Honda Civic 2022 Mendebut, Bukan Cuma Tampilannya Aja yang Berubah

Prasetyo · 29 Apr, 2021 14:30

Honda Civic 2022 Mendebut, Bukan Cuma Tampilannya Aja yang Berubah 01

Honda Civic 2022 akhir resmi mendebut. Inilah Honda Civic generasi ke-11 yang mengalami perubahan hampir di semua lini. Uniknya, ketika pabrikan lain datang menawarkan elektrifikasi, Honda Civic 2022 masih tetap mempertahankan mesin ICE.

Tapi tentu saja bukan berarti tak ada yang istimewa dari Civic generasi terbaru ini. Hadir dalam bentuk sedan, sosoknya terlihat lebih panjang. Kap mesin juga ternyata dibuat sedikit lebih panjang. Kemudian posisi pilar A juga mundur 2 inci.

Honda Civic 2022 Mendebut, Bukan Cuma Tampilannya Aja yang Berubah 02

Bentuk belakang juga berubah

Bahasa desainnya pun dibuat lebih elegan dan makin dewasa. Lampu depannya baru, yang sudah pakai full LED. Bemper depan juga baru, serta karakter garis bodi bagian samping juga baru. Bentuk buritan juga baru, termasuk penggunaan lampu rem pun berbeda dibanding Civic sebelumnya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca juga: Honda Pelihatkan Sosok Honda Civic 2022, Siap Debut Pada 28 April Mendatang!

Interior Honda Civic 2022 Lebih Mewah dan Lega

Dimensinya yang lebih panjang berimbas pada ruang kabin yang sedikit lebih lega. Visibilitas pengemudi dan penumpang juga bertambah berkat perubahan posisi pilar-pilar serta spion. Satu hal menarik yang bisa ditemui pada Honda Civic terbaru ini adalah pada dasbor ditemukan bilah sarang lebah yang memanjang dari sisi kiri ke kanan. Ternyata ini teknik cerdas dari Honda untuk menyembunyikan posisi kisi-kisi AC sehingga dasbor terlihat lebih clean.

Honda Civic 2022 Mendebut, Bukan Cuma Tampilannya Aja yang Berubah 01

Di dasbor ada kisi-kisi udara yang dibuat unik

Pada bagian tengah dasbor terdapat monitor layar sentuh. Besarannya antara 7 inci, 9 inci, dan 10,2 inci tergantung dari tipe varian yang semuanya sudah mengadopsi sistem Apple CarPlay serta Android Auto. Sedangkan konsol tengah dibuat dengan tekstur baru yang lebih lembut, tapi sekaligus tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari tangan.

Keempat jok Honda Civic 2022 juga diklaim memiliki rangka baru dan struktur penyangga baru. Bagian bawah jok dibuat lebih lebar dengan alasan menambah kenyamanan seluruh penumpangnya. Ini ditunjang pula dengan penyempurnaan bentuk sandaran punggung dan panggul.

Baca juga: Komparasi Sedan Jepang Setengah Miliar Rupiah, Mana Lebih Keren antara Honda Civic 2021 vs Toyota Corolla Altis 2021?

Honda Civic Terbaru Tetap Janjikan Kenikmatan Berkendara

Honda Civic 2022 Mendebut, Bukan Cuma Tampilannya Aja yang Berubah 02

Desain jok Honda Civic terbaru

Karakter Honda Civic yang driver oriented masih tetap dipertahankan pada generasi kesebelasnya ini. Di ruang kokpit misalnya, instrument panel dibuat full digital dengan menampilkan informasi seputar kendaraan secara lengkap.

Kemudian pada lingkar kemudi juga terdapat tombol-tombol pengoperasian beberapa fitur. Mulai dari mengatur tampilan layar panel instrumen mau berupa grafik jarum atau batang, mengontrol pilihan dan suara musik, sampai mengetahui sistem Honda Sensing yang juga telah tertanam di Civic terbaru. Honda Sensing ini termasuk adanya fitur Collision Mitigation Braking System, Road Departure Mitigation System, Lane Keeping Assist System, Adaptive Cruise Control, dan Traffic Sign Recognition.

Baca juga: Honda Civic Turbo dan Toyota Corolla Altis Gratis Jasa Servis, Mana yang Biaya Perawatannya Paling Murah?

Honda Civic 2022 Mendebut, Bukan Cuma Tampilannya Aja yang Berubah 03

Saat mode Sport, panel instrument berubah jadi merah

Untuk mesinnya sendiri Honda Civic 2022 datang dengan dua pilihan tipe. Yaitu yang menggunakan mesin 1.5L turbocharged yang sanggup memproduksi daya puncak 180 hp dengan torsi 240 Nm. Lalu ada juga varian yang menggunakan mesin 2.0L naturally aspirated (N/A) yang berdaya 158 Hp dengan torsi 187 Nm.

Kedua mesin ini dikombinasikan dengan teknologi VTEC (Variable Timing and lift Electronic Control) dan juga transmisi CVT. Selain itu pengemudi juga disuguhkan tiga opsi berkendara, yakni Normal, Eco dan Sport. Pada mode Sport, sistem pemetaan mekanikal sedikit berubah sehingga sensivitas throttle lebih baik, serta panel instrument juga berubah jadi warna merah.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Honda Civic International Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru