window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hindari Cepat Kusam, Begini Cara Merawat Cat Mobil Putih

Samuel Tito · 30 Jul, 2020 20:00

Cara merawat cat mobil putih berbeda dengan cara merawat warna cat mobil lain. Mobil yang berwarna cerah cenderung lebih diperhatikan. Warna-warna cerah sangat rentan terhadap kotor. Hanya sedikit debu atau noda lain yang menempel akan sangat terlihat. Baik dari jarak dekat atau bahkan jarak jauh sekalipun.

Satu hal yang perlu perhatikan dalam hal merawat cat mobil putih adalah tidak malas membersihkannya. Pada artikel ini dibahas lebih lanjut tentang cara merawat cat mobil putih yang mungkin bisa Anda jadikan referensi, mari simak penjelasan dari Autofun sebagai berikut.

Hindari Cepat Kusam, Begini Cara Merawat Cat Mobil Putih 01

1. Menjaga Kebersihan Mobil

Mobil dengan dasar putih sangat rentan terhadap kotoran atau debu. Justru saat ini trennya adalah warna mobil putih. Bagi pemilik kendaraan yang memutuskan untuk memilih putih daripada warna lain seperti hitam, abu, perak. Jika ditanya mengapa memilih warna putih, jawabannya sangat singkat menjadi tren.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Warna hitam dianggap normal dan ketinggalan zaman. Memilih warna putih, berarti Anda harus tahu konsekuensi rajin membersihkannya. Selalu bersih setelah digunakan, terutama dalam jarak yang cukup jauh, debu pasti tebal.

Jangan biarkan rasa malas Anda membuat mobil berkelir putih terlihat terabaikan. Untuk membersihkan setiap hari kerja (hari kerja), Anda hanya perlu mengelapnya menggunakan hanya kanebo setengah basah.

Sementara itu, pada hari libur (akhir pekan), Anda merawat cat mobil putih dengan mencucinya secara menyeluruh dan membersihkan bagian dalamnya.

2. Tidak Sering Dijemur Langsung di Bawah Sinar Matahari

Hindari Cepat Kusam, Begini Cara Merawat Cat Mobil Putih 01

Saat ini untuk mendapatkan lokasi parkir cukup sulit dan sering berebut dengan orang lain. Istilahnya siapa yang cepat dia bisa dapat. Terutama di daerah perkotaan yang dikenal sangat padat dalam volume kendaraan.

Yang ada malah parkir sembarangan di pinggir jalan raya. Mau bagaimana lagi jika situasinya mengharuskan mereka untuk melakukan itu. Maka banyak perusahaan tidak menyediakan parkir mobil beserta atapnya. Parkir hanya disediakan di halaman khusus.

Jika Anda menghadapi masalah seperti ini, Anda harus lebih pintar dan berpikir panjang. Anda sebenarnya masih bisa melindungi mobil Anda dari terik matahari atau hujan. Gunakan penutup mobil yang dilengkapi dengan perlindungan UV.

Yang terpenting Anda tidak malas melakukan ini. Tutup setiap pagi dan lipat tutupnya dengan rapi saat Anda pulang. Dengan begitu cat mobil Anda akan bertahan lama dan tidak akan cepat pudar. Anda juga dapat belajar tentang menghilangkan baret mobil.

3. Jangan Mencuci Mobil Putih di Bawah Sinar Matahari

Hindari Cepat Kusam, Begini Cara Merawat Cat Mobil Putih 02

Cara selanjutnya untuk merawat cat mobil putih adalah menghindari mencuci di bawah sinar matahari. Kebanyakan orang pada umumnya sebenarnya lebih suka mencuci di bawah sinar matahari langsung daripada di tempat teduh. Dengan harapan mobil akan cepat kering karena sinar matahari. Meskipun tindakan ini salah.

Mencuci di bawah sinar matahari sebenarnya akan mempercepat perubahan dan merusak warna mobil Anda. Mengapa demikian? Saat Anda mencuci mobil menggunakan sabun atau sampo, Anda pasti akan mengelapnya terlebih dahulu sebelum dibilas.

Adanya rentang waktu saat mengeringkan bagian-bagian tertentu mobil yang masih berbusa karena sabun atau sampo. Sabun dan sampo kering yang belum dibilas itu akan berkontribusi merusak cat putih di mobil.

Banyak orang tidak menyadarinya. Bila memungkinkan selesai cuci segera bilas per bagian - bagian. Sama halnya dengan limbah air. Solusi terbaik adalah mencuci mobil di tempat teduh. Kecuali jika Anda mencuci hanya menggunakan air tanpa sabun atau sampo, itu tidak masalah. Anda juga dapat belajar tentang cara merawat dashboard mobil.

4. Gunakan Sabun dan Shampo Khusus

Hindari Cepat Kusam, Begini Cara Merawat Cat Mobil Putih 03

Untuk urusan sabun dan sampo jangan gunakan sembarangan ya. Jangan gunakan sabun mandi, sabun cuci piring, atau sampo untuk rambut. Penggunaan yang tidak sesuai dengan fungsinya akan merusak cat mobil Anda.

Disarankan untuk gunakan sabun dan sampo khusus mobil untuk mencuci mobil. Dengan begitu cat mobil Anda akan tetap bersih dan warnanya bisa bertahan lama.

5. Ikuti Metode Pembilasan yang Tepat

Hindari Cepat Kusam, Begini Cara Merawat Cat Mobil Putih 04

Proses pembilasan sendiri harus menggunakan metode yang benar sehingga tidak ada bercak sabun atau sampo yang muncul. Cara yang benar untuk membilas adalah satu arah saja. Anda bisa mulai dari atas ke bawah, bertujuan untuk segera membersihkan sabun dan kotoran sehingga segera turun dengan cepat tanpa meninggalkan residu yang nantinya akan menyebabkan bercak.

Selain itu, jika menerapkan pembilasan dari atas ke bawah akan menghindari kotoran yang menempel di celah-celah mobil yang akan menyulitkan diri Anda. Anda juga dapat mempelajari tentang perawatan mobil bekas.

6. Manfaatkan Lap Dengan Daya Serap Yang Baik

Hindari Cepat Kusam, Begini Cara Merawat Cat Mobil Putih 05

Penggunaan kain dengan daya serap yang baik akan membantu mempercepat pengeringan mobil Anda setelah dicuci. Perbedaan mendasar adalah pengeringan menggunakan kain dan pengeringan langsung dengan menggunakan sinar matahari.

Penggunaan waslap tidak akan membuat bercak-bercak pengeringan air, sementara penggunaan sinar matahari akan meninggalkan bercak-bercak pengeringan air.

Kesimpulan Merawat Cat Mobil Putih

Jadi kesimpulnya artikel tentang cara merawat cat mobil putih ini, dengan diperinci dan dikemas secara menarik, diharapkan dapat membantu memfasilitasi pembelajaran dan memahaminya lebih dalam cara merawat cat mobil putih.

Diharapkan bisa dijadikan bahan referensi yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sampai disini dulu, artikel yang membahas cara merawat cat mobil putih. Semoga bermanfaat bagi para pemilik mobil dengan pilihan warna putih.

Samuel Tito

Automotive writer who cover in-depth reports in an easy-to-understand for the readers

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil