Honda City Sedan Harus Siap-Siap Hadapi MG5, Sedan China Gaya Eropa Lebih Unggul untuk Spesifikasi?

Enda · 29 Okt, 2021 13:30

Honda City Sedan Harus Siap-Siap Hadapi MG5, Sedan China Gaya Eropa Lebih Unggul untuk Spesifikasi? 01

Honda City sedan vs MG5

Untuk melengkapi variannya, PT Honda Prospect Motor (HPM) berhasil meluncurkan Honda City sedan yang merupakan generasi kelima City di Indonesia pada Kamis, 28 Oktober 2021. Diketahui sebelumnya, pihaknya sudah lebih dulu memperkenalkan model hatchbacknya pada awal Maret tahun ini.

Bermain di segmen Sedan kompak, Honda City sedan dikabarkan akan kedatangan calon rivalnya yang akan diluncurkan di GIIAS 2021 nanti, yaitu MG5. Sebelumnya diketahui bahwa pabrikan otomotif jenama China dengan cita rasa Inggris, MG, melalui MG Motor Indonesia akan memboyong tiga line up terbarunya selama acara pameran berlangsung.

Bicara soal spesifikasi, antara Honda City sedan dengan MG5 kira-kira mana yang lebih unggul? Daripada penasaran mending simak perbandingannya berikut ini.

Adu Spesifikasi Honda City Sedan vs MG5 Pada Bagian Eksterior

Honda City Sedan Harus Siap-Siap Hadapi MG5, Sedan China Gaya Eropa Lebih Unggul untuk Spesifikasi? 02

Eksterior Honda City sedan

Agar terlihat modern, dinamis serta meningkatkan visibilitas pengemudi, Honda City Sedan sudah dilengkapi dengan Full LED Headlight with LED Daytime Running Light, LED Foglight, dan Door Mirror with LED Turning Signal. Velgnya sendiri terlihat gagah dan atraktif berkat disematkannya Alloy Wheel 16”.

Melihat ke belakang, mobil ini diaplikasikan dengan Rear Combi Lamp with LED Light Bars dan Shark Fin Antenna serta Heat Rejecting Green Tinted Glass pada kacanya.

Honda City Sedan Harus Siap-Siap Hadapi MG5, Sedan China Gaya Eropa Lebih Unggul untuk Spesifikasi? 01

Eksterior MG5

Bicara MG5, pada bagian depannya headlamp sudah berteknologikan LED. Pada sisi sampingnya juga terdapat Door Mirror with LED Turning Signal yang mana untuk lingkar rodanya menggunakan velg berukuran 17 inci dual-tone model kipas yang terihat dinamis sekaligus atraktif.

Bergeser ke bagian buritan, kalian akan melihat adanya stoplamp LED seperti cakaran macan di kedua sisinya. Tidak sampai disitu, mobil ini juga tersematkan diffuser serta knalpot ganda baru yang sekaligus meningkatkan kesan sporty daripada mobil ini.

Baca juga: All New Honda City dan Honda Civic 2022 Resmi Meluncur, Ini Ubahannya

Dimensi MG5 Lebih Besar dari Honda City Sedan?

Honda City Sedan Harus Siap-Siap Hadapi MG5, Sedan China Gaya Eropa Lebih Unggul untuk Spesifikasi? 02

Dimensi MG5 lebih besar dibandingkan Honda City sedan

Pada dimensi, seperti yang diketahui Honda City sedan memiliki panjang 4.553 mm, lebar 1.748 mm dan tinggi 1.467 mm. Untuk jarak sumbu rodanya sendiri tercatat 2.600 mm.

Sebagai informasi, menurut data di atas kertas MG5 mempunyai panjang 4.675 mm, lebar 1.842 mm, tinggi 1.480 mm, dan jarak sumbu roda 2.680 mm.

Fitur Unggulan Honda City Sedan Kalah Lengkap, MG5 Ada Sunroofnya!

Honda City Sedan Harus Siap-Siap Hadapi MG5, Sedan China Gaya Eropa Lebih Unggul untuk Spesifikasi? 03

Honda City sedan mendapatkan head unit berukuran 8” Advanced Capacitive Touchscreen

Menengok bagian dalam Honda City sedan, mobil ini memiliki tampilan yang dinamis dan atraktif sekaligus sporty berkat dengan dibalutnya warna hitam.

Pada center cluster mobil ini, kalian bisa langsung menemukan adanya head unit berukuran 8” Advanced Capacitive Touchscreen yang dilengkapi dengan Bluetooth Audio, AM/FM Radio, Hands-Free Telephone dan Smartphone Connection. Untuk menghasilkan suara berkualitas tinggi, sedan ini juga dilengkapi dengan 8 buah speaker yang ada pada kabin bagian depan dan belakang.

Oh iya, untuk menjalankan fitur pada head unit, kalian bisa melakukannya melalui Audio Steering Switch yang berada di roda kemudi, loh…

Untuk memudahkan pengemudi disaat berkendara, Honda City sedan juga turut mendapatkan multi Information LCD Display dengan tampilan modern. Roda kemudi dan Shift Knob sendiri dibalut dengan bahan kulit yang menambah kesan premium yang mana juga terdapat tombol Cruise Control dan Paddle Shift.

Fitur unggulan lainnya bisa kalian jumpai di mobil ini diantaranya; Remote Engine Start, One Push Ignition System, Multi-Angle Rear View Camera yang dapat menampilkan 3 tampilan: Normal View, Wide View, and Top View untuk membantu pengguna saat memarkir mobilnya. Setiap jok mobil ini juga dilapisi oleh bantalan samping untuk menambah kenyamanan dalam berkendara.

Agar penumpang di baris kedua merasa semakin nyaman, maka Rear AC Ventilation & 2nd Row Power outlet bisa kalian temukan berada di tengah antara jok pengemudi dan penumpang depan.

Honda City Sedan Harus Siap-Siap Hadapi MG5, Sedan China Gaya Eropa Lebih Unggul untuk Spesifikasi? 04

MG5 memperoleh sunroof untuk meningkatkan gaya berkendara

Selanjutnya bagaimana dengan MG5? Seperti yang bisa dilihat mobil ini mendapatkan nuansa modern, dinamis, sekaligus sporty.

Faktor kenyamanan pada mobil ini tentunya juga didukung dengan kehadiran jok yang dilapisi kulit berbahan premium dan sentuhan lembut (Soft touch) di beberapa bagian. Tidak sampai disitu, kesan ergonomis mobil ini juga bisa dirasakan berkat tampilan center cluster sedikit mengarah ke pengemudi serta beberapa tombol pengaturan yang dibuat menyatu.

Pada center clusternya, kalian dapat menemukan head unit layar sentuh 10 inci model floating yang dapat terhubung ke ponsel melalui Bluetooth serta mendapat sistem media Inkalink yang menampilkan gamabr dari kamera 360 derajat. Tidak sampai disitu, sistem infotaimentnya ini juga mendukung konektivitas Apple CarPlay dan ponsel Android, lingkar kemudi multi-fungsi dan tombol push start, serta dilengkapi dengan peralatan dan teknologi mutakhir.

Sementara itu pada MG5 kalian juga bisa menemukan keberadaan Jok pengemudi yang telah mengadopsi pengaturan elektrik enam arah dan bangku penumpang dengan pengaturan empat arah, panel instrumen digital, 6 speaker Hi-Fi Yamaha, AC dengan Auto Climate Control, Smart Key remote system with Push Start button, sunroof elektrik, Auto-dimming rearview mirror, dan kunci digital (Digital Key) yang dapat diteruskan oleh pemilik mobil ke telepon genggam serta sistem operasi cerdas i-SMART. Wow!

Baca juga: Perbandingan Harga Honda City Sedan 2022 vs Toyota Vios 2021, Mobil Impor Lawan Lokal

Fitur Keselamatan MG5 Paling Lengkap

Honda City Sedan Harus Siap-Siap Hadapi MG5, Sedan China Gaya Eropa Lebih Unggul untuk Spesifikasi? 05

G-CON + ACETM salah satu fitur keselamatan Honda City sedan

Bicara fitur keselamatan, seperti yang dilampirkan Honda City sedan dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan seperti G-CON + ACETM, Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), 6 Airbags, Brake Override System, Seatbelt Reminder dan ISOFIX & Tether.

Untuk pengendali lajunya, pada roda depan Honda City sedan menggunakan ventilated disc dan drum brake di roda belakangnya.

Honda City Sedan Harus Siap-Siap Hadapi MG5, Sedan China Gaya Eropa Lebih Unggul untuk Spesifikasi? 06

MG5 disematkan 6 airbag untuk melindungi setiap orang yang ada didalamnya

Bicara fitur keselamatam khususnya pada sistem pengereman, MG5 hadir dengan rem cakram di empat roda yang terhubung dengan ABS anti-lock plus distribusi gaya rem EBD dan sistem EBA penguat rem elektronik untuk mencegah mobil melaju tanpa harus menahan pedal rem. Selain itu juga terdapat Adaptive Cruise Control, Lane Change Assist, Blind Spot Monitor, Emergency Stop Signal, Follow Me Home Light, Lane Change Assist, Rear Cross Traffic Alert, Rear Collision Warning, HSA, VSC,  AVH, TCS + XDS, Electronic Brakeforce Distribution, Curve Brake Control, TPMS, 6 airbag, automatic emergency braking, auto door lock dan ISOFIX.

Sebagai informasi tambahan, mengenai fitur keamanan Honda City sedan, HPM membekalinya dengan immobilizer, alarm system dan Keyless entry. Sedangkan MG5 hanya disematkan immobilizer key system dan emergency tire repair kit.

Sama-sama 1.500 Cc, Honda City Sedan Punya Tenaga Paling Besar

Honda City Sedan Harus Siap-Siap Hadapi MG5, Sedan China Gaya Eropa Lebih Unggul untuk Spesifikasi? 07

Honda City sedan dibenamkan mesin 1.5L dengan menghasilkan tenaga lebih besar dibandingkan MG5

Sama seperti varian hatchbacknya, Honda City sedan dibenamkan mesin 1.5L 4 silinder segaris 16 valve, DOHC i-VTEC + DBW yang mana diketahui mampu menghasilkan tenaga sebesar 121 PS @6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm @4.300 rpm. Sebelum tenaga yang dihasilkan ditranslasi ke penggerak roda depan (FWD), putaran mesin tersebut diatur dengan transmisi CVT.

Menyoal MG5, sedan kompak ini juga ditawarkan pilihan mesin bensin 1.5 liter 4 silinder segaris berdayakan 119 PS @6.000 rpm yang mana dapat mengahasilkan torsi puncak 150 Nm 4.500 rpm yang dipasangkan dengan transmisi CVT 8-percepatan.

Pilihan Warna MG5 Paling Banyak

Honda City Sedan Harus Siap-Siap Hadapi MG5, Sedan China Gaya Eropa Lebih Unggul untuk Spesifikasi? 08

Pilhan warna MG5 lebih banyak

Perlu kalian ketahui, MG5 hadir dengan 6 pilihan warna bodi: Nuclear Yellow, Arctic White, Black Knight, Silver Metallic, Scarlet Red dan Metal Ash Grey. Sedangkan untuk Honda City sedan sendiri hanya ditawarkan 3 pilihan warna, yaitu Platinum White Pearl, Meteoroid Gray Metallic dan Crystal Black Pearl.

Kesimpulan

Secara dimensi, pilihan warna serta fitur unggulan dan keselamatan, MG5 jauh lebih unggul dibandingkan Honda City sedan. Namun untuk performa, meski keduanya sama-sama menawarkan mesin bensin 1.500 cc, Honda City sedan mampu mencatatkan angka tenaga yang lebih besar.

Baca juga: Selain MG5, Dua Line Up Terbaru MG Lainnya Akan Muncul di GIIAS 2021

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda City E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru