Honda Brio 2021 Siap Menyerang, Apa Saja Yang Baru Dari Mobil Ini?

Anissa · 12 Nov 2020 11:00

Menyusul beberapa produsen mobil senegaranya, kabar kedatangan Honda Brio 2021 semakin ramai terdengar. Kabarnya, mobil Honda Brio 2021 ini akan segera meluncur di India.

Honda Brio memang sudah lama dikenal sebagai salah satu mobil terkecil dari Honda, dan Honda Brio 2021 juga dikabarkan akan terus mempertahankan ciri khas yang satu ini. Honda Brio yang dikenal sebagai mobil dengan harga yang sangat terjangkau ini memang dinilai sangat cocok dipasarkan di negara-negara Asia Tenggara dan Selatan, seperti Indonesia, India, Filipina, Thailand, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya dibanderol dengan harga yang murah, Honda Brio juga menawarkan value for money meskipun desainnya masih mengandalkan desain yang dimiliki oleh versi-versi sebelumnya dari Honda.

Honda Brio cukup populer berkat mesinnya yang cukup andal, yakni mesin VTEC naturally aspirated yang tidak bisa lagi ditemukan di pasar otomotif yang ada di negara-negara Barat. Dan diprediksi bahwa untuk Honda Brio 2021 ini, pihak Honda telah mempersiapkan sesuatu yang baru, baik dalam hal desain, maupun fitur yang ada di dalam Honda Brio.

Seperti apa sih prediksi rupa Honda Brio terbaru ini? Sebelum kita cari tahu, kita simak dulu nih, sejarah singkat tentang Honda Brio.

Sejarah Singkat Honda Brio

Sejak pertama kali hadir, Honda Brio merupakan salah satu model mobil dari Honda yang memang diperuntukkan untuk penggunaan di daerah perkotaan dan digunakan sebagai mobil harian. Honda Brio memiliki desain yang kompak, tetapi atraktif, serta memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi. Tidak heran jika kemudian kita melihat ada banyak mobil Honda Brio yang lalu lalang di daerah perkotaan.

Selain desain atraktif dan efisiensi bahan bakar yang tinggi, Honda Brio juga populer dan banyak digemari berkat harga spare partnya yang cukup terjangkau. Tidak hanya itu, harga mobil bekasnya pun cenderung masih tinggi sehingga nilai mobilnya tidak cepat turun.

Di Indonesia sendiri, ada dua generasi dari Honda Brio. Kedua generasi dari Honda Brio ini pun memiliki perbedaan yang bisa dibilang cukup signifikan. Perbedaan ini juga bukan terdapat hanya pada bagian eksteriornya saja, melainkan juga pada bagian interior Honda Brio.

Awalnya, Honda Brio ini dibuat dengan model subcompact hatchback. Mobil ini juga awalnya hanya diproduksi di India dan Thailand. Honda Brio secara resmi diluncurkan di India dan Thailand pada tahun 2011 yang lalu.

Kemudian, pada tahun 2012, PT. Honda Prospect Motor (HPM) selaku APM resmi Honda di Indonesia memboyong Honda Brio untuk dipasarkan di Tanah Air. Di Indonesia sendiri, ada beberapa varian dari Honda Brio yang dipasarkan, yakni Honda Brio 1.2L A/T, Honda Brio RS, dan Honda Brio Satya yang merupakan mobil LCGC.

Melihat respons masyarakat Indonesia yang sangat baik terhadap line-up Honda Brio ini, Honda mulai merakit Honda Brio secara lokal mulai tahun 2013, atau satu tahun setelah peluncurannya di Indonesia.

Ada banyak orang yang belum tahu tentang arti nama Honda Brio. Kata “Brio” berasal dari bahasa Italia yang berarti “ceria”. Dengan menggunakan nama tersebut, Honda berharap bahwa para konsumen yang menggunakan Honda Brio ini akan selalu ceria dan bersemangat.

Seperti Apa Spesifikasi Honda Brio 2021?

Pihak Honda memang belum terlalu menjabarkan dengan jelas perihal spesifikasi dari Honda Brio 2021 yang akan segera meluncur di India ini. Tetapi pihak mereka sudah membocorkan beberapa hal tentang mesin yang akan digendong oleh Honda Brio 2021 ini.

Honda Brio 2021 dikabarkan akan emnggunakan mesin berteknologi VTEC yang akan dipadukan dengan dua pilihan transmisi, yaitu transmisi manual 5 percepatan dan transmisi CVT. Mesin ini diklaim dapat menghasilkan tenaga sebesar 90 HP.

Memang, jika dilihat, tenaga tersebut tidak terlalu besar. Tetapi mengingat status Honda Brio sebagai mobil dengan bodi kompak dan ringan, tentu tenaga tersebut akan lebih dari cukup untuk Honda Brio 2021 nantinya. Selain itu, mesin ini juga dinilai bisa membuat Honda Brio 2021 menjadi lebih efisien bahan bakar.

Sedangkan untuk spesifikasi dimensi dan yang lainnya dari Honda Brio 2021 ini memang belum ada keterangan resmi. Untuk itu, mari kita lihat spesifikasi Honda Brio 2020 yang sudah ada di Indonesia saat ini sebagai referensi. 

Spesifikasi Honda Brio 2020
Panjang 3.800 mm
Lebar 1.680 mm
Tinggi 1.485 mm
Wheelbase 2.405 mm
Ground Clearance 165 mm
Ukuran Ban 175/65 R14
Material Velg Trim Wheel

Seperti Apa Eksterior dan Interior Honda Brio 2021?

Jika bicara soal desain eksteriornya, Honda Brio 2021 diprediksi akan menggunakan basis desain yang sama. Mobil Honda Brio ini memang hampir selalu menggunakan bahasa desain dari model-model Honda terdahulu. Tetapi hal ini justru dianggap sebagai celah untuk menekan harga demi menawarkan banderol harga yang lebih terjangkau dan biaya perawatan yang lebih murah.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Honda Brio ini merupakan mobil kompak yang mungil, yang cocok digunakan di daerah perkotaan. Hal yang perlu diingat adalah bahwa meskipun model dasarnya masih sama, Honda Brio 2021 nantinya akan menghadirkan beberapa inovasi terbaru yang menarik untuk para konsumennya.

Menurut kabar yang beredar, Honda Brio 2021 yang akan meluncur lebih dulu di India ini akan mendapatkan facelift. Sepertinya model Honda Brio 2021 ini akan mendapatkan ubahan pada bagian wajah, dan kita bisa menantikan headlights, grille, dan bagian wajah lainnya untuk mendapatkan ubahan. Dapat dipastikan bahwa wajah Honda Brio 2021 ini akan menjadi lebih modern.

Ubahan ini juga kabarnya akan terlihat pada eksterior bagian belakang Honda Brio 2021. Tetapi tentu semua ubahan ini tidak akan terlalu mengubah penampilan serta bentuk Honda Brio 2021 secara keseluruhan.

Lalu untuk bagian interior Honda Brio 2021 juga kabarnya tidak akan luput dari ubahan. Jika kita lihat pada model Honda Brio yang ada sekarang, kita bisa melihat desain kabin yang standar, seperti yang akan kita lihat pada mobil dengan harga miring pada umumnya. Tidak ada fitur dengan teknologi canggih seperti head unit layar sentuh dan teknologi lainnya. Diprediksi bahwa dalam aspek ini, Honda Brio 2021 masih akan melakukan hal yang sama, demi mempertahankan harga jual yang terjangkau.

Kendati demikian, kita masih akan melihat beberapa ubahan kecil pada bagian kabin Honda Brio 2021. Kemungkinan, bagian kabin Honda Brio 2021 yang akan mendapat ubahan ini adalah pada bagian dashboard, untuk membuat penampilan kabin secara keseluruhan terlihat lebih segar.

Harga dan Varian Honda Brio 2021

Belum ada pernyataan resmi dari pihak Honda terkait banderol harga maupun varian yang akan ditawarkan untuk Honda Brio 2021 ini. Tetapi mengingat ubahan yang dimiliki Honda Brio 2021 ini tidak akan terlalu signifikan, diperkirakan harga jual Honda Brio 2021 tidak akan jauh berbeda dari Honda Brio 2020 yang beredar hingga saat ini.

Sebagai referensi, berikut adalah harga dan varian Honda Brio 2020 yang ada di pasaran saat ini.

Varian Harga
Honda Brio S M/T Rp146.000.000
Honda Brio E M/T Rp154.700.000
Honda Brio E CVT Rp170.100.000
Honda Brio RS M/T Rp184.300.000
Honda Brio RS CVT Rp199.600.000

Wah, jadi semakin tidak sabar ya menunggu kehadiran Honda Brio 2021. Memang belum dipastikan apakah Honda Brio 2021 ini akan diluncurkan juga di Indonesia atau belum. Tetapi jika diluncurkan, maka Honda Brio 2021 ini pasti akan banyak digemari masyarakat di Indonesia. Kita tunggu saja, ya.

Komentar

Mobil Terbaru