window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hatchback Modis Daihatsu, ini Kelebihan dan Kelemahan New Sirion 2020

Derry · 4 Okt, 2020 10:00

Awal tahun ini, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memperkenalkan Daihatsu Sirion 2020, yang merupakan facelift generasi ketiga city car kompak yang dirilis berbarengan dengan Daihatsu Ayla facelift.

Dimensi mobil kompak, mesin irit bahan bakar, dan juga desain yang modis membuat Daihatsu Sirion 2020 cukup diminati, khususnya oleh kaum millenial yang sedang mencari mobil pertama.

Hatchback Modis Daihatsu, ini Kelebihan dan Kelemahan New Sirion 2020 01

Penambahan aerokit dan side stone guard baru membuat eksterior Daihatsu Sirion baru lebih fresh. Begitu juga dengan audio yang kini sudah support fitur mirrorlink, dan kamera parkir.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Hadir dengan satu pilihan varian dengan harga mulai Rp 200,1 juta, Daihatsu New Sirion 2020 bisa jadi pilihan menarik bagi Anda yang mencari sebuah city car kompak dengan desain atraktif.

Tapi sebelum memutuskan untuk membeli mobil ini, ada baiknya melihat kelebihan dan kelemahan Daihatsu Sirion 2020. Apa saja? Simak di bawah ini.

Kelebihan

1. Desain semakin keren

Eksterior New Sirion 2020

Eksterior New Sirion 2020 yang terlihat jauh lebih dinamis

Penilaian soal desain sebenarnya cukup relatif, tapi bagi sebagian orang ubahan eksterior Daihatu New Sirion 2020 terlihat lebih modis. Okelah yang berubah cuma bumper saja, tapi hal tersebut cukup berpengaruh ke proporsi mobil yang terlihat semakin agresif.

2. Mesin irit dan bertenaga

Mesin 1-NR VE Dual VVT-i New Sirion

Mesin yang dipakai New Sirion 2020 cukup bertenaga dan irit

Daihatsu New Sirion 2020 mempertahankan mesin 1NR-VE DOHC Dual VVT-i dari model pre-facelift. Mesin berkapasitas 1.329cc itu menghasilkan tenaga 95 PS dan torsi 119 Nm, cukup besar untuk sebuah city car.

Karakteristik penyaluran tenaga mesin baru ini terasa halus di putaran mesin rendah, namun sebagai gantinya tarikan mobil jadi lebih bertenaga di rpm tengah sampai tinggi. Apalagi dengan teknologi Drive by Wire yang mampu menjaga efisiensi bahan bakar secara optimal.

3. Kabin lapang dan praktis

Kabin Daihatsu New Sirion 2020

Daihatsu Sirion terkenal dengan kabinnya yang lapang

Punya dimensi panjang 3.895 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.525 mm, Daihatsu New Sirion 2020 memiliki dimensi yang cukup lapang, baik di depan ataupun belakang. 

Untuk penumpang dewasa dengan postur sampai 177 cm, kabin masih menyisakan legroom dan headroom yang sangat memadai. Bagaimana soal bagasi? 

Masih sama seperti model pre-facelift sih, ekitar 277 liter dengan kursi belakang ditegakkan. Namun, ukuran segini cukup impresif untuk ukuran sebuah city car.

Bagasi Daihatsu Sirion

Kapastias bagasi Daihatsu Sirion juga terhitung besar

Tidak cuma lapang, kabin New Sirion juga punya slot penyimpanan yang beragam seperti side door pocket, glove box, console tray, USB dan power outlet, dan lainnya.

4. Fitur melimpah

Salah satu nilai jual Daihatsu New Sirion 2020 adalah fitur yang melimpah. Mulai dari AC digital, head unit 7 inci dengan fitur seperti MirrorLink, USB & Bluetooth, DVD hingga layar sentuh yang informatif.

Head unit Daihatsu Sirion 2020

Head unit baru ini juga bisa menampilkan kamera mundur

Fitur terkini lainnya adalah engine start/stop button dengan keyless entry, kamera mundur, sensor parkir depan dan belakang, sampai pengatur AC digital. Daihatsu New Sirion 2020 sudah dilengkapi fitur keselamatan yang jauh lebih lengkap dari pendahulunya. 

Fitur keamanan Daihatsu Sirion 2020

Fitur safety Daihatsu Sirion sudah sangat lengkap

Sebut saja rem Anti-Lock Brake System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), sampai Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control (TRC). Tentu tidak melupakan fitur keamanan standar seperti empat airbag (dua depan, dua samping), dan seatbelt tiga-titik untuk seluruh penghuni mobil Sirion.

5. Jaringan servis mumpuni

Dealer Daihatsu

Baiknya layanan purnajual Daihatsu juga memberikan peace of mind

Sebagai mobil keluaran Daihatsu, Sirion ditunjang dengan bengkel resmi dan layanan purnajual yang tergolong sangat baik. Jumlah dealer dan bengkel resmi Daihatsu sudah tersebar cukup baik di berbagai kota Indonesia. Spareparts mobil ini pun cukup mudah didapat.

Kekurangan

1. Harga sedikit lebih mahal dibandingkan kompetitor

Daihatsu New Sirion memiliki rival yang cukup populer seperti Honda Brio RS di Rp 197,5 juta atau Suzuki Ignis yang dibanderol Rp 195 juta. Atau jika memilih yang sedikit lebih up market, bisa melirik KIA Picanto GT yang dibanderol Rp 220 juta.

2. Masih CBU, fitur dipangkas

Daihatsu New Sirion 2020 tidak dirakit di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor mengimpor mobil ini dari Malaysia dengan penyesuaian fitur untuk tanah air.

Di negara asalnya, New Sirion 2020 atau terkenal dengan Perodua Myvi punya fitur canggih seperti pre-collision braking. Sayangnya, Indonesia tidak menyertakan fitur itu untuk mobil di Indonesia, mungkin untuk menekan harga.

3. Akselerasi awal kurang ngegigit

Daihatsu New Sirion 2020

Akselerasi awal New Sirion 2020 bisa dibilang terlalu halus

Seperti dijelaskan di atas, teknologi drive-by wire membuat delivery tenaga mesin di putaran awal terkesan halus. Itu memang bagus di sisi efisiensi bahan bakar dan kenyamanan, namun terasa sedikit kurang menggugah mengingat mobil ini ditujukan untuk anak muda.

4. Kursi masih fabric

Kursi Daihatsu New Sirion 2020

Agak sedikit disayangkan kursi mobil belum dilapisi kulit

Secara kabin, Daihatsu New Sirion 2020 sih udah cukup lega dan sangat mumpuni. Tapi masih ada kurangnya nih, material kursi yang masih memakai fabric agak sedikit mengganjal dan kurang nyaman.

Solusinya, Anda bisa memakai sarung jok berbahan kulit yang terasa lebih mewah dan nyaman, dan juga menjaga material asli jok mobil.

Kesimpulan

Daihatsu New Sirion 2020

Meski sedikit mahal, Daihatsu New Sirion 2020 adalah pilihan City Car yang sangat menarik

Meski tidak sepopuler city car lain seperti Honda Brio atau Suzuki Ignis, Daihatsu New Sirion 2020 patut dipertimbangkan. Mobil ini punya mesin lebih besar dan bertenaga, kabin yang lebih lega, dan juga fitur lebih lengkap.

Okelah, dari segi harga memang ada selisih sekitar Rp 15-20 an juga, dan juga ada beberapa kelemahan lain yang patut dipertimbangkan. Tapi, menurut penulis hal tersebut tidak terlalu signifikan.

Derry

Sangat terobsesi dengan motorsport, penyuka mobil performa tinggi, khususnya dari Jerman.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Sirion X CVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil