window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Honda Brio Satya Lebih Mahal Rp3,2 Juta, Apakah Selengkap New Toyota Calya?

Enda · 12 Jul, 2022 15:30

 

Toyota Calya Vs Honda Brio

Saat ini New Toyota Calya G AT dibandrol lebih murah Rp3,2 juta dari Honda Brio Satya E CVT. Sebagai informasi, varian G AT Calya facelift di situs resminya kini ditawarkan Rp180,8 juta, sedangkan Brio Satya E CVT diniagakan Rp184 juta.

Seperti yang diketahui, Honda Brio Satya dengan Toyota Calya bermain di segmen yang berbeda meski keduanya sama-sama menyandang status sebagai mobil Low Cost Green Car (LCGC).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Punya selisih harga yang lumayan banyak, mending pilih Honda Brio Satya E CVT atau New Toyota Calya G AT untuk mendukung aktifitas sehari-hari?

New Toyota Calya Cocok Digunakan Untuk yang Sudah Berkeluarga

New Toyota Calya

New Toyota Calya sanggup diisi hingga tujuh orang sekaligus

Memiliki dimensi yang terbilang kompak, MPV 7-seater entry level berlogokan tiga oval ini sangat cocok digunakan untuk mendukung aktifitas sehari-hari seperti pergi ke kantor. Karena bentuknya yang kompak, maka Calya terasa mudah dikendarai saat menembus kemacetan di kota-kota besar.

Tak hanya terasa pas digunakan untuk ke kantor, Calya juga cocok dipakai berpergian bersama dengan keluarga di akhir pekan. Pasalnya untuk joknya mobil ini bisa menampung lebih dari lima orang anggota keluarga dengan baris ketiga yang cocok disinggahi oleh anak-anak.

Honda Brio Cocoknya Untuk yang Masih Single atau Keluarga Muda

Honda Brio

Honda Brio hanya mampu menampung lima orang

Dengan penampilan sporty serta bentuknya yang kompak, Honda Brio dihadirkan dengan menyasar segmen para kaula muda yang gemar akan gaya hidup dinamis dan modern. Berbeda dengan Calya yang sanggup menampung hingga tujuh orang sekaligus, Brio Satyasendiri hanya dapat dimuati lima orang dalam sekali jalan.

    Mempunyai kapasitas yang lebih sedikit, tentu mobil ini cocok digunakan untuk kalian yang masih single atau memang sudah berumah tangga, tapi mempunyai jumlah anggota tak lebih dari lima orang.

    Baca juga: Jadi Mobil Incaran Anak Muda, Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio 2022

    Adu Fitur Honda Brio E Vs New Toyota Calya G

    Honda Brio

    Honda Brio masih mengandalkan head unit 2DIN tanpa layar sentuh

    Melihat daripada fiturnya, untuk sistem hiburannya Honda Brio E berhasil tersematkan head unit 2DIN yang mendukung konektifitas seperti; USB, AM/FM radio, CD player, AUX-in, Bluetooth, serta hands free telephone. Tak hanya itu, pada varian ini Brio juga mendapatkan fitur tambahan berupa audio steering switch yang mana secara fungsional bisa melakukan beragam pengaturan pada sistem hiburannya lewat lingkar kemudi.

    Guna memberikan kemudahan kepada penggunanya, pabrikan juga membekalinya dengan pengaturan ECO indicator, Electronic Power Steering (EPS) AC digital, electric mirror, power window di semua kaca, tilt steering serta electric trunk opener.

    Bicara fitur keselamatan, Brio E CVT sudah dilengkapi dengan dual front i-SRS airbags, struktur rangka G-CON + ACE, dan sistem pengereman ABS + EBD, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, ISOFIX & Tether dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Pada fitur keamanan, mobil ini juga berhasil disematkan Alarm System, Auto Door Lock by Speed, dan Immobilizer.

    New Toyota Calya

    New Toyota Calya dilengkapi head unit layar sebntuh dengan konektivitas smartphone

    Lalu bagaimana dengan Toyota Calya G AT? Seperti yang terlihat didalamnya, mobil ini untuk sistem infotaimentnya dibekali dengan head unit AVX layar sentuh yang telah mendukung konektivitas Smartphone Mirroring Connection dan bisa dikendalikan melalui audio steering switch control. Selain itu juga terdapat fitur seperti; power window, Electronic Power Steering (EPS), electric mirror dengan retractable, dan air circulation yang mampu meneruskan udara sejuk dari baris pertama hingga jok paling belakang.

    Namun sayang, mobil ini belum dilengkapi dengan tilt steering yang mana bisa diatur tinggi rendahnya setir guna memberikan kenyaman kepada pengemudi saat mengendarainya.

    Meski begitu untuk fitur keselamatannya Toyota Calya G AT tak kalah lengkap dari Honda Brio E CVT. Seperti yang terlihat, guna memberikan perlindungan kepada penggunanya, Toyota telah melengkapinya dengan 3-point seatbelt di seluruh bangku, dual SRS airbag, front seatbelt with pretensioner & force limiter, ISOFIX, side impact beam, Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD), GOA Body (Global Outstanding Assessment) sebagai proteksi pada rangka mobil dari tabrakan di bagian depan, belakang, dan sisi mobil, rear parking sensor serta APAR.

      Selain itu juga terdapat parking camera untuk meningkatkan visibilitas ke belakang ketika mundur yang terkoneksi langsung dengan head unitnya. Untuk keamanannya, mobil ini berhasil dilengkapi immoblizer serta main & spare key integrater with remote.

      Baca juga: Selisih Sampai Rp5 Jutaan, Perbedaan Fitur di New Toyota Calya Tipe E dan G Sedikit Banget!

      Pakai CVT, Perpindahan Transmisi Brio Satya E Terasa Lembut Juga Lebih Responsif

      Honda Brio

      Honda Brio mengandalkan transmisi CVT with Earth Dreams Technology 

      Sama-sama menggunakan mesin 1.200 cc, Honda Brio E CVT maupun Toyota Calya G AT juga mengandalkan penggerak roda depan (FWD).

      Mengenai jantung pacunya, Honda Brio dibenamkan mesin 1.199 cc berkodekan L12B SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW, PGM-FI yang dapat memeras tenaga 90 PS @6.000 rpm serta tosi maksimal 110 Nm @4.800 rpm. Mengenai tingkat percepatannya, varian ini Honda mengkawinkannya dengan transmisi jenis CVT with Earth Dreams Technology yang terkenal halus setiap perpindahannya secara otomatis sekaligus terasa responsif.

      Menyoal Toyota Calya, varian G AT versi faceliftnya ini mengandalkan jantung pacu berkodekan 3NR-VE, 1.197 cc 4-silinder segaris DOHC Dual VVT-i yang mana mampu memeras tenaga hingga 88 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal mencapai 107 Nm @4.200 rpm. Berbeda dengan Brio yang sudah menggunakan transmisi CVT, pada Calya pabrikan memadukannya dengan transmisi otomatis konvensional 4-percepatan.

      Kesimpulan

      Dibandrol lebih murah dari Honda Brio E CVT, Toyota Calya G AT unggul dari segi kapasitas daya angkut penumpang. Tak hanya itu, untuk fitur unggulan serta keselamatan Calya kini juga lebih komplit sehingga mampu memberikan kemudahan lebih baik kepada penggunananya.

      Namun jika bicara soal performa serta transmisinya, Honda Brio E CVT jauh lebih unggul. Selain lebih bertenaga, mobil ini juga terasa halus setiap melakukan perpindahan secara otomatis berkat transmisi CVT with Earth Dreams Technology yang dianutnya. 

      Baca juga: Honda Brio S dan E Selisih Sampai Rp30 Juta, Apa Aja Bedanya?

      Enda

      Reporter

      Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

      window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
      googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
      window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

      Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

      Honda Brio Satya S M/T 2022

      Upgrade

      Tambahkan mobil Anda

      Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil