window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Honda Accord Vigor, Sedan Pop-Up Unik yang Tak Kalah Menarik dari Mazda Astina

Enda · 8 Des, 2023 15:01

honda accord vigor bekas

Honda Accord Vigor bekas bisa dibilang populasinya di Indonesia sangatlah jarang, apalagi kalau kondisinya masih segar.

Padahal selain Mazda Astina, Honda Accord Vigor adalah mobil tipe sedan perkotaan yang juga punya lampu depan model pop-up, yakni lampu akan bergerak ke ats ketika dihidupkan, dan tertutup apabila tidak digunakan, sehingga seolah-olah mobil tersebut tak punya lampu utama.

Mobil ini pernah dijual secara resmi di Indonesia di era 80-an namun didatangkan secara utuh atau Completely Built Up (CBU) dari negara asalnya, Jepang, pada tahun 1989.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Vigor sendiri mengambil basis dari Accord Prestige sebagai generasi ketiga Honda Accord yang diluncurkan pertama kali di Tanah Air mulai dari 1986 hingga 1989.

Honda Accord Vigor

Tampilan belakang Accord Vigor mirip Accord Prestige

Masuk dalam kategori sedan mid-size, Accord Vigor dibangun berdasarkan platform yang sama seperti saudaranya Accord Prestige, dengan menggunakan kode CA.

Untuk diketahui, baik Honda Accord Vigor maupun Accord Prestige posisinya berada satu tingkat di atas Civic LX atau Grand Civic.

Namun karena PT Honda Prospect Motor (HPM) memproduksi Accord Prestige di Indonesia, maka impor Accord Vigor pun dihentikan.

Akibat rentang waktu yang singkat itu, kini keberadaan Honda Accord Vigor bekas cukup langka.

honda accord prestige

Accord Prestige yang diproduksi lokal di Indonesia (Foto: Istimewa)

Tapi sedan yang pernah masuk kategori premium itu dibandrol dengan harga yang bervariatif menyesuaikan kondisinya, yakni mulai dari Rp35 jutaan.

Tentu saja ini menarik, karena dengan budget tak sampai Rp50 juta, Anda bisa mendapatkan sebuah sedan Honda yang masih impor utuh dari Jepang.

Honda Accord Vigor bekas adalah opsi yang menarik bagi mereka yang mencari kombinasi antara gaya, kinerja, dan kenyamanan dalam satu paket.

Nah, kalau tertarik membeli Honda Accord Vigor bekas, ada beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dulu.

Baca juga: 5 Mobil Bekas Rp40 Jutaan, Bisa Dapat Daihatsu Espass hingga Kia Carens

Honda Accord Accord Vigor Punya Tampilan Depan yang Berbeda

Honda Accord Vigor

Tampilan depan Accord Vigor (Foto: Istimewa)

Honda Accord Vigor dikenal dengan desainnya yang elegan dan tahan waktu.

Meskipun kendaraan ini sudah berusia, desainnya tetap klasik dan tidak ketinggalan zaman.

Kurva aerodinamis, gril khas Honda, dan detail-desain yang cermat membuat Accord Vigor bekas tetap terlihat modern dan menawan.

Kurva aerodinamis, gril khas Honda, dan detail-desain yang cermat membuat Accord Vigor bekas tetap terlihat modern dan menawan.

Dibangun berdasarkan platform serta kode body yang sama dengan Accord Prestige, Accord Vigor sekilas terlihat sama dengn saudaranya yang rakitan lokal.

Tetapi dari keduanya yang membedakan hanya di bagian depan serta sedikit pada aera lampu belakang saja.

Seperti yang bisa Anda lihat, Accord Vigor disematkan lampu utama model pop-up dengan bentuk unik yang sempat populer di era 80 hingga 90-an.  

Kondisi lampu masuk atau tertutup, mobil ini tak hanya terkesan aerodinamis, namun juga terlihat unik sekaligus modern pada masanya.

Honda Accord Vigor

Tampilan samping Accord Vigor

Hal ini dibuktikan adanya aksen berbentuk pipih di bagian atas cover lampunya yang mana apabila lampu tertutup seolah terhubung dengan lampu senja serta seinya yang mungil.

Untuk grillnya, mobil ini dilengkapi dengan bentuk semampai yang berada di tengah terlihat elegan sekaligus mewah berkat dilapisi aksen krom.

Tak hanya itu, tepat dibawahnya Anda juga bisa menemukan adanya list krom yang mengelilingi seluruh bagian body mobil.

Guna melindungi bagian terluar mobil dari benturan langsung, Accord Vigor juga mendapatkan side moulding yang dari pabrikan dan dilabur dengan warna hitam mengelilingi seluruh bagian mobil.

Sebagai tambahan sinyal untuk berbelok, di bumper depannya juga mendapat tambahan lampu sein dengan desain simpel.

Bergeser ke sisi samping, bentuk yang diterima mobil ini terlihat sama persis seperti Accord Prestige.

Di bagian pinggang pada pilar C menuju bagasinya sendiri dibuat lebih tinggi dari list kaca samping.

Honda Accord Vigor

Bentuk belakang mirip seperti Accord Prestige

Menuju ke bagian buritan, lekukan body serta stoplamp yang diterima Honda Accord Vigor juga terlihat sama seperti saudaranya.

Namun ada sedikit perbedaan pada bagian stoplampnya lantaran pada Accord Vigor dibuat lebar dan seolah terhubung dengan kedua sisinya berkat adanya garnish ditengahnya.

