window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Honda Brio Vs Toyota Agya, City Car Hatchback Terlaris yang Masih Saling Jegal

Ping · 7 Mei, 2020 16:00

Honda Brio Vs Toyota Agya, City Car Hatchback Terlaris yang Masih Saling Jegal 01

Pertarungan model city car hatchback di Indonesia bisa dibilang cukup sengit, seperti misalnya antara Honda Brio dan Toyota Agya sebagai pemimpin pasarnya. Honda Brio berperan sebagai tulang punggung penjualan mobil Honda di Tanah Air. Harga Honda Brio terbaru dibanderol mulai dari Rp146 jutaan. Sedangkan Toyota Agya dijual dari harga Rp143 jutaan.

Mobil Toyota Agya total memiliki 6 macam varian, dimana Toyota Agya 1.2 L TRD A/T merupakan varian tertinggi yang dibanderol dengan biaya sebesar Rp 169 jutaan. Sedangkan Honda Brio memiliki 5 macam varian. Tipe mobil Honda Brio terbaru dengan varian tertinggi adalah Honda Brio RS CVT dan dibanderol dengan biaya sebesar Rp 202 jutaan.

Kedua mobil ini mengisi segmen yang sama baik secara model yang mengusung city car hatchback bermesin 1.2 liter. Honda Brio baru dan mobil Toyota Agya saling adu performa, efisiensi bahan bakar, dan tentunya fitur.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Memang, di luar kedua ini masih ada Daihatsu Ayla, Suzuki Ignis, atau Mitsubishi Mirage. Namun sebagai pemimpin pasar city car hatchback, Brio dan Agya baru menarik untuk disimak perbandingannya.

Berikut adalah perbandingan spesifikasi antara Honda Brio dan Toyota Agya.

Eksterior

Kedua mobil ini mengusung desain menarik dan cukup atraktif. Baik mobil Honda Brio terbaru maupun mobil Toyota Agya baru mengadopsi desain sporty yang bisa menyasar segmen konsumen berbagai kalangan. Mulai dari konsumen dewasa atau anak muda akan sangat cocok dengan desain eksterior mereka berdua.

Ketambahan lagi, pilihan warna keduanya juga cukup variatif. Ada beberapa warna unik yang bisa jadi favorit masyarakat.

Honda Brio Vs Toyota Agya, City Car Hatchback Terlaris yang Masih Saling Jegal 01

Sebut saja misalnya warna Phoenix Orange Pearl sebagai warna hero Honda Brio RS baru dan Kuning untuk varian Brio Satya. Total, Honda Brio tersedia dalam delapan pilihan warna. Bahkan untuk varian RS juga tersedia two-tone; warna bodi dan atap berbeda.

Sedangkan mobil Toyota Agya warna kuning cukup diminati dan memang sebagai warna hero-nya. Namun kemunculan mobil Agya versi facelift pada awal 2020 ini, warna gray metallic dinilai sangat mampu memunculkan karakternya. Total, mobil Toyota Agya memiliki tujuh opsi warna untuk para konsumen.

Honda Brio Vs Toyota Agya, City Car Hatchback Terlaris yang Masih Saling Jegal 02

Secara spesifikasi keduanya memang memiliki desain yang sama-sama berkarakter. Hanya saja ternyata ada perbedaan yang cukup menyita perhatian dan jadi pertimbangan.

Mobil Toyota Agya baru dibekali spesifikasi lampu depan LED projector, namun mobil Honda Brio hanya LED saja. Ini tentunya akan berpengaruh pada kualitas visibilitas di jalanan gelap atau malam hari. Namun kendati demikian, mobil Honda Brio terbaru masih tidak mendapat keluhan berarti dalam hal spesifikasi lampu depan.

Interior

Masuk ke dalam kabin, kedua mobil ini sama-sama memiliki kesan pertama dan material yang biasa saja. Baik Honda Brio dan mobil Toyota Agya sama-sama sederhana dan mengusung fitur-fitur standar sebuah mobil entry level. Namun masing-masing tentunya punya keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Desain dasbor mobil Honda Brio terbaru berkarakter sporty, sangat berciri khas anak muda. Penyematan head unit layar sentuh dan pengaturan AC digital dianggap sangat modern. Semakin mempercantik tampilan, hadir juga garis aksen berwarna oranye hanya untuk varian RS.

Senada dengan kompetitornya, mobil Toyota Agya juga mengusung desain dasbor yang cenderung simpel namun tetap punya aura sporty. Menariknya, tidak ada perbedaan untuk tipe terbawah dan teratasnya. Sayangnya, fitur head unit layar sentuh baru bisa dihadirkan pada varian TRD.

Honda Brio Vs Toyota Agya, City Car Hatchback Terlaris yang Masih Saling Jegal 03

Perbedaan lainnya adalah kehadiran start/stop engine. Honda Brio baru harus mengakui kekalahannya di sini lantaran belum menghadirkannya di semua varian. Sedangkan mobil Agya sudah menggunakannya pada versi facelift-nya.

Mesin dan Performa

Mobil Honda Brio dan Toyota Agya baru sama-sama masuk ke dalam kelas LCGC (Low Cost Green Car), artinya sama-sama mengusung mesin 1.2 liter sesuai regulasi pemerintah. Mobil Toyota Agya sebenarnya punya dua pilihan mesin, yaitu 1.0L berkode KR tiga silinder VVT-i dan 1.2L berkode NR empat silinder. Sedangkan Honda Brio baru membekali semua variannya dengan mesin yang sama; 1.2L berkode L12B empat silinder i-VTEC.

Di atas kertas mesin 1.0L Agya bertenaga 65 hp/6.000 rpm dan mesin 1.2L mampu hasilkan tenaga sebesar 86 hp/6.000 rpm. Sedangkan Honda Brio baru punya tenaga sedikit lebih besar, yakni 89 hp/6.000 rpm.

Honda Brio Vs Toyota Agya, City Car Hatchback Terlaris yang Masih Saling Jegal 04

Bukan hanya output daya saja yang berbeda, sandingan transmisinya pun juga. Mobil Honda Brio terbaru dianggap lebih unggul karena transmisi otomatisnya menggunakan CVT. Sedangkan New Agya masih menggunakan transmisi otomatis konvensional 4-percepatan.

Kendati punya hasil daya yang sedikit berbeda, keduanya masih dianggap cukup bertenaga dan irit bahan bakar.

Fitur

Berpindah ke bagian fiturnya, Honda Brio dan Toyota Agya baru kini bisa dibilang cukup mampu menghadirkan fitur-fitur standar city car yang fungsional. Namun sekali lagi, keduanya pun memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sebut saja misalnya kehadiran ISOFIX di mobil Toyota Agya tidak diikuti oleh Honda Brio baru. Ini cukup riskan mengingat city car adalah pilihan utama keluarga muda yang punya anak balita, sehingga fitur ini sangat diperlukan.

Fitur hiburan keduanya bisa dibilang cukup berimbang. Keduanya menggunakan headunit 2 DIN yang dilengkapi koneksi Bluetooth plus audio steering switch untuk kemudahan pengaturan.

Fitur keselamatan pun jadi sorotan berikutnya. Honda Brio baru bisa jumawa di sini lantaran sudah mengusung sistem pengereman ABS dan EBD di semua variannya. Sedangkan Agya diketahui hanya mengusung fitur tersebut di varian teratasnya, TRD.

Harga

Melihat banderol keduanya cukup menarik untuk diulas lantaran menyuguhkan pilihan berbeda. Toyota Agya memiliki sangat banyak varian yakni sebanyak 6 tipe. Banyaknya varian ini memberikan pilihan yang lebih leluasa bagi para konsumen.

Sedangkan Honda Brio tersedia dalam lima varian yang semuanya punya selisih harga membuat calon pembeli kurang leluasa memilih.

Berikut harga Honda Brio dan Toyota Agya selengkapnya:

Harga Honda Brio
All New Honda Brio S M/T Rp146 juta
All New Honda Brio E M/T Rp154,7 juta
All New Honda Brio E CVT Rp170,1 juta
All New Honda Brio RS Rp184,3 juta
All New Honda Brio RS CVT Rp199,6 juta
Harga Toyota Agya
Toyota Agya 1.0 G M/T Rp143,8 juta
Toyota Agya 1.0 G A/T Rp156,8 juta
Toyota Agya 1.2 G M/T Rp148,1 juta
Toyota Agya 1.2 G A/T Rp161,6 juta
Toyota Agya 1.2 G M/T TRD Rp153,4 juta
Toyota Agya 1.2 G A/T TRD Rp169,2 juta

Kesimpulan

Honda Brio Vs Toyota Agya, City Car Hatchback Terlaris yang Masih Saling Jegal 05

Jika melihat perbandingan keduanya, Honda Brio dan Toyota Agya cukup berimbang dalam menarik minat masyarakat. Namun bagi Anda yang punya bujet ketat, Toyota Agya bisa jadi pilihan menarik dengan variannya yang lebih banyak. Selain itu, harganya pun lebih rendah dibandingkan Honda Brio.

Namun kalau Anda masih mengutamakan performa dan tampilan lebih sporty, Honda Brio lebih cocok jadi pilihan. Selain itu, varian yang ditawarkan Honda Brio baru cukup merata secara spesifikasi dan fiturnya.

Kalau bicara soal spareparts dan jaringan purnajual (aftersales) kedua merek bisa sangat diandalkan dan punya biaya perawatan yang relatif rendah. Sehingga pada sektor ini, baik mobil Toyota Agya baru dan Honda Brio baru cukup berimbang.

Ping

Bicara fakta menarik dengan ragam perspektif, spidometer hanya angka tanpa injakan pedal gas.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil