window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Honda Civic Hatchback Tak Sekedar Sporty

Alex · 14 Mei, 2020 20:00

Honda Civic Hatchback Tak Sekedar Sporty 01

Honda Civic Hatchback merupakan salah satu model yang cukup menarik yang dijajakan di Indonesia. Pasalnya model ini punya desain yang rupawan sekaligus dipersenjatai mesin 1.500 cc turbo.

Civic Hatchback sendiri sebenarnya merupakan varian kedua dari Civic generasi kesepuluh versi sedannya yang hadir perdana di tanah air pada 2016. Setahun kemudian varian hatchback-nya meluncur dan akan kita bahas.

Awalnya, sejak 2016 resmi meluncur, Civic Hatchback dijual dalam dua tipe yakni E dan S. Namun pada Februari 2020, PT Honda Prospect Motor malah mengerucutkan opsi tipe tersebut menjadi hanya satu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Honda Civic Hatchback Tak Sekedar Sporty 01

Kini yang dijajakan Honda hanya satu tipe dengan nama lengkap New Honda Civic Hatchback RS. Ya, ada kata "RS" di situ artinya model ini mengedepankan unsur sporty seperti yang terjadi di Brio RS, Jazz RS bahkan Mobilio RS.

Dari luar alias eksterior, harus diakui mobil ini memang sangat mengedepankan unsur sporty. Hal itu bisa terlihat dari tarikan-tarikan dan lekuk wajah yang tegas. Dan yang paling menguatkan kesan sport ada di area belakang, di mana Honda tanpa ragu menempatkan knalpot di tengah-tengah bumper.

Apa hanya itu saja yang ditawarkannya? Bagaimana interiornya? Langsung saja kita bahas.

Eksterior

Seperti yang telah disebut di atas, sporty menjadi kata kunci tampilan luar hatchback ini. Untuk mendukung hal itu, Honda memberi penegasan di bumper depan dan belakang.

Sejumlah aero kit pada bumper depan, bumper belakang dan Side Sill Garnish pada bagian samping sudah dimiliki Civic Hatchback RS ini. Pelek palang lima yang digunakan pun sudah berukuran 17 inci. Sebagai identitas, pada bagian grill tersemat emblem "RS" seolah sebagai penanda bahwa ini adalah model yang mengedepankan performa.

Honda Civic Hatchback Tak Sekedar Sporty 02

Nah, bagian belakang tak kalah menarik untuk dibahas. Perhatian pecinta mobil berperforma tinggi pastinya langsung tertuju pada bagian bumper belakang yang di tengahnya ada dua lubang knalpot. Honda menyebutnya sebagai New Center Exhaust Pipe with Finisher dan sangat mengingatkan kita pada mobil-mobil sport.

Tak cuma desain bodi yang garang, Civic Hatchback juga punya fitur dan kelengkapan seabrek yang bertujuan memudahkan maupun melindungi pengemudi. Mulai dari semua lampunya yang sudah full LED dan fitur auto headlamp siap memberi penerangan maksimal.

Interior

Di dalam kabin hatchback empat pintu ini sebenarnya bisa dinilai lebih kental akan nuansa elegan. Namun untuk mengimbangi tema sporty Honda memberi aksen jahitan merah pada bangku dan lingkar kemudi yang semuanya berbahan kulit warna gelap. Satu hal yang manarik, kedua pedal pakai model plat persis milik kepunyaan mobil balap. Bisa dibilang hanya Civic Hatchback RS satu-satunya yang pakai pedal seperti itu di kelasnya.

Fitur yang ditawarkan pun terbilang lengkap. Mulai dari kehadiran engine start-stop button, penyetelan bangku secara elektris, hingga layar sentuh 7 inci yang mampu memutar berbagai format multimedia.

Kesan canggih juga didapat dari ketiadaannya tuas rem tangan. Karena mobil ini sudah menggunakan teknologi rem parkir elektrik yang ditandai dengan adanya tombol di konsol tengah. Asyiknya lagi, rem parkir tersebut sudah dikawal fitur auto brake hold.

Honda Civic Hatchback Tak Sekedar Sporty 03

Walaupun mobil ini berspesies hatchback, namun untuk urusan angkut mengangkut barang cukup bisa diandalkan. Pelipatan bangku belakang yang akomodatif sangat baik untuk menambah kapasitas bagasi. Tinggi kolong bagian belakang terukur 1.563 mm, cukup memudahkan untuk naik-turun barang di bagasi.

Untuk menjamin keselamatan penumpang, Honda menyediakan kantung udara 6 titik. Di bagian belakang, tersedia sabuk pengaman untuk 3 penumpang.

Mesin

Kehadiran Honda Civic generasi kesepuluh memang cukup menggemparkan dunia karena penggunaan mesinnya yang pakai turbo. Demikian pula yang dimiliki Civic Hatchback ini. Ia dipersenjatai dengan mesin yang sama seperti varian sedannya, yakni 1.500 cc turbo VTEC.

Mesin tersebut bertenaga 173 dk pada 5.500 rpm dan torsi maksimal mencapai 220 Nm pada rentang putaran mesin 1.700 sampai 5.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi otomatik berteknologi CVT.

Honda Civic Hatchback Tak Sekedar Sporty 04

Seolah paham akan kebutuhan performa mesin, maka Honda sudah memberi rem tipe cakram pada keempat roda. Dan untuk memastikan kenikmatan berkendara bisa didapat, tersedia pula berbagai fitur penunjang. Mulai dari adanya paddle shift, Vehicle Stability Assist, ECON Mode sampai cruise control siap memberi kepuasan mengemudi mobil ini.

Kesimpulan

Civic Hatchback yang secara desain body sangat sporty di kelasnya ini tentu cocok bagi yang mengutamakan performa dan kenikmatan berkendara. Apalagi bagi fans Civic, mesin turbo bawaan lahirnya bisa dikatakan sebagai menu utama untuk dinikmati.

Tak sekedar bertenaga dengan modal mesin turbo, namun berbagai penunjang dari sisi hiburan, keselamatan sampai kenyamanan juga dengan baik ditawarkan oleh mobil ini. Jika hal-hal itu adalah yang Anda adalah penggemar setia Civic dan berbagai hal yang ditawarkan itu mampu menggoda maka harus siapkan dana setengah miliar Rupiah kurang sedikit untuk menebusnya. Sayang tak ada tipe lebih murah dari itu, tak ada tipe transmisi manual, harga Rp 499 juta OTR Jakarta tak bisa diajak kompromi.

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic Hatchback RS

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil