Hengrun HRS1, Mobil Cina Murah yang Terinspirasi dari Suzuki Jimny

Prasetyo · 11 Jun, 2021 15:30

Mobil Cina Hengrun HRS1

Ini adalah Hengrun HRS1, mobil Cina berdimensi compact yang digerakkan menggunakan tenaga motor serta baterai listrik. Uniknya, Hengrun HRS1 menggunakan desain yang kabarnya terinspirasi dari Suzuki Jimny.

Ini lantaran Suzuki Jimny begitu populer di Negeri Panda itu. Dikutip dari Carnewschina, Jumat (11/06/2021), bahkan peminat Jimny bukan cuma dari para pria penyuka mobil petualang.  Kaum wanita paruh baya juga begitu menggilai Suzuki Jimny.

Tetapi karena Suzuki tidak memproduksi Jimny di Cina dan unit yang dijual di sana diimpor secara utuh, maka harga mobil itu pun relatif tinggi. Sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa membelinya.

Baca juga : Pakai Mesin Swift Sport, Suzuki Jimny 5 Pintu 2022 Bakal Punya Torsi Lebih Kuat dari Honda Civic Turbo

Hengrun HRS1 2021

Siluet bodinya mirip Suzuki Jimny

Dianggap Lebih Baik dari Suzuki Jimny

Melihat peluang di pasar SUV compact dengan harga lebih terjangkau, Hengrun HRS1 pun diciptakan sebagai mobil Cina murah yang juga masuk di pasar serupa Jimny. Bahkan mobil Cina ini juga dijadikan mobil listrik. Sesuatu yang selama ini belum dilakukan Suzuki untuk Jimny selama lebih dari satu dekade.

Mobil ini merupakan hasil produksi sebuah perusahaan bernama Hunan Hengrun Automobile. Berbasis di Kota Xiangtan, Provinsi Hunan, Cina, sejak 2014 perusahaan ini telah memproduksi lebih dari 100.000 kendaraan listrik. Selain HRS1, mereka juga punya model berbasis baterai listrik lainnya untuk segmen MPV dan sedan.

Tiruan Suzuki Jimny dari Cina sebenarnya bukan kali pertama terjadi. Tetapi Hengrun HRS1 diklaim lebih baik dari apa yang pernah dilakukan produsen mobil asal Cina lain yang mencontek dari Jimny.

Hengrun HRS1 China

Bentuk bagian depan dan belakang dibuat berbeda dari Jimny

Pakai Baterai Listrik yang Bisa Bertahan Sejauh 305 km Sekali Cas

HRS1 menggunakan motor listrik tunggal dengan baterai berkekuatan 28 kWh. Tenaga yang dihasilkan setara 44 hp dengan torsi 140 Nm. Daya lesatnya mampu hingga 102 km/jam. Dan baterai dapat digunakan untuk berkendara sjeauh 305 kilometer (km).

Kalau baterai kehabisan daya listrik, dapat diisi ulang selama 9 jam dengan sumber listrik 220 volt. Tapi kalau pakai sistem fast charging cuma membutuhkan waktu 40 menit.

Baca juga : Menarik Untuk Diulas, Toyota Raize Vs Suzuki Jimny Mana yang Pantas Untuk Dimiliki Saat Ini?

Hengrun HRS1 Interior

Bisa untuk 4 penumpang

Perusahaan Yakin Bukan Tiru dari Suzuki Jimny

Meskipun dianggap punya karakteristik dan memasuki pasar yang serupa dengan Suzuki Jimny, tapi Hengrun mengklaim kalau mereka tidak meniru Jimny. Hal tersebut coba dibuktikan dengan desain bagian depan dan belakang yang jauh berbeda dari Jimny. Meksipun secara siluet masih agak mirip.

Sementara di ruang kabinnya, mobil ini berkonfigurasi empat tempat duduk. Namun hanya dua jok ukuran besar di bagain depan, sisanya di belakang lebih layak diisi anak-anak.

Di sisi pengemudi juga sudah ada digital meter cluster. Serta di bagian tengah dasbor ada headunit dengan layar cukup besar dan telah memiliki fitur rear parking camera. Sesuatu yang belum ada di Jimny.

Hengrun HRS1 Meter Cluster

Meter cluster sudah full digital

Harga Hengrun HRS1 Cuma Rp100 jutaan

Yang terakhir akan kita bahas adalah perihal harga. Dengan teknologi mesin dan motor listrik yang punya daya jelajah hingga 305 km dalam sekali isi daya, berapakah harga Hengrun HRS1?

Ternyata mobil Cina murah ini cuma dibanderol mulai dari 49.800 Yuan atau kira-kira Rp110 jutaan. Bandingkan dengan harga Suzuki Jimny di Cina yang sentuh 144.800 Yuan (Rp321,5 juta).

Baca juga : 5 Hal yang Baru di Suzuki Jimny 5 Pintu, Bukan Cuma Tambah Panjang Tapi Juga Lebih Kuat!

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Suzuki Jimny MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru