengujian di ASEAN NCAP, Daihatsu Rocky dan Toyota Raize telah menjalani pengujian. Namun keduanya diwakili oleh Perodua Ativa yang lebih awal hadir di Malaysia. Dari hasil pengujian, Perodua Ativa berhasil memperoleh rate lima bintang dari empat pengujian yang dilakukan.

Hasil Uji Tabrak Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Raih Bintang 5, Lengkapi Jaminan Keselamatan 03

Pengujian tersebut meliputi perlindungan pada penumpang dewasa dengan nilai 37,48 poin. Untuk perlindungan pada anak kecil, kembaran dari Daihatsu Rocky dan Toyota Raize mendapatkan 17,36 poin.

Sementara pada hasil dari Safety Assist, Perodua Ativa memperoleh nilai 18,57 poin. Tentu seluruh poin yang diperoleh dapat memberikan rasa nyaman dan aman selama mengendarai Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Tentunya semua berkat fitur keselamatan yang disediakan terdiri dari:

Baca juga: Benarkah Hasil Tes Konsumsi BBM Daihatsu Rocky Indonesia Lebih Irit Dari Daihatsu Sigra?

Daihatsu Rocky dengan teknologi A.S.A

Daihatsu Rocky dipastikan telah mengadopsi fitur keamanan berteknologi ASA (Advanced Safety Assist) dalam produknya. Teknologi A.S.A memiliki fungsi untuk meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan dengan mendeteksi berbagai obyek yang berada di sekitar mobil. Fitur masuk dalam teknologi A.S.A pada Daihatsu Rocky akan memberikan peringatan hingga membantu pengaturan agar dapat terhindar dari kecelakaan dengan kendaraan maupun obyek lainnya.

Hasil Uji Tabrak Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Raih Bintang 5, Lengkapi Jaminan Keselamatan 04

Fitur ASA menjadi fitur keselamatan andalan Daihatsu Rocky

Namun untuk Daihatsu Rocky yang hadir di Indonesia, fitur teknologi A.S.A yang diadopsi berbeda dengan versi di Jepang maupun Malaysia. Pada dua Negara tersebut, Teknologi A.S.A terdiri dari 12 fitur. Sedangkan khusus Daihatsu Rocky di Indonesia hanya terdiri dari 6 fitur, yaitu pre-collision warning, pre-Collision braking, pedal misoperation control, front departure alert, lane departure warning dan lane departure prevention.

Untuk teknologi A.S.A hanya terdapat pada Daihatsu Rocky 1.0 R TC CVT ASA yang dibanderol Rp236,1 juta.

Baca juga: Ada 8 Pilihan Warna Daihatsu Rocky, Warna Yellow Metallic Bisa Jadi Pilihan Favorit?

Toyota Raize dengan fitur TSS

Fitur Toyota Safety Sense (TSS) menjadi fitur penyelamat unggulan dari Toyota Raize. Namun fitur ini hanya dibekali pada varian 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS yang dibanderol Rp283,7 juta (dengan diskon PPnBM menjadi Rp263,7 juta). Khusus varian 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS juga mendapat tambahan Pedal Misoperation Control dan Toyota Safety Sense (TSS) plus BSM RCTA.

Toyota Safety Sense sebagai fitur keselamatan pada Toyota Raize tediri dari Pre-Collision System (PCS), Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Departure Alert (LDA). Blind Spot Monitor (BSM) plus Rear Cross Traffic Alet (RCTA) dan Pedal Misoperation Control.

Hasil Uji Tabrak Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Raih Bintang 5, Lengkapi Jaminan Keselamatan 05

Toyota Raize dengan Teknologi TSS

Fitur TSS memang hanya terdapat pada Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, namun dipastikan seluruh varian lainnya dari Raize telah dilengkapi dengan fitur pengereman ABS (Anti-lock Braking System), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera serta Alarm dan Immobiilzer.

Jadi, Anda pilih Toyota Raize atau Daihatsu Rocky?

Baca juga: Nih Lawan Seimbang Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang Punya Spesifikasi Tak Kalah Mantap!

 

 

Komentar

Mobil Terbaru