window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Honda CR-V Black Edition Vs CR-V 1.5 Prestige Selisih Rp15 Juta, Cuma Beda Warna Aja?

Enda · 16 Des, 2021 13:30

Perbedaan Honda CR-V Black Edition CR-V dengan 1.5 Prestige

Honda CR-V Black Edition vs CR-V 1.5 Prestige
  • Honda CR-V Black Edition dibangun dari CR-V 1.5 Prestige
  • Honda CR-V Black Edition lebih mahal Rp15 juta dari CR-V 1.5 Prestige

Mengusung konsep “Advancing Greatness, Black is the New Spotlight”, PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan Honda CR-V Black Edition di Tanah Air pada Rabu, (15/12). Diketahui sebelumnya, Honda CR-V dengan tampilan serba hitam lebih dulu melantai di Thailand dan Malaysia.

Mengambil basis dari CR-V 1.5 Prestige yang diketahui merupakan varian teratasnya, edisi hitam CR-V ini semakin tangguh dan juga stylish berkat diaplikasikannya warna Crystal Black Pearl yang mendominasi sisi eksterior maupun interiornya.

“CR-V Black Edition adalah gambaran dari sebuah mobil SUV yang sesungguhnya, terlihat dari ketangguhannya secara visual yang menampilkan sisi serba gelap. Untuk harga bandrolnya CR-V Black Edition dijual lebih mahal Rp15 juta dari CR-V 1.5 Prestige OTR Jabodetabek dan juga BBN Mobil Pertama tahun 2021,” ungkap usak Billy, selaku Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

Honda CR-V Black Edition Dapat Sentuhan Warna Gelap Sebagai Ikoniknya

Perbedaan Honda CR-V Black Edition CR-V dengan 1.5 Prestige

Honda CR-V 1.5 Prestige

HPM memperkenalkan CR-V facelift pada 18 Februari 2021. Sebagai varian teratas, 1.5 Prestige menampilkan bentuk yang sterlihat emakin atraktif sekaligus prestisius.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Seperti yang bisa dilihat, SUV kebanggaan Honda ini telah tersematkan New Front Bumper Design dengan tambahan list krom memanjang serta New Black Front Grille. Tampilan depan New Honda CR-V juga ditandai dengan New Sequential LED Turning Signal.

Pada bagian sampingnya, Honda menyematkan velg 18 inci dengan desain baru yang terlihat lebih kekar dimana telah dilabur warna two-tone.

Bagian buritannya, kalian bisa menemukan New Rear Bumper dengan tampilan lebih berotot, New Rear Smoked Tail Light, dan Dual Chrome Exhaust Pipe with New Finisher Design.

Perbedaan Honda CR-V Black Edition CR-V dengan 1.5 Prestige

Selain CR-V 1.5 Prestige, fitur Hand-Free Access Power Tailgate juga hadir di Honda CR-V Black Edition

Guna memudahkan akomodasi para penggunannya, tipe termahalnya berhasil tersematkan Hand-Free Access Power Tailgate, yang mana pengguna bisa dengan mudah membuka pintu bagasi hanya dengan menggoyangkan kaki pada sensor akses di bawah bumper belakang dan menutupnya hanya dengan menekan tombol di bagian bawah pintu.

Baca juga: All New Honda CR-V Black Edition Akhirnya Tiba di Indonesia, Harga Lebih Mahal Rp15 Juta

Perbedaan Honda CR-V Black Edition CR-V dengan 1.5 Prestige

Honda CR-V Black Edition terkesan lebih garang dengan didominasi warna hitam

Menyesuaikan namanya, edisi hitam Honda CR-V memiliki bentuk dan fitur Hand-Free Access Power Tailgate yang sama seperti Honda CR-V 1.5 Prestige. Hanya saja tampilannya terkesan lebih garang berkat menampilkan aksen serba gelap.

Perubahan yang diterimanya seperti; lampu utama dengan Smoked Headlight Extension, Dark Chrome Grille, Dark Chrome Lower Bumper di bagian fascianya. Untuk sisi sampingnya yakni; Dark Chrome Window Trim, Black Trivalent Chromium Side Garnish Dark Chrome Garnish dan velg 18 inci Sporty Black Alloy Wheels.

Melirik buritannya, perubahan warna hitam dari varian 1.5 Prestige juga terjadi pada Dark Chrome Rear Garnish serta tambahan emblem Black Edition yang merupakan identitasnya.

Perbedaan Honda CR-V Black Edition CR-V dengan 1.5 Prestige

Tampilan belakang Honda CR-V Black Edition

Untuk tampilan luar yang menyisakan warna krom dan silver adalah logo Honda (H) di tengah grill, emboss logo pada center dop dan emblem yang diletakan di pintu bagasi.

Perlu diketahui, keduanya telah dilengkapi dengan fitur New Remote Engine Start yang mana dapat menghidupkan mesin kendaraan dan AC secara otomatis sebelum memasuki kendaraan. Selain itu juga terdapat New Walk Away Auto Lock juga yang berfungsi mengunci pintu secara otomatis ketika pengendara berjalan sejauh minimal 1,5 meter dari kendaraan.

Hebatnya, CR-V Black Edition dan 1.5 Prestige juga telah diaplikasikan New Rain-Sensing Windshield Wiper yang dapat menyeka kaca secara otomatis ketika turun hujan.

Suka Nuansa Wood Panel? Pilih Honda CR-V 1.5 Prestige

Perbedaan Honda CR-V Black Edition CR-V dengan 1.5 Prestige

Interior Honda CR-V 1.5 Prestige

Pada bagian dalamnya, Honda CR-V 1.5 Prestige mendapatkan aksen Wood Panel yang dikombinasikan dengan sentuhan warna perak, serta didominasi dengan warna hitam. Untuk joknya sendiri sudah dilapisi bahan material Leather berwarna hitam.

Berbeda dengan 1.5 Prestige, untuk menyesuaikan temanya, bagian interior Honda CR-V Black Edition turut mendapatkan sentuhan warna gelap secara keseluruhan. Seperti yang bisa dilihat, aksen corak kayu pada 1.5 Prestige yang terletak di dashboard, consol tengah dan door trim, untuk edisi hitam CR-V diubah menjadi Black Wood Grain.

Perbedaan Honda CR-V Black Edition CR-V dengan 1.5 Prestige

Tampilan kokpit Honda CR-V Black Edition

Selain itu nuansa hitam juga disematkan pada jok yang dibungkus bahan kulit dengan logo Black Edition di sandaran kursi depan, Black Roof Panel, Black Grab Rail, Black Sunglasses Holder, Black Upper Cabin Trim dan Dark Chrome Steering Honda Logo. Tak tertinggal Black TFT Meter Cluster, Shift Panel, Steering Wheel, Audio Display & A/C, serta Inner Handle berwarna Piano Black.

Perbedaan Honda CR-V Black Edition CR-V dengan 1.5 Prestige

Jok baris depan Honda CR-V Black Edition mendapat logo 'Black Edition' pada sandarannya

Bicara fitur unggulan, CR-V Black Edition masih dibiarkan sama seperti varian 1.5 Prestige-nya, yakni layar LCD display 5-inch Thin Film Transistor (TFT) Meter yang menampilkan berbagai informasi penting saat berkendara. Untuk sistem hiburannya sendiri dilengkapi dengan head unit layar sentuh 7 inci mendukung konektifitas AM/FM radio, MP3/WMA, Bluetooth, HDMI port, AUX input dan USB port termasuk Smartphone Connection. Sebagai catatan, sistem audionya telah didukung fitur Hans Free Telephone, sehingga dapat melakukan panggilan telepon melalui layar audio.

Tak tertinggal keduanya juga dibenamkan panoramic sunroof dengan ukuran cukup besar yang dapat meningkatkan visibilitas serta gaya berkendara.

Baca juga: Tak Hanya Soal Fitur Mobil, Honda Juga Pedulikan Keselamatan Pejalan Kaki

Fitur Keselamatan Keduanya Sama

Perbedaan Honda CR-V Black Edition CR-V dengan 1.5 Prestige

Fitur keselamatan Honda SENSING dapat dijumpai pada Honda CR-V Black Edition

Mengenai fitur keselamatan, Honda CR-V Black Edition dan 1.5 Prestige telah dilengkapi dengan  6 Airbags, struktur rangka G-CON+ACETM with side impact beam, teknologi pengereman ABS, EBD+BA, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, dan Emergency Stop Signal.

Tak sampai disitu, keduanya turut tersematkan fitur keseamatan pintar yang dinamai Honda SENSING, antara lain: Adaptive Cruise Control (ACC), Low Speed Follow (LSF), Forward Collision Warning (FCW), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Departure Warning (LDW), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Keep Assist System (LKAS), dan Auto High Beam (AHB).

Honda CR-V Black Edition dan CR-V 1.5 Prestige Pakai Mesin Sama

Perbedaan Honda CR-V Black Edition CR-V dengan 1.5 Prestige

Honda CR-V Black Edition dan CR-V 1.5 Prestige disematkan mesin 1.5L turbo

Dibangun menggunakan basis dari CR-V 1.5 Prestige, CR-V Black Edition turut dibenamkan mesin 1.5L turbo berkapasitas 1.498 cc 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW Direct Injection yang mampu memuntahkan tenaga hingga 190 PS @5.600 rpm dengan torsi puncak 240 Nm @2.000 - 5.000 rpm. Potensi tenaga yang dihasilkan kemudian dikawinkan transmisi CVT sebelum diarahkan ke dua buah roda di depan.

Kesimpulan

Perbedaan Honda CR-V Black Edition dan CR-V 1.5 Prestige berhasil kami sampaikan di atas. Pada dasarnya, edisi hitam Honda CR-V yang baru-baru ini diluncurkan mengambil basis dari varian 1.5 Prestige. Secara konklusi, fitur dan mesin keduanya sama. Hanya saja nuansa tampilan berbeda, dimana CR-V Black Edition didominasi dengan warna gelap yang membuatnya terlihat kekar dan garang.

Memiliki selisih Rp15 juta, jika dihadapkan keduanya kalian lebih tertarik pilih yang mana?

Baca juga: Harga di Bawah Rp200 Juta, Cocok Nih Chery Tiggo 7 Super Edition Buat Lawan Wuling Almaz

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda CR-V 2023 Upcoming

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil