Honda City Hatchback Salip Toyota Yaris Sebagai Hatchback Terlaris di Thailand

Budi · 4 Apr, 2021 08:00

Tahun 2020 bisa jadi tahun yang menyenangkan bagi Toyota Yaris di Thailand karena kesukesannya merebut pangsa pasar terbesar di kelas hatchback. Saat itu, Toyota Yaris masih bersaing dengan Honda Jazz di kelas ini, sebelum kemudian Honda memperkenalkan Honda City Hatchback bulan November 2020 lalu.

Honda City Hatchback Salip Toyota Yaris Sebagai Hatchback Terlaris di Thailand 01

Honda City Hatchback menjadi yang terlaris di Thailand bulan Februari 2021

Namun tampaknya hanya perlu sebulan memasuki tahun 2021, pada bulan Februari 2021 secara mengejutkan Honda City Hatchback langsung tancap gas soal penjualan mobil terbarunya ini dan menyusul penjualan Toyota Yaris hingga hampir dua kali lipat! Hasil penjualan awal tahun yang dikeluarkan oleh media Headlightmag di Thailand menyebutkan jika Honda City Hatchback terjual sebanyak 2.916 unit, dibandingkan Toyota Yaris yang hanya 1.560 unit.

Honda City Hatchback Salip Toyota Yaris Sebagai Hatchback Terlaris di Thailand 02

Tampaknya penjualan City Hathcback yang mencapai 87% lebih banyak dibandingkan Yaris memastikan bahwa konsumen hatchback di Negeri Gajah Putih tersebut semakin menyukai keunggulan yang ditawarkan oleh Honda City.

Baca Juga: Ini Dia 5 Hal yang Bisa Bikin Honda City Hatchback 2021 Ulangi Kesuksesan Honda Jazz

Honda City Hatchback Salip Toyota Yaris Sebagai Hatchback Terlaris di Thailand 03

Di posisi ketiga penjualan hatchback terlaris adalah Honda Jazz, yang tak lama lagi akan dihentikan penjualannya di Thailand, sebanyak 1.399 unit. DI tempat keempat ada Suzuki Swift dengan 1.083 unit dan di tempat kelima adalah Mazda2 yang terjual 982 unit.

Honda City Hatchback Salip Toyota Yaris Sebagai Hatchback Terlaris di Thailand 04

Varian terbatas, Toyota Yaris Play ditawarkan untuk menarik minat konsumen di Thailand

Meski begitu, dengan total 12.678 unit hatchback terjual di Thailand dalam dua bulan pertama, Toyota Yaris masih menguasai pangsa pasarnya dengan total 3.537 unit atau 27,9%. Meski begitu, Honda City Hatchback sudah menintip di posisi kedua dengan pangsa pasar 24,4%.

Baca juga: Modal Kuat Honda City Hatchback RS Bisa Bikin Toyota Yaris TRD Sportivo Minder

Harga Honda City di Indonesia Mengejutkan

Sementara di Indonesia, setelah diluncurkan pada bulan Maret 2021 lalu, tanggal 2 April kemarin, PT Honda Prospect Motor (HPM) baru mengumumkan secara resmi harga jual Honda City Hatchback di Indonesia. Pengumuman harga yang ditawarkan oleh HPM ini juga sudah menerapkan skema relaksasi PPnBM yang ditetapkan pemerintah.

Honda City Hatchback Salip Toyota Yaris Sebagai Hatchback Terlaris di Thailand 05

Honda City Hatchback RS dijual dengan harga kurang dari Rp300 juta di Indonesia

Harga yang ditawarkan untuk Honda City Hatchback RS adalah Rp289.000.000 untuk model bertransmisi manual 6-speed dan Rp299.000.000 untuk transmisi otomatis CVT. Harga ini adalah harga on the road di wilayah Jakarta dengan estimasi BBN Mobil Pertama tahun 2021. Honda City Hatchback RS akan mulai dikirimkan kepada dealer resmi Honda di seluruh Indonesia pada tanggal 8 April 2021.

Honda City Hatchback Salip Toyota Yaris Sebagai Hatchback Terlaris di Thailand 06

Mesin 1,5Liter DOHC dengan i-VTEC yang bertenaga

Honda City Hatchback RS menawarkan keunggulan dengan berbagai fitur canggih seperti Remote Engine Start, One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch dengan Voice Recognition, Multi-Angle Rear View Camera, hingga ULTRA Seat. 

Honda City Hatchback Salip Toyota Yaris Sebagai Hatchback Terlaris di Thailand 07

Dapatkan Honda City Hatchback mengikuti jejak Honda Jazz dengan mengalahkan Toyota Yaris di Indonesia?  

Performa berkendara yang menyenangkan serta hemat bahan bakar, juga ditawarkan sebagai daya tarik mobil ini. Honda City Hatchback RS menggunakan mesin 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW dengan tenaga puncak 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. Lalu apakah Honda City Hatchback RS di Indonesia juga akan sukses mengalahkan Toyota Yaris sebagaimana pendahulunya Honda Jazz? Kalau kami yakin begitu.

Baca juga: Harga Honda City Hatchback 2021 Tak Sampai Rp300 Juta, Ikut Dapat Diskon PPnBM

Komentar