Sebagai identitas, garnishnya mendapatkan marking Vigor, sedangkan saudaranya hanya bertuliskan Accord.

Baca juga: Honda Accord RS e:HEV 2024 Resmi Meluncur di Indonesia, Nyaris Semiliar Ini Kehebatannya

Kualitas Material Interior Accord Vigor Lebih Bagus daripada Prestige

Honda Accord Vigor

Interior Accord Vigor

Secara bentuk tampilan dalamnya, Accord Vigor dan Prestige terlihat sama, hanya saja material yang ada pada Vigor terasa lebih baik berkat kualitas yang digunakan.

Mengetahui fitur apa saja yang ada didalamnya, Honda Accord Vigor berhasil dilengkapi dengan power window di semua kacanya, power steering, AC, central lock, electric mirror dan audio single din.

Meskipun menjadi kendaraan bekas, Accord Vigor tetap dilengkapi dengan fitur keselamatan dan kenyamanan yang dapat bersaing dengan kendaraan terbaru.

Sebagai informasi, mobil ini terasa nyaman ketika digunakan mengingat kabinya sendiri terasa luas dan untuk peredam kejutnya telah mengaplikasikan suspensi berjeniskan double wishbone, yang saat itu masih amat jarang dijumpai pada model sedan lainnya.

Honda Accord Vigor

Jok baris kedua Accord Vigor

Kelebihan penggunaan suspensi jenis ini ada pada handlingnya yang memberikan kenyamanan yang lebih jika dibandingkan dengan pesaingnya.

Namun sayangnya, karena suspensi tersebut saat itu masih dalam tahap percobaan, Vigor terasa limbung.

Baca juga: Deretan Mobil Bekas Rp20 Jutaan seharga Honda Scoopy Baru, Ada Apa Aja Nih?

Mengandalkan Mesin 2.000 Cc

Honda Accord Vigor

Mesin A20A1 2.000 cc Honda Accord Vigor

Secara spesifikasi, Accord Vigor yang sempat didistribusikan secara resmi di Indonesia menggunakan mesin Accord Prestige.

Dimana jantung pacu A series berkodekan A20A1 2.000 Cc 4-silinder segaris, SOHC 12 valve berkombusi karburator yang disematkannya mampu menghasilkan tenaga sebesar 100 PS di 5.500 rpm dengan torsi 148 Nm pada 3.500 rpm yang dikawinkan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Namun untuk varian otomatisnya terbilang amat langka.

Mempunyai rasio kompresi 9,2:1 angka penggunaan BBM Honda Accord Vigor terbilang boros.

Beberapa pemilik mobil ini ada yang menyebutkan, untuk pemakaian dalam kota, konsumsi BBM Honda Accord Vigor hanya dapat menempuh jarak 6-8 km/liter, sedangkan luar kotanya 8-10 km/liter.

Meski begitu salah satu daya tarik utama Honda Accord Vigor bekas adalah performa mesin yang handal.

Mesin bertenaga tinggi memberikan akselerasi yang responsif dan kinerja yang stabil di jalan raya.

Dengan pemeliharaan yang tepat, Accord Vigor bekas dapat memberikan pengalaman berkendara yang memuaskan dan tahan lama.

Catatan Sebelum Membeli Honda Accord Vigor

honda accord vigor bekas

Harga murah bisa dapat mobil JDM (Foto: Instagram @garasikulonomah)

Usianya yang sudah tak lagi muda, tentunya saat hendak membeli Honda Acord Vigor bekas membutuhkan banyak perhatian dari para pemilik sebelumnya.

Jika kalian berminat meminangnya dalam waktu dekat, sebaikanya cek lebih dulu kondisi kelengkapan part body maupun interiornya.

Mengingat ketersedian kedua bagian ini kini sudah mulai sulit ditemukan, jika pun ada harganya cukup mahal lantaran populasinya memang jarang di Indonesia.

Oh iya, body Accord Vigor sendiri terbilang cukup tebal, hanya saja mudah berkarat, dengan begitu kalian wajib mengecek bagian ini khususnya pada sela-sela pintu, talang air maupun lantai kabin.

Untuk kekurangan lainnya, mobil ini mempunyai kelemahan di bagian kaki-kaki.

honda accord vigor bekas

Body part mungkin akan mahal mengingat populasi mobil ini yang langka (Foto: Instagram @garasikulonomah)

Supaya berkendara lebih nyaman, sebaiknya cek bagian ini jika pun ada kerusakan tangani dengan segera.

Bukan cuma itu, sistem pengkabutan atau karburator mobil ini juga terbilang sulit untuk mendapatkan lansam.

Supaya idle mobil tetap terjaga dan konsumsi BBM tidak terlalu boros, lakukan tune up ke bengkel spesialis karburator secara berkala dan jangan lupa untuk melakukan pengcekan pada sistem pengapian.

Telepas dari semua itu, jika mendapatkan unit yang sehat, kombinasi desain yang elegan, performa mesin yang handal, fitur keselamatan dan kenyamanan yang canggih, Honda Accord Vigor bekas adalah pilihan yang patut dipertimbangkan bagi Anda yang mencari kendaraan yang menggabungkan nilai dan kualitas.

Baca juga: 5 Rekomendasi Mobil Keluarga Bekas Bergaya JDM dengan Harga Rp100 Jutaan, Apa Saja?

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Honda Accord 1.5L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil