window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Honda City Hatchback 2021 Setia Pakai Rem Tromol Belakang, Kinerja Pengereman Bukan Jadi Keunggulan? 

Yongki Sanjaya · 10 Mar, 2021 21:00

Honda City Hatchback 2021 Setia Pakai Rem Tromol Belakang, Kinerja Pengereman Bukan Jadi Keunggulan?  01

Indonesia menjadi negara kedua yang jadi tempat peluncuran Honda City Hatchback 2021.  Walaupun keren, Honda City Hatchback masih pakai rem tromol di roda belakang. Apa sih keunggulan rem tromol yang dianggap model lawas ini? 

Sosok hatchback ini begitu fenomenal karena dipersiapkan jadi penerus Honda Jazz yang pensiun. Namun publik dibuat skeptis karena tidak ada improvisasi pengereman untuk mobil yang estimasi harganya di atas Rp300 jutaan ini.

Rem jelas merupakan salah satu dari sekian komponen yang vital. Karena fungsi utama rem untuk mengurangi laju kendaraan, dan secara langsung membantu pengendalian. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Meski sudah tergolong kuno, tapi rem tromol itu bandel alias jarang rewel. Memang sih secara penampilan jadi kurang sporty karena tidak ada piringan besar dan kaliper di balik velgnya seperti pada mobil balap. 

Baca juga:

Mobil baru Honda Rp300 Jutaan, Pilih HR-V 2021 atau City Hatchback?

Absen di Honda City Hatchback, Apa Hebatnya Rem Cakram Roda Belakang Pada Toyota Yaris 2021?

Fitur Pintar Ultra Seat Pada Honda City Hatchback RS 2021, Warisan Berharga Honda Jazz

Rem tromol biasa digunakan untuk kendaraan lawas sekitar tahun 1990-an atau yang lebih tua. Mobil keluaran terbaru umumnya memakai rem cakram, termasuk juga Toyota Yaris sebagai rival Honda City Hatchback. 

Memang, rem cakram jadi andalan terutama di mobil yang memiliki kapasitas mesin yang lebih besar sehingga membutuhkan daya rem yang lebih kuat. 

Namun demikian, rem tromol ini terkenal akan ketangguhannya karena jadi andalan di kendaraan berat. Bisa saja, Honda ingin supaya City Hatchback ini punya performa pengereman yang tetap oke namun konstruksi yang sederhana sehingga mudah dirawat. 

Keunggulan Rem Tromol, Kuat dan Durabilitas Tinggi 

Honda City Hatchback 2021 Setia Pakai Rem Tromol Belakang, Kinerja Pengereman Bukan Jadi Keunggulan?  01

Salah satu keuntungan utama dari rem tromol adalah jenis rem ini menyediakan kontak lebih besar antara kampas rem dan bidang gesek di tromol. Karena kontak kampas rem dan tromol lebih besar, memungkinkan daya pengereman tersebar lebih luas. 

Cara kerja rem tromol yaitu dengan cara mengembang, dimana saat kita melakukan pengereman maka kampas rem menempel pada brake pads ini mekar. Saat mengembang, maka permukaan kampas rem akan saling bergesekan dengan tromol (drum brake) yang berputar. Hasil gesekan pada tromol tersebut yang membuat laju mobil semakin berkurang.

Keunggulan Rem Tromol, Minim Terpapar Kotoran

Honda City Hatchback 2021 Setia Pakai Rem Tromol Belakang, Kinerja Pengereman Bukan Jadi Keunggulan?  02

Rem tromol punya desain perangkat yang tertutup, dimana brake pad tertutup oleh tromol. Implikasi tersebut adalah kotoran dari jalanan tak mudah menempel di rem tromol. 

Untuk roda belakang memang paling riskan soal kotoran ini karena ada akumulasi cipratan dari roda depan juga. Waktu di musim hujan, brake pad tidak kotor karena cipratan lumpur dari ban sehingga performa pengereman tetap terjaga. 

Performa Pengereman Rem Tromol Lebih Lembut, Tapi Tetap Pakem

Honda City Hatchback 2021 Setia Pakai Rem Tromol Belakang, Kinerja Pengereman Bukan Jadi Keunggulan?  03

Soal kemampuan pengereman, rem cakram dinilai lebih pakem. Namun untuk mobil keluarga atau pemakaian sehari-hari, kombinasi rem cakram di depan dan tromol di belakang cukup ideal. Rem tromol mampu menahan beban lebih berat saat kondisi penumpang penuh berikut barang bawaan, dan kinerjanya juga lembut. 

Ini karena permukaan kampas  yang bergesekan dengan tromol cukup lebar. Ini membuat daya pengereman yang cukup kuat tapi prosesnya lembut. Jadi dari sisi kenyamanan, rem tromol ini tidak ngagetin.

Sementara itu, Honda City Hatchback 2021 tetap memakai cakram sebagai rem depan ada di depan karena saat mengerem semua bobot pindah ke depan. Unruk itu, mobil tetap butuh rem cakram karena perlu kemampuan yang lebih hebat sebagai efek menahan bobot. 

Kesimpulan

Memakai rem tromol untuk mobil jenis hatchback mungkin dianggap ketinggalan zaman. Namun, dalam teknologi otomotif kita juga perlu melihat fungsi dan kenyamanan daripada sekedar estetika teknologi. Honda City Hatchback ini masuk kategori mobil untuk keluarga, maka kemampuan pengereman harus mumpuni tapi juga tidak menghentak seperti pada rem cakram di keempat roda.

Sebagai hatchback kaya fitur, maka Honda City Hatchback 2021 peruntukannya pasti digunakan sebagai kendaraan harian. Untuk itu, faktor kenyamanan perlu diutamakan tanpa mengorbankan performa pengereman. Jadi, jangan anggap enteng rem tromol yang gayanya jadul ini. 
 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda City Hatchback RS 1.5 M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil