Hino RM 280, Apa Kelebihan Bus Terbaru Hino Berstandar Euro4 Ini?
Enda · 14 Mar, 2022 14:30
0
0
Guna mendukung program pemerintah serta memenuhi ketentuan baku mutu emisi gas buang standar Euro4 yang berlangsung pada April mendatang, beberapa waktu lalu PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengenalkan salah satu line up terbarunya, yakni Hino RM 280.
Sebagai kendaraan niaga berpenumpang yang bermain di segmen big bus, RM 280 diketahui bukan cuma mengaplikasikan mesin baru dengan standar Euro4, tapi juga memiliki berbagai macam keunggulan.
Ingin tahu apa saja keunggulan yang dimiliki bus Hino RM 280? Simak ulasannya berikut ini.
Menggunakan Sasis Jenis Space Frame, Hino RM 280 Bisa Muat Barang Lebih Banyak
Berbeda dengan R 260 yang masih mengandalkan sasis jenis ladder frame, Hino RM 280 sendiri telah mengaplikasikan sasis bermodelkan space frame. Keunggulan dari sasis jenis ini, bus bisa membawa barang bawaan penumpang lebih banyak. Hal ini dikarenakan space frame memiliki bagasi yang dibuat tembus untuk kedua sisinya.
Keunggulan lain dari bus Hino RM 280 dengan sasis space frame memiliki berat total kendaraan atau Gross Vehicle Weight (GVW) mencapai 16 ton. Dengan begitu RM 280 lebih bisa diandalkan bahkan tak kalah saing dengan rivalnya Mercedes Benz OH 1626.
Bus Hino RM 280 Punya Tenaga Lebih Besar
Selain mampu mengangkut lebih banyak barang karena memiliki bagasi yang luas, keunggulan lain yang dimiliki Hino RM 280 ada pada jantung mekanisnya. Dimana untuk dapur pacunya, Hino telah menyematkan mesin baru berkodekan J08E-WD 6-silinder segaris dengan teknologi Variable Geometric Turbocharger (VGT) Intercooler ber-common rail yang dapat melecutkan tenaga sebesar 280 PS serta torsi maksimal 823 Nm.
Sedikit membandingkan angka performa yang diperoleh R 260, RM 280 lebih besar 20 PS dan untuk torsi unggul 78 Nm. Dengan begitu RM 280 tentunya lebih bertenaga sekaligus dapat bisa diandalkan ketika dipacu di trek lurus serta melintasi jalan yang berbukit.
Sebagai informasi, mesin yang dibenamkan pada RM 280 berhasil dilengkapi dengan Exhaust Gas Recirculation (EGR) sebagai system untuk menurunkan kadar Nox pada gas buang yang berbahaya bagi pernapasan manusia. Ada juga Diesel Oxidation Catalyst (DOC) yang bertugas untuk mengurangi emisi gas buang karbon monoksida (CO) dan Hidrokarbon (HC), injector dengan full Diamond Like Coating (DLC), dan terakhir ECU sebagai pusat pengendalinya.
Pakai Transmisi Baru dengan 7 Tingkat Percepatan
Menggunakan struktur RR (Rear Engine Rear Drive) yaitu mesin diletakan di belakang yang disalurkan ke penggerak roda belakang (RWD), untuk tingkat percepatannya Hino RM 280 menggunakan transmisi baru berkodekan MX07 dengan 7 speed maju dan 1 speed untuk mundurnya.
Untuk diketahui, transmisi anyarnya ini mengaplikasikan fitur dual overdrive yang disinyalir mampu meningkatkan efisiensi bbm serta keawetan pada mesin, terlebih jika sering dipacu dalam kecepatan tinggi.
Sistem Pengereman Menganut Fitur ABS
Dari segi pengendali laju, Hino juga memberikan upgrade sistem pengereman terhadap RM 280. Dimana rem full air brake dengan sirkuit ganda yang didukung exhaust brake, kini dilengkapi dengan fitur Anti-lock Breaking System (ABS).
Dengan adanya fitur ini, pengemudi bisa mencegah terjadinya penguncian pada roda ketika melakukan pengereman secara mendadak atau menginjak peda rem secara keras. Tak hanya itu, ABS juga dapat menjaga keamanan ketika berkendara di jalan yang licin.
Secara spesifikasi, bus Hino RM 280 telah diaplikasikan suspensi udara dengan double acting shock absorber & stabilizer / wide air bellow suspension. Menggunakan suspensi udara dengan model wide, RM 280 disinyalir mempunyai kestabilan sasis lebih baik dibandingkan beberapa sasis bus dengan suspensi udara berjeniskan narrow.
Mengandalkan suspensi udara model wide, RM 280 sangat direkomendasikan untuk menggunakan body dengan dimensi tinggi. Terlebih soal panjangnya, bus terbaru Hino ini mencapai 11.677 mm dengan lebar 2.490 dan wheelbasenya berada di angka 6.000 mm.
Selain tangguh, dengan menggunakan body tinggi Hino RM 280 juga terlihat lebih proposi.
Tampilan Speedometer Lebih Modern
Meski masih menggunakan model analog, untuk tampilan pusat informasinya RM 280 terlihat lebih modern sekaligus atraktif dibandingkan R 260. Dimana untuk sebelah kananya terdapat tachometer, di bagian tengah ampermeter dan thermometer mesin, serta speedometer di sisi kirinya.
Jumlah Baut Roda Hino RM 280 Lebih Banyak
Seperti RM 380 dan RN 285, Hino RM 280 mempunyai 10 baut di setiap rodanya. Memiliki jumlah baut roda yang banyak, tentunya secara durabilitas RM 280 lebih bisa diandalkan.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.