Haval Monster 2022, SUV Stylish yang Bisa Bikin Fans Honda HR-V Berpaling

Prasetyo · 10 Nov, 2021 08:06

Haval Monster Animal

Haval meluncurkan sebuah SUV baru lagi di Cina. Penamanya pun cukup unik, yakni Haval Monster 2022. Mobil ini ditawarkan dalam enam varian tipe dan dua pilihan mesin. Harganya juga cukup menggiurkan, yakni dipatok pada rentang Rp293 jutaan - Rp376 jutaan.

Dilihat dari postur tubuhnya, Haval Monster 2022 sepertinya cocok untuk disandingkan dengan Honda HR-V. Namun kalau melihat benderol harga, maka jelas Honda akan langsung angkat tangan karena Haval mampu sediakan mobil yang jauh lebih murah.

Haval Monster 2022 -1

Ada diskon khusus kalau membeli selama waktu pre-order

Apalagi kalau konsumen membeli selama masa pre-order. Maka pabrikan bakal memberikan diskon 20%. Kemudian ada juga tambahan diskon 36% bagi pembeli yang beruntung. Dan setiap pembeli akan diganjar biaya perawatan berkala gratis selama 6 tahun. Kalau mau tukar tambah dengan mobil lama, maka konsumen dikasih lagi tambahan subsidi diskon sampai Rp13 jutaan.

SUV Compact Haval dengan Desain Menawan

Haval Monster 2022 -1

Tampilannya stylish dan ada sentuhan sporty

Meskipun namanya Monster, namun secara desain Haval SUV ini tidaklah menakutkan. Malah lebih ke arah modern stylish. Lihat saja di bawah kap mesin ada lampu pipoh yag memanjang. Lampu ini bertugas sebagai Daytime Running Light (DRL) dan lampu sein. Sedangkan lampu utamanya ada di bagian sisi bemper sebelah kiri dan kanan.

Baca juga : Haval Sodorkan H6S, Coupe SUV yang Lebih Murah dari Wuling Almaz RS

Haval Monster 2022 -3

Dari samping mirip HR-V

Desain grilnya dibuat lebar dan tampak agresif. Yang menarik adalah keberadaan lampu utama yang seakan tertutup lekuk bemper. Terlebih lagi, desain lampu ini juga tersamar dengan gril, bukan seperti  kebanyakan yang hadri dalam model lingkaran atau persegi.

Haval Monster 2022 -4

Di atap ada roof rail

Siluet tubuhnya juga rupawan. Atap melandai di bagian belakang. Gagang pintu juga model sentuh elektrik jadi untuk membukanya harus sentuh terlebih dahulu baru handle pintu ini keluar. Dan ketika pintu terkunci, maka ia akan rata dengan bodi.

Haval Monster 2022 -5

Dari belakang terlihat agresif

Di bagian samping juga Haval memberi imbuhan aksen oranye. Sementara di belakang, lampu stop dibuat sangat agresif. Spoiler atap juga mendukung tampilan sporty, ditambah diffuser belakang dengan tmapilan cukup eye catching.

Interiornya Nyaris Tanpa Tombol

Haval Monster 2022 -6

Semua navigasi dari tombol di setir

Masuk ke ruang kabin Haval Monster 2022 dipastikan Anda bakal terkejut. Karena hampir tak ada tombol fisik di interior mobil tersebut. Gantinya dua monitor besar yang displit satu bagian sebagai meter cluster, satu lagi utuk sistem hiburan.

Kemudian di konsol tengah juga tak ada tuas transmisi seperti layaknya mobil lain. Yang ada cuma berupa touch pad dan console box penyimpanan barang ukuran kecil. Tombol-tombol cuma ada di lingkar kemudi untuk mengoperasikan menu pada monitor tersebut.

Baca juga : Honda HR-V Kemahalan? Tenang Ada Haval Jolion, Fitur Melimpah Harga Ramah

Haval Monster 2022 -7

Desain setir juga terlihat modern

Layout kokpitnya sendiri cenderung driver oriented. Mengingat posisi monitor sedikit condong ke arah pengemudi. Dasbornya dibuat rata, sementara kisi-kisi AC ada di kedua sisi dasbor dan di konsol tengah. Untuk joknya juga pakai jahitan warna oranye yang senada aksen pada eksterior. Walau demikian ada pula opsi warna kabin kombinasi merah muda dan putih.

Haval Monster 2022 -8

Ada beberapa pilihan warna interior

Namun bicara soal ruang kaki dan kepala, meskipun dimensi Haval Monster 2022 cukup compact, nyatanya kelapangan kabin patut diacungi jempol. Baik di penumpang depan maupun penumpang belakang, akan merasakan kelapangan yang serupa.

Pakai Mesin Turbo

Haval Monster 2022 -9

Ad apilihan mesin turbo 1.500 cc dan 2.000 cc

Dari segi tenaga, SUV Haval terbaru ini dibekali dua pilihan mesin. Pertama mesin 1.5-liter Turbo 4 silinder berkodekan 4B15C. Dikombinasikan gearbox kopling ganda 7 percepatan, mesin tersebut mampu memuntahkan daya maksimum 186 PS dengan tosi puncak 275 Nm.

Model kedua menggunakan mesin 2.0 Turbo yang berdaya 227 PS dengan torsi 345 Nm. Tipe ini juga menggunakan transmisi 7-speed dual clutch yang menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD) dan ada satu varian 4WD.

Harga Lebih Murah dari Honda HR-V

Perbandingan Harga
Haval Monster di Cina Honda HR-V di Indonesia
Tipe Harga Tipe Harga
1.5T Smart Collar Rp294 jutaan 1.5L S MT Rp294,7 juta
1.5T Smart Enjoy Rp309 jutaan 1.5L S CVT Rp305 juta
1.5T Zhizun Rp332 jutaan 1.5L E CVT Rp327,4 juta
2.0T Smart Enjoy Rp332 jutaan 1.5L E CVT Special Edition Rp344,6 juta
2.0T Zhizun Rp354 jutaan 1.8L Prestige Rp409,8 juta
2.0T Zhizun 4WD Rp376 jutaan    


Kalau melihat banderol Haval Monster 2022 tentu jauh lebih murah dibanding Honda HR-V. Bahkan di tipe tertinggi sekalipun yang sudah menggunakan sistem pengegran 4WD, harganya masih selisih Rp33 jutaan dibanding HR-V bermesin 1.8-liter.

Lantas kalau muncul pertanyaan berikutnya tentang kemungkinan mobil ini juga masuk Indonesia, rasanya sangat positif. Mengingat Haval juga telah berencana menjajaki pasar Tanah Air. Sehingga bisa saja dalam beberapa bulan ke depan nanti pesaing Honda HR-V tersebut melenggang di jalanan Indonesia.

Baca juga : Great Wall Motors Sudah Daftarkan Paten Dua Mobil di Indonesia, Haval H6 dan Sedan Listrik

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda HRV 1.5L S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru