window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hitung Konsumsi BBM Toyota Avanza 1.3 G, Seberapa Irit Dipakai Dalam Kota dan Luar Kota?

Nussa · 1 Mar, 2022 08:09

Hitung Konsumsi BBM Toyota Avanza 1.3 G, Seberapa Irit Dipakai Dalam Kota dan Luar Kota? 01

  • Konsumsi BBM Toyota Avanza 1.3 G apakah irit?
  • Tipe 1.3 G transmisi manual (M/T) adalah Toyota Avanza terlaris di Indonesia.

Salah satu mobil keluarga yang terlaris di Indonesia adalah Toyota Avanza. Terbukti multi purpose vehicle (MPV) ini sudah eksis di Tanah Air selama bertahun-tahun. Pertama kali Toyota Avanza dipasarkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) adalah pada tahun 2003 lalu. Toyota Avanza sendiri hadir dengan dua pilihan mesin, yakni 1.3 liter dan 1.5 liter.

Sistem transmisi yang ditawarkan juga ada yang otomatis dan manual. Tapi, yang paling dicari oleh konsumen adalah transmisi manual. Sebab, transmisi manual dinilai lebih irit dibandingkan dengan transmisi otomatis.

Dari dua tipe mesin tadi, yang paling banyak dicari adalah tipe 1.3 liter. Meskipun tenaganya terbilang pas-pasan, tapi cukup mumpuni untuk digunakan berkendara harian. Sebab, mesinnya juga sudah dibekali dengan teknologi Dual VVT-i. Sehingga, efisiensi bahan bakar minyak (BBM) yang dihasilkan bisa lebih irit.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Apalagi, dengan menggunakan transmisi manual, konsumsi bahan bakar bisa lebih dimaksimalkan dengan teknik berkendara eco driving. Sebab, pengendara akan bisa mengatur sendiri perpindahan giginya. Dengan begitu, beban kerja mesin bisa dibuat seefisien mungkin.

Contohnya, jika transmisi otomatis berpindah sendiri pada putaran mesin 3.000 rpm, sementara untuk transmisi manual pengendaranya bisa melakukannya pada putaran mesin 2.000 rpm hingga 2.500 rpm.

Baca juga : Bukan Cuma Tampang, Ini Perbedaan Toyota Avanza 1.3 G dengan Toyota Avanza 1.3 E

Desain Eksterior dan Interior Toyota Avanza 1.3 G MT

Hitung Konsumsi BBM Toyota Avanza 1.3 G, Seberapa Irit Dipakai Dalam Kota dan Luar Kota? 01

Interior Toyota Avanza 1.3 G tidak terlalu mewah, tapi juga tidak terlalu sederhana

Toyota Avanza ini sudah diberi fitur lampu kabut, tapi belum mengadopsi teknologi LED. Hanya lampu spion saja yang sudah menggunakan lampu LED. Pada bagian kaki-kaki, dibekali dengan velg alloy yang memiliki diameter 14 inci berwarna silver. Handle pintu menggunakan warna yang senada dengan bodi.

Beranjak ke buritan, Toyota Avanza 1.3 G ini dilengkapi juga dengan spoiler kecil yang terdapat lampu rem pada bagian atasnya. Selain itu, tampilannya juga lebih modern dengan penggunaan antena model shark fin.

Pada interiornya, Toyota Avanza tipe G ini memang tidak terlalu mewah, tapi juga tidak dibuat terlalu sederhana. Interiornya didominasi oleh warna hitam, dengan sedikit aksen silver dan beige pada beberapa bagian. Untuk joknya, masih dilapisi dengan material fabric berwarna gelap. Lalu, untuk meningkatkan kenyamanan penumpang di baris kedua dan ketiga, Toyota Avanza juga memiliki double blower.

Mobil ini banyak dipilih juga karena fitur-fitur yang dimiliki cukup banyak, seperti head unit dengan layar sentuh, pengaturan spion secara elektrik dengan retract, tilt steering, tombol audio di setir, power outlet di baris depan dan tengah, konsol boks tengah, lampu iluminasi konsol tengah, AC digital, dan lainnya.

Soal fitur keamanan dan keselamatan, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan airbag di 6 titik, seatbelt reminder, immobilizer, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Dual SRS Airbag, dan lainnya.

Dimensi Toyota Avanza 1.3 G MT
Panjang     4190 mm
Lebar     1660 mm
Tinggi     1695 mm
Berat     1045 kg
Jarak Terendah 200 mm
Jarak Poros Roda 2655 mm
Kapasitas Tangki 45 L

Baca juga : Toyota Avanza 1.3 E MT Vs Daihatsu Xenia 1.3 M MT, Lebih Mahal Rp15,3 Juta Avanza Pelit Fitur?

Spesifikasi Mesin Toyota Avanza 1.3 G MT

Mesin berkode 1NR-FE yang digunakan oleh Toyota Avanza memiliki kapasitas 1.300 cc, 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC dengan Dual VVT-i. Dari data spesifikasinya, mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimum hingga 96,5 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimumnya mencapai 123 Nm pada putaran mesin 4.200 rpm.

Data Spesifikasi Mesin Toyota Avanza 1.3 G MT
Tipe Mesin 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i
Kapasitas Mesin 1.329 cc
Jumlah Silinder     4
Transmisi     Manual
Tipe Transmisi 5 Percepatan
Tenaga Maksimal 96.5 PS / 6000 rpm
Torsi Maksimal 123 nm / 4200 rpm
Bahan Bakar Bensin

Konsumsi BBM Toyota Avanza 1.3 G MT

Hitung Konsumsi BBM Toyota Avanza 1.3 G, Seberapa Irit Dipakai Dalam Kota dan Luar Kota? 02

Toyota Avanza 1.3 G MT dibekali fitur yang cukup lengkap

Penghitungan konsumsi BBM Toyota Avanza dilakukan dengan rute dalam kota dan rute luar kota. Untuk rute dalam kota, penggunaan transmisi lebih dinamis, karena kondisi lalu lintas yang cenderung padat dan terdapat lampu lalu lintas. Sehingga, karakternya lebih stop and go.

Sedangkan untuk rute luar kota, putaran gigi relatif lebih panjang dan kecepatan kendaraan pun juga lebih stabil. Meskipun mobil melaju di kecepatan tinggi, tapi jika putaran mesinnya stabil, maka beban kerja mesin tidak seberat ketika mesin harus stop and go.

Dari pengetesan yang dilakukan oleh tim Autofun, untuk rute dalam kota, konsumsi BBM Toyota Avanza 1.3 G dengan transmisi manual dapat mencapai kisaran 13,5 kilometer per liter sampai dengan 14,6 kilometer per liter.

Sedangkan untuk rute luar kota, mobil ini memiliki konsumsi BBM di kisaran 18,4 kilometer per liter dengan kecepatan rata-rata di angka 80 kilometer per jam. Sementara dengan kecepatan rata-rata 60 kilometer per jam, konsumsi BBM Toyota Avanza 1.3 G dengan transmisi manual ini bisa tembus hingga 22 kilometer per liter.

Hasil tersebut tentunya berkat penggunaan sistem transmisi manual 5 percepatan dan dikombinasikan dengan teknologi Dual VVT-i dan DOHC. Sebab, mesinnya memiliki karakter lebih bertenaga saat di putaran atas, tapi tetap efisien saat penggunaan di dalam kota.

Tapi, tentunya hasil konsumsi BBM tiap pengendara bisa berbeda-beda. Ada banyak faktor yang dapat menentukan konsumsi BBM, mulai dari kondisi mesin, kondisi jalanan atau lalu lintas, tekanan udara tiap ban, gaya berkendara, dan lainnya.

Hitung Konsumsi BBM Toyota Avanza 1.3 G, Seberapa Irit Dipakai Dalam Kota dan Luar Kota? 03

Toyota Avanza 1.3 G MT masih banyak dicari kondisi bekasnya

Kesimpulan

Bagi yang ingin mencari mobil keluarga dengan mesin yang mumpuni untuk berkendara di dalam kota dan luar kota, Toyota Avanza 1.3 G MT sudah cukup bisa mengakomodasi kebutuhan tersebut. Apalagi, konsumsi BBM yang dihasilkan juga cukup irit. Selain itu, mobil bertransmisi manual tidak membutuhkan biaya perawatan sebesar mobil matik. Jadi, tak hanya harganya yang terjangkau, tapi biaya perawatannya juga.

Baca juga : Toyota Raize 1.2 G CVT vs Toyota Avanza 1.3 G AT, Pilih Nyaman Atau Muat Banyak?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil