Honda Brio RS Urbanite Edition vs Suzuki Ignis, Mana yang Lebih Value for Money?

Anissa · 11 Mar, 2021 08:00

Honda Brio RS Urbanite Edition vs Suzuki Ignis, Mana yang Lebih Value for Money? 01

Beberapa waktu lalu, PT. Honda Prospect Motor telah meluncurkan dan mengumumkan banderol harga untuk salah satu model edisi khusus terbaru mereka, yakni Honda Brio RS Urbanite Edition. Mobil ini sendiri merupakan tipe tambahan, sehingga tidak mendapatkan facelift apapun, dan bukan pula edisi terbatas. Bisa dibilang bahwa model yang satu ini merupakan pengembangan dari Honda Brio RS yang sudah ada, tetapi dengan penampilan yang lebih sporty.

Pada tahun 2020 lalu, Honda Brio memang tercatat sebagai mobil dengan angka penjualan tertinggi di Indonesia. Mobil ini sendiri mengisi segmen LCGC (Low Cost Green Car) dan City Car, karena dibuat untuk memenuhi permintaan para konsumen di perkotaan yang membutuhkan kendaraan harian.

Dalam segmen yang sama, Honda Brio RS Urbanite ini akan bersaing dengan beberapa model kenamaan dari pabrikan lainnya. Salah satu mobil pesaingnya adalah Suzuki Ignis. City Car pabrikan Suzuki ini berada dalam segmen yang sama dengan Honda Brio RS Urbanite Edition. Lalu di antara kedua model mobil ini, mana yang kira-kira lebih unggul? Mari kita lihat perbandingannya berikut ini!

Eksterior dan Interior Honda Brio RS Urbanite Edition VS Suzuki Ignis

Keterangan

Dimensi Honda Brio RS Urbanite Edition

Dimensi Suzuki Ignis

Panjang

3.800 mm

3.700 mm

Lebar

1.680 mm

1.660 mm

Tinggi

1.485 mm

1.595 mm

Wheelbase

2.405 mm

2.435 mm

Ground Clearance

165 mm

180 mm

Honda Brio RS Urbanite Edition memiliki panjang dimensi 3.800 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.485 mm. Sedangkan jarak sumbu rodanya adalah 2.405 mm, dan ground clearance-nya adalah 165 mm.

Honda Brio RS Urbanite Edition vs Suzuki Ignis, Mana yang Lebih Value for Money? 02

Sementara itu, Suzuki Ignis memiliki dimensi dengan ukuran panjang 3.700 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.595 mm, wheelbase 2.435 mm, dan ground clearance 180 mm. Jika dibandingkan dengan Honda Brio RS Urbanite Edition, Suzuki Ignis memiliki wheelbase alias jarak sumbu roda yang lebih besar. Hal ini membuat Suzuki Ignis bisa menawarkan kabin yang lebih leluasa.

Honda Brio RS Urbanite Edition vs Suzuki Ignis, Mana yang Lebih Value for Money? 03

Dimensi Suzuki Ignis yang juga lebih tinggi dibandingkan dengan Honda Brio RS Urbanite Edition memungkinkan mobil ini untuk menawarkan head room yang lebih leluasa. Bukan itu saja, ground clearance yang dimiliki oleh Suzuki Ignis juga lebih tinggi, sehingga bisa lebih andal di jalan bergelombang.

Honda Brio RS Urbanite Edition vs Suzuki Ignis, Mana yang Lebih Value for Money? 04

Namun jika kita bicara soal desainnya, Honda Brio RS Urbanite Edition ini tentu memiliki desain yang lebih atraktif dibandingkan dengan Suzuki Ignis. Honda Brio RS Urbanite Edition memiliki tampilan sporty dan modern berkat body kit baru yang disematkan oleh Honda. Mobil ini memiliki desain baru pada front under spoiler dan side under spoilernya sehingga terlihat lebih sporty, bahkan dibandingkan dengan varian Honda Brio lainnya.

Honda Brio RS Urbanite Edition vs Suzuki Ignis, Mana yang Lebih Value for Money? 05

Di sisi lain, Suzuki Ignis memiliki desain bodi yang terlihat mungil dengan tampilan wajah yang cukup unik. Pada bagian wajahnya, ada aksen chrome yang disematkan mengelilingi bagian headlamp sehingga tampak modern. Sementara itu, lampu kabutnya masih menggunakan desain lampu bulat.

Honda Brio RS Urbanite Edition vs Suzuki Ignis, Mana yang Lebih Value for Money? 06

Beralih ke bagian interiornya, sebenarnya tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan pada Honda Brio RS Urbanite Edition jika dibandingkan dengan desain interior yang terdapat pada Honda Brio RS tipe standar. Mobil ini masih menggunakan desain dashboard dengan kesan dinamis dan sporty, serta masih disematkan aksen berwarna oranye pada bagian ini. Kursi-kursinya pun ergonomis, serta nyaman untuk para penumpangnya.

Honda Brio RS Urbanite Edition vs Suzuki Ignis, Mana yang Lebih Value for Money? 07

Sementara itu, Suzuki Ignis memiliki interior yang tampak kompak. Bagian interior Suzuki Ignis ini tampak futuristik, tetapi tetap elegan berkat dominasi warna hitam serta aksen berwarna silver pada bagian dashboard-nya. Dan walaupun dari luar bagasinya terlihat kecil, tetapi bagasi mobil Suzuki Ignis ini cukup andal untuk digunakan membawa banyak barang.

Fitur Honda Brio RS Urbanite Edition VS Suzuki Ignis

Kini kita beralih ke bagian fitur dan kita akan bahas mengenai fitur yang dimiliki oleh Honda Brio RS Urbanite Edition terlebih dahulu. Honda Brio RS Urbanite Edition ini memiliki panel instrumen yang masih sama dengan Honda Brio tipe lainnya. Pada mobil ini juga masih disematkan Multi Information Display yang bisa menampilkan berbagai informasi penting tentang mobil kepada pengemudi.

Honda Brio RS Urbanite Edition vs Suzuki Ignis, Mana yang Lebih Value for Money? 08

Sebagai fitur hiburannya, Honda Brio RS Urbanite Edition ini mengandalkan head unit 6,2 inci dengan audio steering switch dan tweeter speaker. Head unitnya ini sendiri bisa digunakan untuk memutar CD maupun DVD, AM/FM Radio, serta dilengkapi dengan fitur konektivitas seperti USB Port, Bluetooth, dan iPod/iPhone Connectivity.

Kemudian, untuk fitur keselamatannya sendiri, Honda Brio RS Urbanite Edition ini dilengkapi dengan sistem pengereman Anti lock Braking System dan Electronic Brake Distribution. Selain itu, untuk keamanannya ada pula sensor parkir, sistem alarm, dan engine immobilizer.

Honda Brio RS Urbanite Edition vs Suzuki Ignis, Mana yang Lebih Value for Money? 09

Lalu untuk fitur keselamatan pasifnya, Honda juga telah menyematkan Airbags dan 3 point seatbelts pada barisan depan. Tidak hanya itu, untuk keselamatan penumpang anak-anak, mobil ini juga dibekali dengan Child Safety Locks dan pengaturan kursi ISOFIX.

Suzuki Ignis sendiri memiliki LCD Monitor 7 inci yang bisa memudahkan pengemudi untuk mengontrol kinerja mobil. Selain itu, monitor ini juga dikoneksikan dengan smartphone kita melalui Bluetooth maupun USB port sehingga bisa menggunakan fitur handsfree telephone.

Honda Brio RS Urbanite Edition vs Suzuki Ignis, Mana yang Lebih Value for Money? 10

Soal fitur keselamatan, Suzuki Ignis memiliki fitur keselamatan yang bisa dibilang lebih sederhana dibandingkan dengan Honda Brio RS Urbanite Edition. Untuk fitur keselamatan aktifnya, mobil ini dilengkapi dengan fitur pengereman Anti lock Braking System dan Electronic Brake Distribution, sama seperti Honda Brio RS Urbanite Edition. Sayangnya, mobil ini belum dilengkapi dengan sensor parkir, dan hanya memiliki sistem alarm serta engine immobilizer.

Honda Brio RS Urbanite Edition vs Suzuki Ignis, Mana yang Lebih Value for Money? 11

Dan untuk fitur keselamatan pasifnya sendiri, Suzuki Ignis memiliki dual SRS Airbags untuk barisan depan. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan Child Safety Locks dan pengaturan kursi ISOFIX, sama seperti Honda Brio RS Urbanite Edition.

Mesin Honda Brio RS Urbanite Edition VS Suzuki Ignis

Bagian ini bisa dibilang sebagai bagian yang paling penting bagi Honda Brio RS Urbanite Edition maupun Suzuki Ignis. Mari kita lihat spesifikasi mesin dari Honda Brio RS Urbanite Edition terlebih dahulu.

Honda Brio RS Urbanite Edition vs Suzuki Ignis, Mana yang Lebih Value for Money? 12

  • Mesin : 1.2 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW
  • Kapasitas : 1,2 Liter (1.199 cc)
  • Transmisi : Manual 5 Percepatan / Otomatis CVT
  • Tenaga : 90 PS / 6.000 rpm
  • Torsi : 110 Nm / 4.800 rpm
  • Sistem Penggerak : Front Wheel Drive
  • Kapasitas Tangki : 35 Liter
  • Bahan Bakar : Bensin

Sedangkan untuk Suzuki Ignis sendiri, spesifikasi mesinnya adalah sebagai berikut.

Honda Brio RS Urbanite Edition vs Suzuki Ignis, Mana yang Lebih Value for Money? 13

  • Mesin : 1.2 L K12M 3 Silinder
  • Kapasitas : 1,2 Liter (1.197 cc)
  • Transmisi : Manual 5 Percepatan / Auto Gear Shift
  • Tenaga : 83 PS / 6.000 rpm
  • Torsi : 113 Nm / 4.200 rpm
  • Sistem Penggerak : Front Wheel Drive
  • Kapasitas Tangki : 32 Liter
  • Bahan Bakar : Bensin

Jika kita bandingkan dari spesifikasi mesin kedua mobil tersebut, bisa kita lihat bahwa Honda Brio RS Urbanite Edition memiliki keluaran tenaga yang sedikit lebih besar dibanding pesaingnya, Suzuki Ignis. Tetapi Suzuki Ignis memiliki keluaran torsi yang sedikit lebih besar dibanding Honda Brio RS Urbanite Edition. Honda Brio RS Urbanite Edition juga memiliki kelebihan dalam hal kapasitas tangki yang 3 liter lebih besar dibandingkan Suzuki Ignis.

Kesimpulan

Setelah membandingkan secara keseluruhan, baik Honda Brio RS Urbanite Edition maupun Suzuki Ignis, masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri. Suzuki Ignis memang unggul dalam hal kabin, tetapi Honda Brio RS Urbanite Edition berhasil mengungguli pesaingnya tersebut dalam banyak aspek. Sebut saja desain yang lebih atraktif, fitur yang lebih lengkap, serta performa mesin yang lebih bertenaga.

Honda Brio RS Urbanite Edition vs Suzuki Ignis, Mana yang Lebih Value for Money? 14

Honda Brio RS Urbanite Edition sendiri dibanderol dengan harga Rp185,8 jutaan hingga Rp200,2 jutaan, sementara Suzuki Ignis dibanderol dengan harga Rp175,5 jutaan hingga Rp204,5 jutaan. Berada dalam kisaran banderol harga yang sama, rasanya pantas jika kita sebut bahwa value for money yang ditawarkan Honda Brio RS Urbanite Edition memang lebih baik.

 

Komentar

Up to 20% higher than average trade-in price

Honda Brio Satya S M/T

Upgrade

Add your car

Service powered by

Mobil Terbaru