Honda Accord 2021 Raih Rating Keselamatan Tertinggi dari ASEAN dan Amerika Serikat, Terbukti Aman?

Dhoni · 4 Mar, 2021 12:00

Honda Accord 2021 Raih Rating Keselamatan Tertinggi dari ASEAN dan Amerika Serikat, Terbukti Aman? 01

Honda Accord 2021 Raih 5 Bintang dari ASEAN & USA

Honda Accord 2021 telah berhasil meraih rate lima bintang dari ASEAN NCAP dan juga IIHS (Amerika Serikat) setelah menjalani serangkaian pengujian pada fitur keselamatannya. 

Baca juga: Apakah Honda Accord Lebih Unggul dari Toyota Camry 2.5 V?

Sebagai lembaga pengujian pada sistem keselamatan yang terdapat pada kendaraan, ASEAN NCAP telah melakukan uji tabrak pada Honda Accord 2021. Honda Accord generasi ke-10 ini berhasil meraih rate lima bintang atau yang tertinggi. Hasil serupa juga telah diraih Honda City 2020 pada pengetesan yang sama..

Honda Accord 2021 Raih Rating Keselamatan Tertinggi dari ASEAN dan Amerika Serikat, Terbukti Aman? 02

Honda Accord 2021 Raih 5 Bintang dari ASEAN & USA

Pengujian yang dilakukan ASEAN NCAP meliputi pengetesan untuk mengetahui seberapa besar perlindungan bagi penumpang di dalam mobil Honda Accord 2021. Perlindungan tersebut meliputi Perlindungan pada penumpang dewasa (Adult Occupant Protection-AOP), Perlindungan pada penumpang anak-anak (Child Occupant Protection-COP) dan fitur keselamatan (Safety Assist). Lalu apa faktor yang membuat Honda Accord 2021 meraih skor lima bintang dari hasil pengujian?

Struktur Body Kokoh Honda Accord 2021 dan Honda Sensing

Honda Accord generasi ke-10 yang menjalani pengujian ASEAN NCAP merupakan hasil hasil produksi Thailand. Mobil ini mulai dihadirkan di pasar ASEAN sejak Maret 2019.

Honda Accord 2021 mengunakan struktur bodi pengaman dengan teknologi ACE (Advanced Compatibility Engineering) dan menggunakan struktur rangka G-CON  (G-Force Control).

Berbagai prestasi lainnya telah ditorehkan Honda Accord 2021 seperti menjadi mobil sedan berukuran sedang dengan mesin di bawah 2.000cc (Thailand), Sedan eksekutif terbaik versi Carlist (Malaysia), dan mobil pilihan masyarakat dan media (Filipina).

Honda Accord 2021 telah mengadopsi Honda SENSING dengan kemampuan menggabungkan fungsi radar dengan kamera depan untuk mendeteksi sekitar mobil. Dengan Honda SENSING maka dapat membantu kewaspadaan dan membantu mengendalikan kendaraan ketika resiko kecelakaan terjadi.

Berbagai fitur yang tergabung di Honda SENSING terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Low Speed Follow (LSF), Forward Collision Warning (FCW), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Departure Warning (LDW), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Keep Assist System (LKAS), dan Auto High Beam (AHB).

Kemampuan Honda SENSING juga didukung oleh fitur keselamatan berteknologi yang meliputi Multi-View Camera System (MVCS), sistem peringatan Cross Traffic Monitor (CTM) dan sistem bantuan rem (Honda Smart Parking Assist System)

Perlindungan pada penumpang di dalam Honda Accord diperoleh dari 6 airbag, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Multi camera, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold system dan Honda LaneWatch. 

Honda Accord Raih Peringkat Tertinggi Tingkat Keselamatan di Amerika Serikat (IIHS)

Dengan berbekal Honda SENSING dan penambahan, Honda Accord 2021 juga meraih peringkat tertinggi dari Insurance Institute for Highway Safety (IIHS). Selain Honda Accord 2021, model lainnya seperti Honda Insight dan Honda Odyssey juga meraih peringkat yang sama.

Honda SENSING juga menjadi fitur yang diandalkan Honda Accord 2021 di Amerika Serikat untuk memberikan perlindungan selama berkendara.

Honda Accord 2021 Raih Rating Keselamatan Tertinggi dari ASEAN dan Amerika Serikat, Terbukti Aman? 01

Harga Honda Accord di Indonesia mencapai Rp729 jutaan

Untuk struktur bodi, Accord 2021 versi Amerika menggunakan teknologi yang disebut Advanced Compatibility Engineering ™ (ACE ™). Kemampuan dari struktur ini dapat menahan benturan depan. Sedangkan jumlah airbags pada Honda Accord 2021 versi Amerika Serikat mendapatkan tambahan satu buah yang diletakan pada area lutut pengemudi.

Sistem Keselamatan Honda Accord 2021, Pas dengan Harga yang Mahal

Untuk di Indonesia, versi terakhir Honda Accord yang beredar telah dihadirkan sejak 2019 lalu. Dengan harga Rp729,6 juta, Rasanya dengan kemampuan dalam memberikan perlindungan, Honda Accord 2021 memang layak untuk menjadi kendaraan yang mendapatkan penghargaan pada ajang Grand Prix Award 2020-ASEAN NCAP.

Honda Accord di Indonesia hanya hadir dalam satu tipe menggunakan mesin 2,4L Inline 4 Cylinder, i-VTEC DOHC, 16 Valve + DBW. Tenaga yang dihasilkan mencapai 176 PS pada putaran mesin 6.200 rpm dengan torsi 225 Nm  di putaran 4.000 rpm.

Menggunakan transmisi automatic CVT with Earth dream  Technology dengan 5 percepatan untuk menyalurkan tenaga pada roda, Honda Accord 2021 hadir sebagai pesaing Toyota Camry 2.5 V untuk segmen Sedan premium.

 

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Accord 1.5L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru