Honda Brio 2021 Naik Harga, Apakah Sepadan Dengan Fitur yang Dimilikinya?

Anissa · 24 Jan 2021 10:00

Honda Brio merupakan mobil terlaris di Indonesia tahun 2020 lalu. Untuk tahun 2021, memang belum ada keterangan khusus apakah ada detail spesifikasi baru untuk mobil ini. Meski begitu pihak Honda tampaknya akan tetap mempertahankan mesin yang akan digendong oleh Honda Brio 2021 ini.

Mesin Honda Brio 2021 tetap akan menggunakan mesin 1.2 liter VTEC yang dipadukan dengan dua pilihan transmisi, yaitu transmisi manual 5-percepatan dan otomatis CVT. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga puncak sebesar 90 HP.

Honda Brio sendiri memang merupakan salah satu model mobil LCGC yang berhasil meraih kesuksesan di Indonesia. Mobil ini sukses mendominasi penjualan mobil pada tahun 2020. Berdasarkan data penjualan Gaikindo, pada periode Januari-Desember 2020 Honda Brio berhasil meraih angka penjualan sebanyak 43.021 unit.

Pada tahun 2021 ini, rupanya harga jual Honda Brio mengalami kenaikan. Honda Brio 2021 dibanderol dengan kisaran harga mulai Rp149 jutaan hingga Rp204 jutaan. Sebelumnya, harga Honda Brio memang tidak pernah menyentuh angka Rp200 jutaan.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena adanya kenaikan pajak dan penambahan fitur. Sayangnya, sepertinya tidak ada penambahan fitur yang signifikan pada Honda Brio 2021 selain penambahan APAR. 

Lalu fitur apa sajakah yang dimiliki oleh Honda Brio 2021? Tak beda jauh dengan model yang dijual tahun sebelumnya,berikut ini beberapa informasinya.

Fitur Kenyamanan Honda Brio 2021

Honda Brio 2021 memiliki fitur hiburan yang berbeda untuk beberapa modelnya. Untuk fitur hiburan pada model standar, Honda Brio mengandalkan Head Unit 2DIN yang dilengkapi dengan USB port, AM/FM Radio, CD Player, AUX, Bluetooth, Hands-free Telephone, serta bisa terkoneksi dengan iPhone maupun iPod.

Sementara untuk model tertingginya, yakni Honda Brio RS, mobil ini dibekali dengan Display Audio Touchscreen berukuran 6,1 inci yang lengkap dengan USB port, AM/FM Radio, CD & DVD Player, AUX, Bluetooth, Hands-free telephone, dan bisa terkoneksi dengan iPhone, iPod, serta RR Cam.

AC-nya sendiri sudah menggunakan pengaturan AC Digital. Setirnya pun sudah menggunakan sistem pengaturan posisi Tilt Steering, serta dilengkapi dengan berbagai tombol multifungsi yang bisa digunakan untuk melakukan pengaturan fitur lainnya. Selain itu, setirnya pun sudah dilengkapi dengan fitur power steering untuk memberikan kenyamanan bagi pengemudi.

Untuk menambah kenyamanan para penumpangnya, Honda Brio 2021 ini juga dilengkapi dengan adjustable headrest dan power outlet di dalam kabinnya sehingga penumpang tidak perlu bingung ketika ponselnya kehabisan daya.

Fitur Keselamatan dan Keamanan Honda Brio 2021

Bagaimana dengan fitur keselamatan dan fitur keamanan Honda Brio 2021? Meskipun statusnya sebagai mobil LCGC membuat banderol harganya cukup terjangkau, tetapi Honda Brio ini memiliki fitur keselamatan dan keamanan yang mumpuni.

Sebagai fitur keselamatan aktifnya, Honda Brio 2021 dilengkapi dengan fitur pengereman Anti Lock Braking System dan Electronic Brake Distribution. Selain itu, untuk memudahkan pengemudi memarkir kendaraan, mobil ini juga dilengkapi dengan rearview camera dan sensor parkir.

Untuk fitur keselamatan pasif, Honda Brio juga cukup bisa diandalkan. Pada semua variannya, mobil ini sudah dilengkapi dengan 3 point seatbelts pada barisan depan, serta airbags yang tersebar di beberapa bagian kabin.

Mobil ini juga bisa dibilang unggul dibandingkan dengan LCGC lain di kelasnya karena sudah memiliki fitur Child Safety Locks dan pengaturan kursi ISOFIX yang menjadi fitur keselamatan andalan bagi penumpang anak-anak. Lalu untuk fitur keamanan tambahan, mobil ini juga dilengkapi dengan alarm system dan engine immobilizer.

Di Indonesia sendiri, ada aturan dari Kementerian Perhubungan yang mewajibkan agen pemegang merek untuk melengkapi produk barunya dengan alat pemadam api ringan (APAR). Karena itu, kemungkinan Honda Brio 2021 ini juga akan dilengkapi dengan APAR.

Komentar

Mobil Terbaru