Honda BR-V 2022 Buatan Indonesia Bakal Diekspor Sampai ke Amerika dan Afrika

Adit · 21 Sep, 2021 18:00

All New Honda BR-V 2022

Honda BR-V 2022 akhirnya resmi meluncur pertama kali secara global di Indonesia. Model ini menggantikan model lawasnya yang pertama kali dikenalkan pada 2015 lalu. 

Beberapa ubahan disematkan pada mobil baru Honda ini. Seperti tampilan anyar yang lebih menguatkan kesan SUV, penggunaan platform baru, mesin yang sama seperti Honda City Hatchback RS, serta dilengkapi fitur keselamatan dan penunjang kenyamanan yang tidak dimiliki kompetitor. 

Honda BR-V 2022 Buatan Indonesia Bakal Diekspor Sampai ke Amerika dan Afrika 02

Tampak belakang Honda BR-V 2022.

Baca Juga: Honda BR-V 2022 Resmi Debut Global di Indonesia, Harga Mulai Rp260 Jutaan

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Mobil yang juga menyandang nama All New Honda BR-V ini sudah dibekali paket fitur keselamatan Honda Sensing yang terdiri atas, Collision Mitigation Brake System, Honda LaneWatch, Lane Keeping Assist, Road Departure Mitigation, dan Lead Car Departure Notification System.

Modelnya dibangun atas purwarupa Honda N7X Concept yang telah dikenalkan pabrikan beberapa waktu lalu. BR-V generasi kedua, dijelaskan oleh Takehiro Watanabe selaku Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai SUV yang telah didefinisi ulang. 

Honda BR-V 2022 Buatan Indonesia Bakal Diekspor Sampai ke Amerika dan Afrika 01

Honda BR-V 2022 dibangun dari Honda N7X Concept.

"Dari mobil konsep menjadi kendaraan yang diproduksi massal, untuk pertama kalinya Honda membagikan kesenangan melalui mobil 7-penumpang terbaru yang menawarkan kepuasan berkendara dan performa yang bagus dalam sebuah SUV, ditambah fitur dan teknologi baru untuk kemudahan berkendara," katanya dalam sesi virtual konferensi pers, Selasa (21/9). 

Honda BR-V Buatan Indonesia Diekspor Sampai Amerika dan Afrika

Sayangnya Business Innovation and Marketing & Sales HPM Yusak Billy mengatakan, unitnya belum tersedia di pasaran. Sebab produksinya bakal dilakukan pada akhir tahun ini, serta distribusi baru bisa dilakukan pada awal 2022. 

Honda BR-V 2022 Buatan Indonesia Bakal Diekspor Sampai ke Amerika dan Afrika 02

Bentuk asli Honda BR-V 2022 yang baru saja meluncur.

Tapi konsumen yang berminat Honda BR-V 2022, sudah bisa memesannya. "Konsumen dapat melakukan pemesanan mulai harga Rp 260 juta. Tentunya konsumen yang sudah pesan akan mendapat keistimewaan dapat pertama kali dan harga fix sebelum kenaikan harga yang biasa terjadi di awal tahun," katanya. 

Dirinya menambahkan, selain akan memenuhi kebutuhan domestik, mobil baru tersebut juga bakal diekspor. Ini sejalan dengan investasi baru prinsipal Honda di Indonesia sebesar Rp5,2 triliun, untuk mengembangkan produk baru sekaligus peningkatan kapasitas produksi. 

Honda BR-V 2022 Buatan Indonesia Bakal Diekspor Sampai ke Amerika dan Afrika 03

Head unit Honda BR-V 2022.

Baca Juga: Angka Penjualannya Terus Turun, Ini Dua Kekurangan Honda BR-V Yang Siap Berganti Model

Saat ini pabrik HPM baru mengekspor Honda Brio ke Filipina dan Vietnam. Sementara model lain, masih difokuskan untuk pemenuhan dalam negeri. Tapi tidak untuk Honda BR-V 2022.

"Tadi juga mendapat impresi yang baik dari luar Indonesia, kami berencana ekspor all new Honda BR-V ke lebih dari 30 negara, rencananya sekitar 11 ribu unit pada tahun pertama dan terus bertahap sesuai kondisi dan permintaan negara tujuan," jelasnya. 

Billy belum merinci negara mana saja yang sudah kesengsem Low SUV penantang Toyota Rush itu. Yang jelas Honda BR-V 2022 buatan Indonesia akan diekspor ke Asia, Amerika Tengah, Amerika Selatan, hingga beberapa lain di Afrika. 

Honda BR-V 2022 Buatan Indonesia Bakal Diekspor Sampai ke Amerika dan Afrika 04

Desain jok Honda BR-V 2022.

Bila mengikuti proyeksi pabrikan, di mana awal produksi mobil tersebut dilakukan akhir 2021 dan dipasarkan ke konsumen pada 2022, maka besar kemungkinan pengapalan ke negara tujuan ekspor direalisasi juga pada tahun depan. 

Untuk pemasaran di Indonesia, HPM menargetkan bisa terjual hingga 40 ribu unit pada 2022. Honda BR-V 2022 tersedia dalam lima varian yang bisa dipilih mencakup tipe: S M/T, E M/T, E CVT, Prestige CVT, dan Prestige Honda Sensing sebagai trim tertinggi. 

Baca Juga: Ini Perbedaan Honda BR-V 2021 dan Honda BR-V 2022 alias N7X Concept. Pilih yang Mana?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2022 Honda BR-V 1.5 S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru