window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Honda City Hatchback 2021 Gantikan Honda Jazz, Ternyata Ini Perbedaannya

Bent Aulia · 14 Des, 2020 13:00

Honda City Hatchback 2021 Gantikan Honda Jazz, Ternyata Ini Perbedaannya 01

Selain Honda Brio, Honda Jazz menjadi salah satu pilihan city car terbaik Honda saat ini. Hanya saja Honda sepertinya akan membawa pembaharuan di Indonesia. Kemungkinan besar Honda City Hatchback yang baru dirilis di Thailand akhir November lalu akan dipasarkan sebagai Honda Jazz 2021 di Indonesia. Nah, mari kita simak apa saja perbedaan dari model baru ini.

Pengganti Honda Jazz 2021

Berbagai media banyak melaporkan tentang model Honda Jazz yang akan disuntik mati di Indonesia. Tapi jangan takut. Pasalnya model ini akan mendapatkan penggantinya dalam bentuk Honda City Hatchback yang baru saja diperkenalkan pada publik Thailand beberapa waktu lalu.

Honda Jazz 2021

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Namun yang menjadi masalah apakah Honda akan membawa nama Honda City Hatchback 2021 atau menggantinya dengan merek Honda Jazz. Dan jika Honda memilih pilihan pertama, pabrikan asal Jepang ini harus memulai dari awal dan meninggalkan nama besar Jazz yang memang sudah dikenal oleh konsumen Tanah Air.

Mengomentari perdebatan ini, pihak Honda sendiri belum memberikan pernyataan resmi mengenai pertukaran ini. Namun dilansir dari berbagai media, petinggi Honda Indonesia mengungkapkan kemungkinan ini masih ditindaklanjuti.

Honda Fit 2021

Sebagaimana dijelaskan oleh Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy, dalam konferensi bersama media, "Apakah akan menggantikan Jazz atau tidak, apakah akan diluncurkan di Indonesia, atau justru sama-sama (dipasarkan)? Terus terang ini semua masih kita pelajari sampai saat ini.”

Dalam keterangannya, Billy menegaskan bahwa semua produk yang akan dibawa ke pasar Indonesia sebelumnya sudah melewati proses pengkajian serta riset yang mendetail. Hal ini dilakukan untuk mencari model yang bisa diterima dengan baik oleh konsumen.

head unit Honda Jazz 2020

Billy lebih lanjut mengungkapkan bahwa Honda Jazz saat ini masih menjadi salah satu jualan Honda yang cukup baik di Indonesia. Dan penyegaran memang dibutuhkan untuk menggaet lebih banyak pasar di segmen hatchback yang semakin tertinggal oleh model MPV maupun SUV ini.

Sejarah Honda Jazz

Dipasarkan sebagai mobil segmen B lima pintu, Jazz berbagi platform dengan mobil kecil Honda lainnya, seperti Honda City, Freed, dan Honda Mobilio generasi pertama. Selain mesin bensin, Honda juga merilis versi hybrid petroleum-electric pada Oktober 2010 dan versi listrik pada 2012.

Honda Jazz 2001

Dikenalkan sebagai Honda Fit pada beberapa negara, Honda memang baru memperkenalkan mobil mungilnya ini pada tahun 2001. Kala itu, Jazz dipasarkan secara eksklusif untuk pasar Jepang saja. Baru PT HPM merilis Jazz generasi pertama pada tahun 2003, membawa model spesifikasi dari Thailand.

Generasi pertama Honda Jazz(2001-2007)

Honda Jazz mendapatkan respons positif dari konsumen Tanah Air. Keberadaannya langsung menyita perhatian. Memberikan pilihan lain untuk kendaraan kompak perkotaan tanpa buntut yang waktu itu hanya dinaungi oleh Toyota Starlet.

Honda Jazz 2002

Dikenal dengan kode bodi GD3, Honda menawarkan dua tipe mesin, yaitu pertama yaitu tipe mesin i-DSI (Intelligent Dual & Sequential Ignition) serta mesin dengan teknologi VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control) untuk varian tertinggi. Keduanya sudah menggunakan teknologi injeksi.

Mesin i-DSI berkapasitas 1.5L sudah mendapatkan teknologi SOHC. Mampu menghasilkan tenaga ingga 85 hp pada 5.500 rpm serta torsi 128 Nm pada putaran 2.700 rpm. Dengan konfigurasi 8 katup dan 2 busi per silinder sehingga pembakaran lebih sempurna untuk bahan bakar yang lebih irit.

interior Honda Jazz 2002

Selain itu, Honda Jazz 2003 membawa mesin 1.5L VTEC dengan keluaran tenaga yang lebih besar, yaitu 108 hp pada putaran 5.800 rpm serta torsi maksimal 143 Nm pada 4.800 rpm. Mesin ini menggunakan konfigurasi 16 katup untuk tenaga maksimal pada putaran mesin yang tinggi.

Bagian dalam memang terkesan jadul. Tapi Honda Jazz 203 sudah mendapatkan fitur keamanan yang terbilang lengkap. Mulai dari sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Generasi kedua Honda Jazz(2007-2013)

Muncul pertama kali pada gelaran internasional Tokyo Motor Show 2007, Honda memberikan peningkatan fitur serta dimensi yang lebih besar pada Honda Jazz terbaru. Ditambah dengan Honda Jazz RS sebagai varian tertinggi, ada tiga varian yang dipasarkan selain Honda Jazz A dan S.

Honda Jazz 2008

Gaya modern yang lebih stylish terasa pada bagian luar. Mengingat Jazz mendapatkan perubahan pada lampu depan dan grille yang dibuat lebih kecil. Bagian samping menawarkan velg baru serta desain lampu belakang bertingkat yang lebih modern.

Perubahan pada interior juga membawa berbagai fitur baru. Tapi sayangnya material plastik keras masih menghiasi ruang kabin. Meski ruang kaki dan kepala semakin lega. Namun mobil ini disebut sebagai salah satu model yang paling enak untuk dikendarai, bahkan hingga saat ini.

interior Honda Jazz 2008

Hal ini terasa dari performa mesin yang lebih bertenaga. Meski Honda mempertahankan mesin berkapasitas 1.5L, teknologi i-VTEC diperkenalkan. Meningkatkan keluaran tenaga menjadi 120 hp dan torsi maksimal 145 Nm.

Dua tahun berselang, Honda menyematkan mesin hybrid yang hanya dipasarkan di Jepang dan beberapa negara tertentu, Pertama kali terungkap pada pameran Paris Motor Show 2010, mobil ini mendapatkan mesin 1.3L serta motor listrik. Efisiensi bahan bakarnya terbilang sangat irit, hanya butuh 3,3 liter per 100 km.

Generasi ketiga Honda Jazz(2014-sekarang)

Honda Jazz generasi ketiga bahkan lebih banyak berubah. Lampu depan layaknya Mazda2 dengan proyektor dan auto levelling. Grille Solid Wing Honda juga sudah diberikan pada mobil ini. Sisi samping tak banyak berubah dengan door handle model tarik. Di belakang tampilannya tak begitu agresif dengan lampu belakang LED.

Honda Jazz 2016

Interior terasa lebih mewah dibandingkan model sebelumnya. Meski head unit masih mengandalkan model 2DIN, ada aksen silver yang memberikan kesan elegan di dalam kabin. Sayangnya interior dengan material plastik keras masih mendominasi. Sedangkan ruang kabin masih lega berka pengaturan kursi khas Jazz.

Namun peningkatan paling terasa pada fitur yang diberikan. Upgrade fitur seperti Smart Entry, Keyless Start/Stop, Audio Steering Switch, Cruise Control, serta kehadiran transmisi CVT dengan perpindahan yang lebih mulus.

interior Honda Jazz 2016

Pada 2017 silam, HPM memberikan revisi minor pada tampilan serta teknologi yang ditawarkan. Kini Jazz sudah dilengkapi dengan DRL LED yang sebanding dengan Toyota Yaris. Honda Jazz RS juga mendapatkan desain bumper yang baru. Serta fitur Climate Control otomatis dan head unit bergaya floating yang lebih menarik.

Perbedaan Honda City Hatchback 2021 sebagai Honda Jazz baru

Sebenarnya tak banyak perbedaan mendasar dari kedua mobil ini. Pasalnya City dan Jazz merupakan dua model yang dibuat berdasarkan platform yang hampir sama. Hanya saja kehadiran City Hatchback membuat warna baru dari Honda Jazz dengan ciri khasnya.

Eksterior Honda City Hatchback 2021

Eksterior yang lebih elegan merupakan daya tarik baru dari City Hatchback atau Jazz 2021. Mulai dari lampu depan sekuensial dan dibuat lebih sipit memberikan kesan modern layaknya sedan dibandingkan Jazz lama. termasuk pada bumper baru dengan rumah lampu kabut membawa kesan sporty.

grille Honda Jazz 2021

Sedangkan pada sisi samping, Honda Jazz lama dengan buntut yang lebih tegak terasa lebih hatchback. Bandingkan dengan Jazz 2021 dengan atap yang lebih melandai. Begitu pula dengan spoiler belakang yang terintegrasi langsung dengan pintu bagasi.

bagian samping Honda Jazz 2021

Sayangnya kaca belakang tak lebih lebar, mengurangi visibilitas ketika berkendara. Tapi ubahan lainnya yang terasa adalah lampu belakang yang dibuat sipit. Serta bumper belakang dengan warna kontras untuk tampilan sporty di belakang.

bagian belakang Honda Jazz 2021

Interior Honda City Hatchback 2021

Jazz 2021 diprediksi akan membawa tampilan yang lebih simpel dan minimalis, disesuaikan dengan tampilan luarnya. Ada setir palang dua yang unik, panel instrumen yang terlihat seperti smartphone tertanam pada dashboard, dan kabin yang lega layaknya model Jazz sebelumnya.

dashboard Honda Jazz 2021

Hanya saja ada perubahan signifikan pada pengaturan dashboard dan door trim yang ditawarkan pada City Hatchback dan Jazz lama. Begitu juga dengan dimensi dan wheelbase yang lebih panjang, memberikan ruang kabin yang lega bagi penumpang di belakang.

kursi Honda Jazz 2021

Perubahan paling kentara pada bagian dalam termasuk sistem infotainment layar sentuh 8.0 inci, kali ini dengan kompatibilitas Apple CarPlay yang lebih modern serta kamera belakang multi-angle untuk membantu pengemudi memarkirkan kendaraan lebih mudah.

bagasi Honda Jazz 2021

Mesin Honda City Hatchback 2021

Honda Jazz generasi ketiga menggendong mesin 1.5L VTEC yang mampu memaksimalkan tenaga hingga 180 hp serta torsi maksimal 145 Nm. Ada dua pilihan transmisi yang bisa dipilih, yaitu 5-percepatan manual dan transmisi CVT yang lebih mulus.

mesin Honda Jazz 2021

Sedangkan mesin Honda City Hatchback akan membawa mesin 1.0T VTEC Turbo 3-silinder yang lebih bertenaga, dengan keluaran 120 hp dan torsi 173 Nm. Disandingkan dengan transmisi CVT untuk menggerakkan roda depan.

Di Thailand, City juga membawa mesin hybrid untuk varian e: HEV. Memiliki gaya yang sama dengan model baru City, model hybrid didukung oleh mesin siklus Atkinson 1.5L yang menghasilkan 97 hp dan torsi 127 Nm. Dikombinasikan dengan motor listrik, tenaganya mampu mencapai 107 hp dan torsi maksimal 253 Nm.

setir Honda Jazz 2021

Tapi tak menutup kemungkinan HPM masih akan membawa mesin 1.5L yang dibawa pada Honda City sedan. Pasalnya menggunakan mesin 1.0T yang masih baru membutuhkan pengujian, untuk membuatnya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen Honda di Tanah Air.

Fitur Honda City Hatchback 2021

Head unit layar sentuh yang mampu memutar MP3, AM/FM, dan konektivitas HDMI, AUX serta Bluetooth bisa ditemukan pada Jazz saat ini. Termasuk paddle shift, ECO Assist untuk efisiensi bahan bakar yang lebih irit, serta Cruise Control.

bagian belakang Honda Jazz 2021

Fitur terbaru yang dibawa Jazz 2021 adalah single-zone automatic AC, keyless entry, idling stop system, dan head unit 8.0 inci serta empat airbag di dalam kabin. Hanya saja fitur keselamatannya tak begitu banyak berubah.

konsol tengah Honda Jazz 2021

Dibandingkan Honda Jazz 2020 yang dipasarkan di Indonesia, tersemat berbagai fitur baru, seperti Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HAS), serta sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) serta fitur Isofix pada bangku baris kedua.

Harga Honda City Hatchback 2021

Ada dua pilihan varian Honda Jazz di Indonesia yang bisa didapatkan saat ini. Harga Honda Jazz 2020 mulai dari Rp250 jutaan untuk varian Jazz bertransmisi manual. Dengan varian RS bertransmisi manual dibanderol Rp282 jutaan. Harga Honda Jazz RS bertransmisi CVT dimulai dari Rp292 jutaan.

Honda City Hatchback

Ketika pertama kali dipasarkan di Thailand, City Hatchback dibanderol mulai dari 599.000 bath (Rp280 jutaan). Ketika masuk ke Indonesia nantinya, harga Honda Jazz 2021 bisa mendapatkan peningkatan hingga Rp10 jutaan atau lebih.

Mengingat popularitas mobil hybrid yang semakin tinggi, menarik untuk dilihat apakah HPM akan membawa varian bermesin hybrid di Indonesia nantinya. Dan tentu saja harga Honda Jazz 2021 dengan pilihan mesin hybrid bisa lebih tinggi dibandingkan model standar.

Kesimpulan

Honda City Hatchback kemungkinan besar akan masuk ke Indonesia sebagai Honda Jazz 2021. Mengandalkan model City yang lebih elegan, hatchback perkotaan ini terasa lebih mewah ditambah kelengkapan teknologi yang lebih canggih. Begitu pula dengan harga Honda Jazz 2021 yang diprediksi lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil