window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Honda City Hatchback 2021 Layak Jadi Reinkarnasi Civic Gen 1, Apa Alasannya?

Yongki Sanjaya · 15 Mar, 2021 18:00

Honda City Hatchback 2021 Layak Jadi Reinkarnasi Civic Gen 1, Apa Alasannya? 01

Sosok Honda City Hatchback 2021 menjadi buah bibir dalam beberapa waktu terakhir. Pasalnya, City Hatchback adalah sosok pengganti Honda Jazz di banyak negara termasuk Indonesia. Bahkan kalangan pemerhati otomotif di Jepang menganalogikan kalau Honda City Hatchback 2021 adalah sosok reinkarnasi Honda Civic generasi pertama. 

Apakah analogi tadi berlebihan? Mungkin tidak kalau melihat konsepnya. Sebab, baik Civic atau City Hatchback ini dipersiapkan sebagai mobil keluarga. Walaupun bukan MPV tapi City Hatchback punya konfigurasi kursi yang praktis. Penggemar mobil Jepang yang mengamati dari jauh, menanggapi City Hatchback dengan positif.

Honda City Hatchback 2021 Layak Jadi Reinkarnasi Civic Gen 1, Apa Alasannya? 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dalam survei yang dilakukan Kuruma News, 76,9 persen pengguna publikasi Jepang setuju bahwa City Hatchback terlihat seperti penerus asli Honda Civic generasi pertama. Hal ini tentunya perlu diapresiasi mengingat orang Jepang sudah mulai meninggalkan hatchback. 

Honda Civic generasi FC saat ini masih dijual di Jepang, tetapi hanya sebagai hatchback. Perubahan kebutuhan konsumen membuat Civic Hatchback bahkan tidak lagi laris di sana karena pembeli Jepang cenderung memilih minivan seperti Freed dan Step WGN, atau compact SUV seperti HR-V (Vezel).

Konsumen Jepang Ingin Nostalgia Civic Gen 1 di Honda City Hatchback 2021

Honda City Hatchback 2021 Layak Jadi Reinkarnasi Civic Gen 1, Apa Alasannya? 01

Kalangan penggiat otomotif di negeri matahari terbit berusaha menjaga sejarah otomotif mereka. Bagi para penggemar Honda, mereka melihat kalau sosok City Hatchback mengingatkan mereka dengan sosok Honda Civic generasi pertama. Keduanya ada kesamaan dalam hal hatchback yang ramah soal akomodasi keluarga.

Menurut mereka, City Hatchback juga mewakili era yang lebih sederhana. Sebagai mobil serba bisa, City Hatchback mengingatkan kepada era harga mobil masih murah dan balapan memakai Honda Civic di Suzuka. Namun sayangnya, Civic semakin mahal dan mewah membuatnya tidak lagi sebagai mobil yang merakyat.

Penggemar otomotif di Jepang berharap apakah beberapa aspek keunggulan masa lalu dari Civic bisa kembali hadir di era yang sarat teknologi canggih. Nah, mereka menemukan nostalgia tersebut pada City Hatchback.

Honda City Hatchback, Harga Terjangkau dan Desain Seksi

Honda City Hatchback 2021 Layak Jadi Reinkarnasi Civic Gen 1, Apa Alasannya? 02

Keunggulan mobil hatchback yang sederhana dan menyenangkan, menurut pendapat responden di Kurumano News Jepang, malah hadir pada sosok City, bukan Civic. Sayangnya, City Hatchback untuk saat ini tidak dijual di Jepang.

Melihat desainnya, City Hatchback terlihat sangat berbeda dengan jenis mobil Jepang biasa yang tampak kotak atau membulat seperti Honda Fit (Jazz). City Hatchback memiliki sedikit kesan eksotis dan harganya cukup terjangkau dibandingkan Civic, setidaknya bagi sebagian orang Jepang.

Beberapa penggemar otomotif Jepang berkomentar bahwa akan sangat bagus jika City Hatchback diperkenalkan di negara mereka dengan mesin DOHC 1.6 liter naturally aspirated. Mesin sederhana yang menghasilkan 100 PS/liter, kembali ke masa-masa B16A yang legendaris.  

Tapi tentu saja, ini hanyalah konsep imajiner yang sulit terealisasi. Peraturan emisi saat ini di Jepang sangat ketat dan mesin itu tidak sesuai dengan konsumsi BBM. Impian car lovers Jepang membuat mesin seperti itu tidak mungkin dihadirkan, bahkan di Thailand yang masih memakai regulasi dibawahnya.

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda City Hatchback RS 1.5 M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil