window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hino RM 280 Jadi Armada Baru di PO Pandawa 87 Tanpa Kaca Spion, Jadi Kelas Super Eksekutif?

Yongki Sanjaya · 29 Okt, 2022 14:00

Hino RM 280 Jadi Armada Baru di PO Pandawa 87 Tanpa Kaca Spion, Jadi Kelas Super Eksekutif? 01

PT Pandawa Wolu Pitu atau lebih dikenal dengan PO Pandawa 87 terkenal sebagai perusahaan bus dengan armada yang kekinian. Perusahaan bus yang bermarkas di Pasuruan, Jawa Timur, ini baru saja menambah armadanya dengan memakai Hino RM 280. Adapun bus tersebut dibangun oleh karoseri New Armada dengan body Skylander R22 SHD.

Acara handover ceremony bus terbaru PO Pandawa 87 dilakukan di karoseri New Armada yang bertempat di Jl. Mayjen. Bambang Soegeng No 7 Magelang. Serah terima ini dilakukan dengan penyerahan simbolis minature bus Hino yang diwakili oleh Anton Nugroho, Deputy GM Bus PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), dan Charles Hugo Wahyadiyatmika, Managing Director PT Mekar Armada Jaya kepada Gunawan Agung selaku owner PO Pandawa 87.

Hino RM 280 Jadi Armada Baru di PO Pandawa 87 Tanpa Kaca Spion, Jadi Kelas Super Eksekutif? 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Serah terima Hino Bus RM 280 kepada PO Pandawa 87, menandai kepercayaan yang diberikan oleh Pak Haji Gunawan Agung selaku pemilik PO Pandawa 87 kepada Hino. Sekaligus ini menjadi pembuktian kualitas bus Hino, yang mampu bersaing dikelas bus premium untuk meningkatkan keuntungan dan kemajuan bisnis pelanggan kami”, terang Anton Nugroho, Deputy GM Bus HMSI melalui keterangan resminya.

Bus Hino RM garapan New Armada untuk Pandawa 87 begitu canggih karena dilengkapi dengan desain spion kamera dengan variasi cover led biru yang menambah kesan futuristic. Pada bagian belakang bus, turut dilengkapi dengan layar LED screen untuk menampilkan gambar camera di depan bis ataupun informasi yang dapat terlihat bagi pengendara yang ada di belakang bus. 

Hino RM 280 Jadi Armada Baru di PO Pandawa 87 Tanpa Kaca Spion, Jadi Kelas Super Eksekutif? 01

Hal menari lainnya pada bus terbaru dari PO Pandawa 87 ini turut memiliki desain bagasi tembus dari kiri ke kanan yang memungkinkan motor masuk dalam bagasi tanpa harus dimiringkan. Rancangan bagasi tembus yang luas ini karena desain sasis di Hino RM 280 berupa space frame.

Interior Mewah Hino RM 280 Pandawa 87, Khas Bus Kelas Super Eksekutif

Hino RM 280 Jadi Armada Baru di PO Pandawa 87 Tanpa Kaca Spion, Jadi Kelas Super Eksekutif? 02

Pada bagian dalam, interior kabin didesain menghadirkan tampilan elegan dengan motif kayu di beberapa bagian dashboard dan interior. Pada Pilar A terdapat layar LCD di kiri dan kanan untuk menampilkan proyeksi gambar dari spion kamera. 

Fasilitas menarik untuk penumpang yaitu adanya charger, dan konsol untuk tempat minum serta interior yang dihiasi tata lampu dengan ambience. Fitur menarik lainnya yaitu terdapat layar Audio Video on Demand di setiap kursi penumpang, dengan konfigurasi kursi 2-1 layaknya kelas super eksekutif. Untuk bagian kursi penumpang, menggunakan material kulit berwarna coklat dari Rimba Kencana yang semakin menambah tampilan mewah.

Hino RM 280 Jadi Armada Baru di PO Pandawa 87 Tanpa Kaca Spion, Jadi Kelas Super Eksekutif? 03

Namun tidak disebutkan lebih detil, apakah Hino RM 280 dengan body Skylander ini bakal digunakan untuk bus AKAP reguler atau masuk divisi bus pariwisata yang dimiliki Pandawa 87. Sebagaimana diketahui, Pandawa 87 juga mengoperasikan bus AKAP yang salah satunya melayani rute Jakarta - Banyuwangi. 

Kelebihan Hino RM 280, Lebih Ideal Digunakan Jadi Bus SHD

Hino RM 280 Jadi Armada Baru di PO Pandawa 87 Tanpa Kaca Spion, Jadi Kelas Super Eksekutif? 04

Hino RM 280 bisa disebut meneruskan penjualan dari Hino RN 285 yang menjadi pelopor bus reguler Hino dengan suspensi udara built in. Keunggulan lain dari bus Hino RM 280 dengan sasis space frame memiliki berat total kendaraan atau Gross Vehicle Weight (GVW) mencapai 16 ton. Dengan begitu RM 280 lebih bisa diandalkan bahkan tak kalah saing dengan rivalnya Mercedes Benz OH 1626.

Adapun spesifikasi Hino RM 280 dirancang dengan wide air suspension yang meningkatkan stabilitas kendaraan untuk kenyamanan penumpang bila memakai body berjenis super high deck. Selain itu, Hino Bus RM 280 turut disematkan teknologi Overheat Control System (OCS) untuk mencegah adanya engine blow karena mampu menjaga kestabilan suhu mesin.

Hino RM 280 Jadi Armada Baru di PO Pandawa 87 Tanpa Kaca Spion, Jadi Kelas Super Eksekutif? 05

Keunggulan lain yang dimiliki Hino RM 280 ada pada jantung mekanisnya. Dimana untuk dapur pacunya, Hino telah menyematkan mesin baru berkodekan J08E-WD 6-silinder segaris dengan teknologi Variable Geometric Turbocharger (VGT) Intercooler ber-common rail yang dapat melecutkan tenaga sebesar 280 PS serta torsi maksimal 823 Nm.

Lebih lanjut, Hino RM 280 menggunakan transmisi baru berkodekan MX07 dengan 7 speed maju dan 1 speed untuk mundurnya. Teknologi pada transmisi anyarnya ini mengaplikasikan fitur dual overdrive yang disinyalir mampu meningkatkan efisiensi bbm serta keawetan pada mesin, terlebih jika sering dipacu dalam kecepatan tinggi. 

Hino RM 280 Jadi Armada Baru di PO Pandawa 87 Tanpa Kaca Spion, Jadi Kelas Super Eksekutif? 06

Hino juga memberikan upgrade sistem pengereman terhadap RM 280. Dimana rem full air brake dengan sirkuit ganda yang didukung exhaust brake, kini dilengkapi dengan fitur Anti-lock Breaking System (ABS).

Dengan adanya fitur ini, pengemudi bisa mencegah terjadinya penguncian pada roda ketika melakukan pengereman secara mendadak atau menginjak peda rem secara keras. Tak hanya itu, ABS juga dapat menjaga keamanan ketika berkendara di jalan yang licin. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil