window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hindari Penyebaran Covid-19, Bayar Pajak Mobil 2021 Sebaiknya via Online

Yongki Sanjaya · 6 Jan, 2021 13:00

Hindari Penyebaran Covid-19, Bayar Pajak Mobil 2021 Sebaiknya via Online 01

Persebaran virus Covid-19 semakin merajalela, sehingga risiko penularan juga makin tinggi. Supaya bisa menekan penyebaran virus Corona di 2021 ini, alangkah baiknya bayar pajak kendaraan baik itu mobil atau motor kita lakukan secara online. Tenang saja, caranya cukup mudah kok. 

Artinya, bayar pajak kendaraan sekarang tidak perlu repot-repot datang dan antre di SAMSAT. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, cara ini bisa kurangi kerumunan orang di SAMSAT yang kadang berjubel saat bayar pajak kendaraan.

Pembayaran pajak kendaraan bisa dilakukan secara online, yaitu melalui Samsat Online Nasional (Samolnas), e-Samsat atau ATM. Sementara untuk wilayah DKI Jakarta bisa memakai e-Samsat atau langsung dari ATM untuk pembayaran pajak kendaraan tahunan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Hindari Penyebaran Covid-19, Bayar Pajak Mobil 2021 Sebaiknya via Online 01

Caranya adalah dengan datang langsung ke ATM bank yang sudah bekerjasama seperti Bank DKI, BRI, BNI, BTN, Bukopin dan Maybank. Sebagai catatan, pembayaran pajak secara online ini hanya untuk pajak tahunan, bukan yang ganti plat lima tahunan. 

Di sisi lain, pembayaran pajak motor atau mobil yang dilakukan secara online dinilai bisa menghemat waktu bagi pemilik kendaraan yang sedang sibuk. Untuk pengesahannya, kita tetap harus datang ke kantor SAMSAT guna mencetak lembar pajak dan stempel pengesahan di STNK. 

Pihak SAMSAT memberikan jeda waktu pengesahan selama 30 hari setelah pembayaran pajak kendaraan secara online. Kita bisa melakukannya di hari Sabtu atau waktu hari kerja saat kita sempat datang ke SAMSAT.

Bayar Pajak Online 2021 Bisa di Mana Saja

Hindari Penyebaran Covid-19, Bayar Pajak Mobil 2021 Sebaiknya via Online 02

Pembayaran pajak kendaraan yang bisa dilakukan melalui SAMSAT online di Jakarta dan provinsi lainnya hanyalah untuk pajak tahunan. Sementara itu, perpanjangan STNK lima tahunan tidak bisa dilayani, begitu juga dengan denda untuk kendaraan yang terlambat membayar pajak.

Berikut ini persyaratan untuk bayar pajak kendaraan bermotor melalui SAMSAT online:

  • Kendaraan bermotor keadaan pengesahaan STNK 1 Tahun.
  • Kendaraan bermotor keadaan tidak ganti STNK.
  • Kendaraan bermotor keadaan disertai dengan BPKB, KTP pemilik asli dan STNK.
  • Kendaraan bermotor keadaan tak terlambat lebih dari 1 Tahun.
  • Kendaraan bermotor tidak berkeadaan hilang atau rusak, lapor jual, laka dan kriminal.

Pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui transfer ATM atau mobile banking mensyaratkan untuk identitas di rekening tabungan harus sama dengan KTP, STNK, BPKB Identitas Pemilik Kendaraan Bermotor. Selain itu, nomor ponsel yang digunakan untuk akses mobile banking datanya juga harus teregistrasi sama seperti dengan yang ada di KTP.

Bayar Pajak Kendaraan Secara Online Mudahkan Pemilik Mobil Saat Diperantauan

Hindari Penyebaran Covid-19, Bayar Pajak Mobil 2021 Sebaiknya via Online 03

Pembayaran via online ini juga mengakomodir kalian yang sedang berada di luar kota. Hal ini tentunya membuat kamu bisa tetap melaksanakan kewajiban bayar pajak kendaraan sekalipun di perantauan. Syaratnya, kota atau provinsi di mana kamu tinggal juga harus memakai sistem e-SAMSAT sehingga bisa saling terintegrasi.

Hal yang perlu diperhatikan, kamu hanya bisa membuka alamat web e-SAMSAT sesuai dangan kota asal dari alamat yang tercantum di STNK.  Misalnya saja kamu dengan KTP dan STNK asal Maospati (Magetan) sedang dinas di Jakarta, maka tetap mengakses e-SAMSAT Jawa Timur, bukan DKI Jakarta.

Kalau ingin bayar pajak secara online, kita bisa mengunduh aplikasi Samsat Online Nasional di Playstore Android atau membuka situs resmi Korlantas. Bila bingung atau ogah repot harus bolak balik ke SAMSAT, kamu bisa datang membayar pajak di gerai-gerai SAMSAT yang sudah ada.

Cara Bayar Pajak Kendaraan Secara Online 2021, Sudah Terintegrasi Antar Provinsi

Hindari Penyebaran Covid-19, Bayar Pajak Mobil 2021 Sebaiknya via Online 04

Struk bukti bayar pajak kendaraan online melalui ATM (Foto: Republika)

Saat kita memakai aplikasi SAMSAT Online Nasional maka harus mengisi data diri dan kendaraan. Kita harus memasukkan data pada kolom Nomor Polisi, NIK, Nomor Rangka Kendaraan sesuai dengan yang ada di BPKB dan STNK. 

Kalian akan mendapatkan balasan berupa “kode bayar” yang akan digunakan untuk menyelesaikan pembayaran melalui beberapa bank yaitu Bank DKI, BJB, BNI, BRI, dan BCA.

Berikut ini contoh pembayaran melalui ATM BNI:

  • Masukkan Kartu ATM dan input ATM Anda
  • Pilih Menu Lain.
  • Pilih Menu Pembayaran.
  • Pilih Menu Pajak/Penerimaan Negara.
  • Pilih Menu e-Samsat.
  • Ketik 4 digit Kode Institusi Samsat Nasional (1500) + Kode Bayar, contoh : 150031234242526.

Setelah tagihan muncul dan keterangannya sesuai dengan data kendaraan berikut identitas pemilik, kamu dapat melanjutkan dengan melakukan pembayaran. Simpan bukti transaksi dan bawa bukti pembayaran ke Kantor Samsat terdekat untuk melakukan pengesahan STNK dan pengambilan lembar pajak.

Melakukan Pengesahan Lembar Pajak Online di SAMSAT

Hindari Penyebaran Covid-19, Bayar Pajak Mobil 2021 Sebaiknya via Online 05

Batas waktu penukaran struk pembayaran untuk pengesahan dari ATM maksimal 30 hari setelah pembayaran via transfer dilakukan. Bila melebihi tanggal yang ditentukan dan tidak melakukan pengesahan STNK, maka kendaraan dinyatakan tidak sah secara operasional.

Perlu diingat bahwa pada saat melakukan pengesahan di SAMSAT, kamu harus membawa bukti pembayaran, KTP dan STNK yang asli untuk diserahkan ke loket pembayaran. Petugas akan melakukan verifikasi dengan mencocokkan data dari KTP berikut STNK dengan data yang ada saat mencetak lembar pajak kendaraan. 

Setelah verifikasi, petugas akan mencetak lembar pajak yang baru sekaligus membubuhi stempel berikut paraf pengesahan di lembar STNK. Untuk mencetak lembar pajak dan pengesahan STNK ini bisa kamu lakukan di SAMSAT terdekat, jadi tidak perlu pulang ke kota asal. 

Kesimpulan

Seiring kemajuan teknologi, kita kini semakin mudah dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Apabila sedang berada di perantauan, kita akan sangat terbantu untuk bayar pajak kendaraan secara online. Selain praktis, kita juga bisa menghindar dari kerumunan antrian di SAMSAT.

Inovasi ini jelas memudahkan, karena kita tidak perlu lagi pulang ke kota asal cuma untuk bayar pajak kendaraan bermotor. Sistem online ini membuat kita bisa bayar pajak kendaraan dan melakukan pengesahan di SAMSAT mana saja.  

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil